Pertamina Akan Bangun Pusat Studi di IKN, Kembangkan Energi Hijau dan Terbarukan

Pertamina Akan Bangun Pusat Studi di IKN, Kembangkan Energi Hijau dan Terbarukan
info gambar utama

PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk mengembangkan pusat energi berkelanjutan di IKN. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina dan Bambang Susantono, Kepala OIKN, pada Jumat (22/9/2023).

Nicke menerangkan, Pertamina Sustainable Energy Center berada di Wilayah Perencanaan 5 IKN. Pusat riset tersebut akan memiliki segudang fasilitas, di antaranya: Pertamina Sustainability Academy, Pertamina Training Institute, dan Pertamina Research and Innovation Center for Sustainable and Low Carbon Technologies.

Kemudian, Pusat Pendidikan Vokasi Pertamina, Shared Green Infrastructure, Laboratorium, serta Sustainability Start-up Hub.

“Pertamina Sustainable Energy Center ini merupakan langkah untuk mendukung program NZE Pemerintah tahun 2060, dPertamina mengembangkan pusat penelitian, teknologi ramah lingkungan dan rendah karbon untuk Indonesia,” ucap Nicke dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023).

Gandeng Perusahaan Afrika, Pertamina Kembangkan Panas Bumi di Kenya

Kemudian, Pertamina juga akan mengembangkan proyek Nature-Ecosystem Based Solution (NEBS), strategi memanfaatkan potensi alam IKN di kawasan hutan untuk konservasi, restorasi, dan pengelolaan ekosistem berkelanjutan, di seluruh kawasan IKN. Menurut Nicke, melalui penggunaan energi dari hutan, kawasan IKN dapat menyumbangkan emisi negatif, sehingga mempercepat target nol emis karbon.

“Pertamina Sustainable Energy Center akan menjadi pusat penelitian dan edukasi yang fokus dalam pengembangan industri energi hijau, rendah karbon, dan energi baru terbarukan, melakukan kerja sama dengan perusahaan global dan berbagai universitas di dunia,” paparnya.

Melalui fasilitas yang terintegrasi tersebut, Pertamina akan menyiapkan generasi masa depan yang mampu melahirkan inovasi dan teknologi energi hijau untuk mendukung pencapaian target Indonesia menuju NZE pada 2060. Saat tahap pengembangan nanti, kata Nicke, Pertamina akan menyediakan fasilitas pendukung yang mencakup gedung konferensi, perkantoran dan bisnis, hotel, pusat komunitas, serta rumah sakit.

“Ini juga merupakan salah satu persembahan Pertamina sebagai BUMN energi untuk mewujudkan kemandirian energi nasional,” tutupnya.

Go Internasional, Pertamina Bawa Oli Kelas Dunia ke Pasar Afrika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini