Mengenal Chimney Cake, Roti Khas Hungaria yang Manis dan Hangat

Mengenal Chimney Cake, Roti Khas Hungaria yang Manis dan Hangat
info gambar utama

Semua tempat di dunia tentu memiliki makanan khas tersendiri. Tak terkecuali Hungaria. Negeri yang berada di Eropa bagian tengah ini memiliki beberapa makanan khas, dari mulai makanan berat, snack, hingga makanan penutup.

Chimney cake atau kürtoskalács menjadi salah satunya. Makanan penutup berupa roti berbentuk tabung atau spiral tersebut banyak dijual di beberapa tempat di Hungaria, khususnya di Budapest, ibu kotanya. Yuk. simak lebih lanjut tentang chimney cake yang manis dan unik!

Roti Berbentuk Cerobong Asap

Makanan ini diberi nama sesuai dengan bentuknya yang silinder seperti cerobong asap (chimney). Chimney cake kebanyakan dibuat secara handmade, sehingga hadir dalam keadaan segar dengan lapisan luar krispi yang menyelubungi adonan roti yang ringan dan empuk.

Seiring berjalannya waktu, chimney cake mulai dijajakan dengan berbagai varian rasa. Mulai dari vanilla, kayu manis, kelapa, cokelat, dan sebagainya.

Sebuah toko chimney cake terkenal di Hungaria bahkan mulai menambah inovasi baru, yakni dengan meletakkan es krim di atas cake berbentuk cerobong tersebut. Es krim yang juga dibuat secara handmade tersebut biasanya memiliki dua pilihan rasa, yaitu vanila dan cokelat.

Selain es krim, varian chimney cake lain yang tak kalah ngetren adalah chimney cake yang diisi dengan selai, misalnya Nutella, kemudian diberi topping seperti whipped cream, cokelat, maupun sentuhan rasa-rasa manis lainnya. Untuk Kawan yang menyukai hidangan manis, varian chimney cake ini pasti jadi favorit di lidah!

Baca juga: Ragit Jalo, Roti Jala Khas Palembang yang Dikenalkan Pedagang India

Sejarah Chimney Cake

Sebagai makanan khas, chimney cake memiliki sejarah di baliknya. Resep pertama dari roti yang dalam istilah Hungaria disebut kürtoskalács ini berasal dari Transylvania (Romania Barat) sekitar tahun 1784. Dalam resep original tersebut, chimney cake tidak memasukkan bahan-bahan pemanis seperti gula dan lainnya.

Barulah pada tahun 1795, resep versi Hungaria mulai menambahkan gula pada proses pembuatan roti. Chimney cake berlapis gula dan almond disebutkan pada buku masak Hungaria terbitan 1876.

Selanjutnya, di abad ke-20, lapisan gula dan almond tersebut diubah menjadi lebih variatif. Ada lapisan gula-kenari, kayu manis, kelapa, hingga cokelat.

Negara-negara Eropa lain kemudian mengadaptasi resep tersebut. Slovakia menyebut chimney cake di negaranya dengan sebutan trdelnik, sementara Ceko menyebutnya dengan trdo. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa negara-negara yang mengadopsi resep chimney cake tersebut berusaha untuk menciptakan versinya sendiri, misalnya dengan membuat adonan isian yang lebih tebal dan lain-lain. Maka, jika Kawan ingin mencoba chimney cake dengan rasa paling otentik, datang ke Hungaria, ya!

Proses Pembuatan Chimney Cake

Chimney cake ala Hungaria sendiri dapat dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan di pusat perbelanjaan. Bahan-bahan tersebut adalah tepung terigu, butter, gula bubuk, ragi, telur, kuning telur, serta susu. Untuk topping, biasanya Kawan bisa menyediakan kayu manis, vanila, gula kastor, kenari giling, dan sejenisnya.

Untuk satu kilogram tepung, Kawan perlu melarutkan ragi dalam 100 milimeter susu hangat dulu, kemudian diamkan di tempat hangat agar mengembang. Selanjutnya, Kawan bisa mencampur tepung dengan semua bahan (kecuali ragi) yang telah disebutkan sebelumnya hingga menjadi adonan.

Selanjutnya, uleni adonan selama 10–15 menit, kemudian masukkan ke dalam wadah bersih. Tutup dengan kain lalu kembali simpan di tempat yang hangat hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Langkah selanjutnya, Kawan bisa memotong adonan sepanjang 1,5 centimeter, giling memanjang, dan bungkus sedemikian rupa dalam wadah kayu yang sudah diolesi mentega. Sebelum masuk oven, jangan lupa gulingkan adonan pada topping pilihan Kawan.

Baca juga: Roti Tenong, Roti Goreng Khas Padang Panjang

Demikianlah segala hal tentang chimney cake, roti khas daratan Eropa Tengah yang sangat nikmat disajikan hangat-hangat. Yuk, coba!

Sumber referensi:

  • https://chimneycake.hu/
  • https://alizswonderland.com/a-locals-guide-to-the-best-chimney-cakes-in-budapest-hungary/#:~:text=The%201st%20known%20recipe%20of,process%20for%20the%20first%20time.
  • https://www.tasteatlas.com/kurtoskalacs/recipe

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini