Siap-siap, Gorontalo Bakal Punya Taman Kelapa Dunia

Siap-siap, Gorontalo Bakal Punya Taman Kelapa Dunia
info gambar utama

Kenali apa itu Taman Kelapa Dunia yang terletak di Gorontalo. Ada apa saja di sana?

Sesuai namanya, Taman Kelapa Dunia adalah kawasan di mana terdapat banyak pohon kelapa. Di sana, terdapat koleksi pohon kelapa dalam jumlah besar dan beragam.

Taman Kelapa Dunia berlokasi di Desa Huyula, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo. Di lokasi tersebut, acara pencanangan Taman Kelapa Dunia telah digelar pada Minggu (24/9/2023)

Taman Kelapa Dunia berdiri bersanding dengan Hutan Nanggu yang luasnya kurang lebih 51 ribu hektar dan Taman Hutan Raya (Tahura) seluas 6200 hektar. Lahan untuk Taman Kelapa Dunia juga luas, dan diharapkan bisa mencapai 5.000 hektare.

Di lahan seluas itu, bakal ada 2.500 pohon kelapa yang ditanam. Penanamam pohon kelapanya sendiri dilakukan secara bertahap selama berbulan-bulan.

“Kita menanam kelapa tidak hanya hari ini, tapi Insya Allah sampai bulan Desember. Semoga ini menjadi semangat masyarakat menamam kelapa untuk Gorontalo, untuk Indonesia, dan dunia yang sama-sama kita cintai,” ujar Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Sejak jauh-jauh hari, Bupati sudah menyiapkan rencana agar bibit kelapa dari berbagai Negara penghasil kelapa bisa dibawa dan ditanam di Kabupaten Gorontalo.

Keajaiban Karangsambung yang Menyingkap Geologi Dunia 120 Juta Tahun Lalu

Bagian dari World Coconut Day

Ternyata, pencanangan Taman Kelapa Dunia adalah bagian dari World Coconut Day alias Hari Kelapa Sedunia yang jatuh pada 2 September setiap tahunnya. Bagi Gorontalo, peringatan World Coconut Day tahun ini begitu spesial karena daerah mereka terpilih sebagai tuan rumah.

Peringatan World Coconut Day dilaksanakan pada 21-25 September 2023. Tak hanya pencanangan Taman Kelapa Dunia, berbagai kegiatan pun digelar di Gorontalo, antara lain Internasional Coconut Conference, forum bisnis kelapa, pagelaran produk Inovatif dan teknologi kelapa, hingga pelatihan usaha tani kelapa. Bahkan, ada pula lomba memanjat pohon kelapa yang diikuti puluhan peserta dengan antuasias.

Beragam kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai negara yang bernaung di International Coconut Community, yakni perkumpulan negara-negara penghasil kelapa.

Untuk diketahui, 2 September diperingati sebagai World Coconut Day karena itu merupakan tanggal berdirinya Asian and Pasific Coconut Community (APCC) pada tahun 1969 sebagai cikal bakal International Coconut Community.

Kelapa adalah komoditas yang berlimpah di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, pohon hingga buah kelapa tak sulit ditemukan, terutama di kawasan pesisir. Dengan demikian, terang saja Indonesia ikut serta dalam APPC.

Letusan Tambora vs Krakatau : Mana yang Lebih Dahsyat?

Referensi:

  • https://berita.gorontaloprov.go.id/lahan-taman-kelapa-dunia-di-gorontalo-diharapkan-capai-5-000-hektar/
  • https://gorontalokab.go.id/pencanangan-taman-kelapa-dunia-bupati-nelson-pemkab-gorontalo-bakal-tanam-200-ribu-pohon-kela

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini