10 Rekomendasi Lomba Mahasiswa Untuk Asah Kreativitas Di Dunia Perkuliahan

10 Rekomendasi Lomba Mahasiswa Untuk Asah Kreativitas Di Dunia Perkuliahan
info gambar utama

Menginjakkan kaki di dunia perkuliahan merupakan babak baru yang tentunya sangat dinanti. Status mahasiswa bukan hanya memfasilitasi kita dengan bekal-bekal di dunia akademik, tetapi juga memberikan peluang lebih besar untuk meningkatkan kapasitas kita dalam mengembangkan diri di bidang yang kita minati.

Salah satu dari banyaknya peluang tersebut adalah peluang untuk mengasah kreativitas. Kreativitas dapat membantu Kawan untuk mengembangkan diri dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat.

Ada banyak cara untuk mengasah kreativitas, salah satunya adalah dengan mengikuti lomba. Kawan GNFI dapat mengikuti lomba sebagai sarana untuk menyalurkan kreativitas serta lomba dapat menjadi ajang untuk bertukar ide dan pengalaman dengan orang lain.

Berikut 10 rekomendasi lomba yang dapat Kawan GNFI ikuti untuk mengasah kreativitas!

Kelompok 85 KKN-PPM UMBY Peduli Kesehatan Melalui Senam Sehat di Pasar Munggi Gunung Kidul

1. Lomba Karya Tulis Ilmiah

Gemar menulis dan senang melakukan penelitian? Jika kawan GNFI memiliki kriteria tersebut, kamu dapat mencoba mengasah kreativitas dengan mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Lomba ini akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analisis kawan dengan menuliskan hasil penelitianmu dalam bentuk karya tulis ilmiah.

2. Lomba Desain

Kawan GNFI yang bukan berasal dari jurusan seni, tidak perlu khawatir karena kamu juga dapat mengikuti lomba desain sebagai bentuk pengembangan minat dan ketertarikan. Kawan yang mengikuti lomba desain akan ditantang untuk berpikir kreatif dengan menciptakan karya seni yang unik dan menarik

3. Lomba Fotografi

Lomba fotografi hadir untuk menjadi wadah Kawan GNFI yang senang mengabadikan momen dengan cara yang artistik. Kepercayaan dirimu akan semakin dibentuk melalui lomba ini. Sebab, dalam lomba fotografi, Kawan akan diminta menampilkan karya foto kepada publik

4. Lomba Videografi

Selain lomba desain dan fotografi, lomba lain yang masih dalam kategori seni yang dapat Kawan GNFI ikuti adalah lomba videografi. Salah satu kemampuan yang diasah dengan mengikuti lomba ini adalah kemampuan story telling. Hal ini karena, lomba videografi biasanya mengharuskan peserta untuk menyampaikan pesan atau cerita melalui video mereka.

Jadi Korban Ghosting Bisa Ganggu Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Mengatasinya

5. Lomba Penulisan Kreatif

Jika sebelumnya ada lomba karya tulis ilmiah untuk Kawan yang senang menulis tulisan nonfiksi dan berbau akademis, lomba penulisan kreatif hadir untuk mewadahi kita yang lebih tertarik menulis tulisan fiksi seperti cerita, puisi maupun naskah. Selain dapat mengembangkan kreativitas, Kawan yang mengikuti lomba penulisan kreatif pun dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat dan mengembangkan budaya literasi.

6. Lomba Debat

Kawan dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan mengikuti lomba debat. Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan juga akan semakin terasah melalui penyampaian pendapat yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, rasa tanggung jawab juga semakin dibentuk karena kawan akan dituntut untuk mampu mempertahankan argumen di hadapan juri.

7. Lomba Pidato

Sama seperti lomba debat, lomba pidato juga akan membantu Kawan untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum. Lomba pidato dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan atau aspirasi kepada orang lain. Selain itu, lomba pidato dapat mengasah kemampuanmu dalam memanajemen waktu. Alasannya karena salah satu aspek penilaian dalam lomba ini adalah ketepatan waktu dalam berpidato itu sendiri.

8. Lomba Olahraga

Salah satu masalah yang kerap di alami banyak orang tak terkecuali mahasiswa adalah stress. Olahraga dapat membantu menjernihkan pikiran dan kecemasan. Lomba olahraga juga mengharuskan Kawan melakukan aktivitas fisik yang tentunya bermanfaat untuk kebugaran serta daya tahan tubuh. Tak melulu soal kesehatan, kamu juga dapat mengikuti lomba ini untuk mengembangkan minat dan menyalurkan hobi.

9. Lomba Seni dan Budaya

Jika masih kurang percaya diri dengan karya seni yang dihasilkan, Kawan dapat mencoba mengikuti lomba ini. Lomba seni dan budaya ini akan membantu kita meningkatkan kepercayaan diri dan memberi kesempatan untuk turut serta mempertahankan rasa nasionalisme dengan menjaga kelestarian budaya melalui karya seni.

10. Lomba Kewirausahaan

Lomba kewirausahaan dapat menjadi batu loncatan bagi Kawan yang tertarik membangun karier sebagai seorang pebisnis. Lomba kewirausahaan merupakan lomba yang bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam bidang kewirausahaan. Kawan dapat mengikuti kompetisi tersebut, baik secara individu maupun kelompok. Terlebih lagi, peserta diharuskan untuk mengembangkan ide bisnisnya dan mempresentasikannya di depan juri.

Itulah 10 rekomendasi lomba yang dapat Kawan GNFI ikuti untuk dapat memaksimalkan peluang-peluang yang ada di dunia perkuliahan. kejuaraan merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengasah kreativitas. Dengan mengikuti kompetisi, kawan dapat mengembangkan kemampuan dalam berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkarya.

Peran Vital Air Putih untuk Kesehatan Ginjal, Cegah Berbagai Penyakit

Selain itu, lomba juga dapat menjadi ajang untuk bertukar ide dan pengalaman dengan mahasiswa lain. Jadi, lomba mana yang akan Kawan ikuti?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini