Peran Vital Air Putih untuk Kesehatan Ginjal, Cegah Berbagai Penyakit

Peran Vital Air Putih untuk Kesehatan Ginjal, Cegah Berbagai Penyakit
info gambar utama

Ginjal merupakan organ tubuh sepasang yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang. Keberadaan organ ini sangat penting bagi kelagsungan hidup manusia. Ginjal memiliki tugas esensial yaitu untuk menyaring dan juga membuang racun dalam tubuh melalui skema pembuangan urin.

Bentuk ginjal seperti sebuah kacang merah, dengan ukuran normal 10-12 cm. Posisi presisi ginjal yaitu terletak dibagain belakang perut, yang lebih tepatnya berada di kanan dan kiri tulang belakangyang posisinya di bawah hati dan limpa.

Organ Ginjal Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors
info gambar

Fungsi signifikan ginjal untuk tubuh manusia seperti yang diinformasikan dalam laman Halodoc antara lain: mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur sel darah merah, mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh, hingga melakukan metabolisme vitamin D untuk mendukung tubuh menjaga kesehatan tulang.

Melihat vitalnya peran ginjal, manusia perlu memastikan kesehatan ginjal, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga konsistensi konsumsi air putih. Konsumsi air putih yang tidak teratur dan bahkan cenderung minus akan berpotensi menyebabkan berbagai dampak kurang baik bagi ginjal (penyakit ginjal).

Baca juga: Hari Kesadaran Hiu, Jadikan Momentum untuk Selamatkan Si Penjaga Ekosistem Laut

Penyakit yang Menyerang Ginjal

Gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan sebuah penyakit dengan gejala adanya penurunan pada sistem kerja ginjal yang disebabkan oleh kurangnya cairan.

Batu ginjal

Batu ginjal terjadi sebab adanya penumpukkan zat-zta dan mineral yang membentuk batu ginjal

Infeksi ginjal

Infeksi ginjal merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh timbulnya virus atau jamur.

Baca juga: BUMN RI Duel Bangun Infrastruktur Kereta Api di Filipina, Kontrak Rp9 Triliun

Penyebab Penyakit Ginjal

  • Adanya keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit ginjal.
  • Mengalami obesitas (kelebihan berat badan).
  • Stamina tubuh yang lemah.
  • Memiliki kebiasaan kurang mengkonsumsi air putih sehingga mengalami kekurangan cairan.

Manfaat Konsisten Konsumsi Air Putih untuk Kesehatan Ginjal

Air Putih Foto: Pixabay/ExplorerBob
info gambar

Berdasarkan informasi yang dimuat dalam laman KlikDokter , minum air putih yang teratur dan benar dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal antara lain: meringankan tugas ginjal dalam menyaring darah, mengurangi risiko kambuhnya batu ginjal, menjaga kenormalan tekanan darah, hingga menjaga stabilitas berat badan.

Berkaitan dengan minum konsumsi air putih, diperlukan ketelitian dalam memilih air putih yang baik dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Salah satu indikasinya adalah kesesuaian potential hydrogen (PH).

Potential Hydrogen (PH)

PH singkatan dari Potential Hydrogen, sebuah skala yang biasa digunakan untuk menentukan berapa asam atau basa yang terdapat didalam laruran air. Bahkan jika ingin lebih baik lagi konsumsi air dengan pH yang lebih tingga dari 8. Kadar pH air yang baik untuk tubuh berada dalam kisaran 7 dan sudah termasuk netral. Ginjal mengatur pH dalam tubuh, konsentrasi ion mineral dan komposisi air dalam darah. Ginjal mempertahankan pH pada plasma darah dengan kisaran 7,4 melalui adanya pertukaran ion hydronium dan juga hidroksil.

Air yang memiliki pH tinggi mempunyai sifat asam yang rendah, sedangkan pH air yang rendah maka memiliki sifat asam yang tinggi. Jika kadar air dibawah 7 bersifat asam, jika air dengan ph diatas 7 bersifat basa atau alkali.

Manfaat Air dengan pH Tinggi

Memperlambat proses penuaan

Mengapa dapat dikatakan bisa untuk memperlambat penuakan karena air yang memiliki kadar pH yang tinggi mampu menjaga Kesehatan kulit karena didalamnya terkandung antioksidan yang mampu untuk memperlambat proses penuaan dan juga mencegah manfaat kulit, seperti jerawat.

Mampu mencegah terjadinya penyakit asam lambung

Air yang memiliki kadar pH yang tinggi sehingga kadar asam yang terkandung didalamnya sedikit, sehingga mampu mencegah untuk penderita penyakit asam lambung.

Referensi:

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/ginjal-saluran-kemih/manfaat-air-putih-untuk-ginjal
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/fungsi-ginjal
  • https://www.alodokter.com/manfaat-ph-air-minum-yang-lebih-tinggi-bagi-tubuh
  • https://www.alodokter.com/kenali-bagian-ginjal-dan-fungsinya-yang-penting-untuk-tubuh
  • https://www.sehatq.com/artikel/berapa-kadar-ph-air-minum-yang-bagus-bagi-tubuh

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

ND
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini