5 Taman Kota Ikonik di Indonesia, Wajib Dikunjungi!

5 Taman Kota Ikonik di Indonesia, Wajib Dikunjungi!
info gambar utama

Di kawasan perkotaan, kehadiran taman kota merupakan oase tersendiri. Ruang hijau terbuka yang memungkinkan Kawan untuk duduk dan menghirup udara segar tentu jadi tempat yang nyaman di tengah padatnya huru-hara kota.

Selain mampu menjadi tempat untuk lari dari kepadatan dan polusi kota besar, keberadaan taman kota juga berfungsi sebagai tempat masyarakat berinteraksi. Harapannya interaksi tersebut dapat membangun budaya yang sehat di tengah masyarakat urban.

Nah, berikut ini adalah beberapa taman kota terkenal yang ada di Indonesia. Siapa tahu, Kawan bisa mengunjunginya ketika sedang berada di kota tersebut.

1. Taman Lumintang

Sebagai destinasi wisata internasional, Denpasar yang notabene merupakan pusatnya Bali seakan tidak pernah mati. Taman Lumintang hadir sebagai salah satu taman kota sekaligus spot rekreasi yang layak untuk dikunjungi.

Taman yang sering menjadi destinasi warga sekitar untuk bersantai dan berekreasi tersebut juga menyediakan jogging track. Biasanya, taman mulai ramai menjelang sore hari.

Selain ruang hijau terbuka dan fasilitas olahraga, di Taman Lumintang juga terdapat pojok untuk mengakses wi-fi secara gratis, taman burung, hingga air mancur yang menyala indah di malam hari.

2. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli adalah salah satu taman berusia paling tua yang ada di Kota Medan. Sesuai namanya, taman ini dulunya dibangun pada tahun 1924 atas perintah Sultan Deli yang sedang berkuasa kala itu, yakni Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah.

Dulunya, taman ini merupakan taman khusus bagi para keluarga sultan untuk bersantai. Lokasinya yang berdampingan dengan masjid raya serta Istana Maimun membuat pemandangannya cantik sekali.

Di era sekarang, Taman Sri Deli bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Biasanya para warga duduk di tepi kolam dengan view Masjid Raya Medan yang indah.

Baca juga: Taman Cattleya, Tempat Rekreasi Gratis di Jakarta yang Dulunya Pemukiman Kumuh

3. Taman Kota Bandung

Sering muncul di tayangan televisi, taman kota yang satu ini memang eksis sekali. Berada di jantung kota, Taman alun-alun Kota Bandung selalu ramai dikunjungi. Kawan bisa duduk dan bersantai di hamparan rumput sintetis dengan pemandangan lanskap Kota Bandung yang estetik.

Tak sekadar bersantai, Kawan juga bisa sekaligus melakukan wisata kuliner. Seperti yang kita tahu, kuliner Bandung begitu khas dan nikmat. Di sini ada batagor, tahu gejrot, dan sejenisnya.

4. Taman KB

Menjadi salah satu ikon Kota Semarang, taman ini memiliki patung simbol KB alias Keluarga Berencana. Letaknya yang strategis membuat taman ini sering dijadikan opsi berekreasi oleh warga ibu kota Jawa Tengah tersebut.

Selain menyediakan jogging track seperti taman kota pada umumnya, di Taman KB juga tersedia berbagai spot untuk berswafoto ria, serta pojok kuliner untuk mencicipi berbagai kuliner khas Kota Semarang. Taman KB sendiri buka 24 jam sehari, sehingga Kawan bisa datang ke sana kapan saja.

5. Hutan Kota GBK

Terakhir, yang sangat terkenal di tengah masyarakat Jakarta adalah hutan kota GBK (Gelora Bung Karno). Area hijau di tengah kota metropolitan ini bisa Kawan gunakan untuk berekreasi atau piknik bersama keluarga.

Ada dua sesi jam operasional hutan kota, yakni sesi pagi mulai pukul 06.00–10.00 dan sesi sore mulai pukul 15.00–18.00. Meskipun menawarkan hal yang tidak biasa di Jakarta, hutan kota ini tidak mematok biaya masuk alias gratis bagi siapa saja.

Baca juga: Siap-siap, Gorontalo Bakal Punya Taman Kelapa Dunia

Taman kota menjadi opsi yang menyegarkan bagi warga yang sibuk dengan aktivitas yang padat. Selain itu, bisa juga jadi salah satu solusi bagi polusi udara yang makin memengaruhi kesehatan di wilayah perkotaan. Kalau di kota Kawan, ada taman kota apa nih yang bisa dikunjungi?

Sumber referensi:

  • https://www.rumah.com/areainsider/medan/article/taman-di-medan-13683
  • https://www.rumah.com/areainsider/bandung/article/taman-di-bandung-13731
  • https://www.itrip.id/taman-keren-semarang
  • https://blog.cove.id/hutan-kota-gbk/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini