Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif Mulai Beroperasi, Dimulai dari KA Jayabaya

Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif Mulai Beroperasi, Dimulai dari KA Jayabaya
info gambar utama

Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasarsenen yang memiliki fasilitas lebih nyaman telah beroperasi pada Selasa (26/9). Pada peluncuran pertamanya, kereta yang menyediakan kelas ini adalah KA Jayabaya Pasarsenen - Malang pp.

KA Ekonomi yang sebelumnya menampung 106 kursi dengan susunan 3-2, kursi berhadapan, dan sandaran tegak, kini mengalami transformasi perlahan menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 kursi dengan susunan 2-2 tanpa kursi berhadapan.

Sekarang, KAI menerapkan pembaruan terhadap jumlah kursi dalam satu gerbong dengan hanya memiliki 72 kursi. Lalu, terdapat pula leg room yang lebih luas bagi penumpang.

Tidak hanya itu, jenis kursi yang digunakan adalah tipe captain seat, meningkatkan kenyamanan penumpang dengan kemampuan reclining (pengaturan kursi) dan bangkunya juga bisa disetel untuk menghadap searah dengan arah perjalanan kereta atau berhadapan.

Peluncuran Kereta Ekonomi Generasi Baru ini juga merupakan bagian dari peringatan HUT ke-78 KAI yang jatuh pada tanggal 28 September dengan tema "Mengawali Era Baru KAI untuk Masa Depan Indonesia yang Maju Bersama."

"KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa dalam keterangan resmi.

IKN Bakal Punya Kereta Gantung Hingga KA Trans Kalimantan, Pembangunan Dimulai 2025

Makin nyaman, serasa naik eksekutif

Selain pada aspek kursi, pembaruan juga terlihat pada peningkatan interior kereta dengan penambahan Public Information Display System (PIDS) yang mampu menampilkan informasi waktu dan suhu. Interior kereta juga mengalami modifikasi yang mengikuti desain mirip dengan kereta eksekutif, termasuk perubahan pada bentuk bagasi dan atmosfer interior yang lebih terang.

Tidak hanya itu, transformasi juga mencakup perubahan pada fasilitas toilet dengan nuansa yang lebih mewah serta penggunaan toilet duduk. Terdapat juga fasilitas tempat ibadah yang disediakan di dalam kereta restorasi.

Kereta Ekonomi New Generation merupakan produk hasil peningkatan yang dilakukan oleh KAI di Balai Yasa Manggarai, lokasi perawatan sarana perkeretaapian milik KAI yang terletak di Manggarai, Jakarta Selatan. Sejak bulan April 2023, sudah ada 12 kereta ekonomi yang berhasil mengalami modifikasi di Balai Yasa Manggarai.

Dengan diluncurkannya Kereta Ekonomi New Generation, komposisi kereta dalam formasi KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi New Generation (K3 NG), dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Lalu, berapa harga tiket KA Ekonomi New Generation untuk rute perjalanan Jakarta-Malang ini? Untuk harga tiket KA Jayabaya ini, dapat dibeli dengan kisaran harga antara Rp 320 ribu hingga Rp 400 ribu.

Untuk jadwalnya, keberangkatan dari Pasarsenen dimulai pada pukul 17.25 dengan kedatangan di Malang pada pukul 06.20. Sementara untuk keberangkatan dari Malang dimulai pada pukul 12.30 dan tiba di Pasarsenen pada pukul 01.38.

Jadi, apakah Kawan GNFI tertarik untuk mencoba KA Ekonomi ini?

Mengenal 4 Bengkel Kereta Api Tertua dalam Sejarah Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini