Capaian 25 Tahun Mandiri, Wujudkan Komitmen Lingkungan dan Menuju Masa Depan Perbankan RI

Capaian 25 Tahun Mandiri, Wujudkan Komitmen Lingkungan dan Menuju Masa Depan Perbankan RI
info gambar utama

Salah satu perusahaan di industri perbankan tanah air yakni Bank Mandiri, telah menginjak usia seperempat abad di tahun 2023 ini. Menunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang tidak hanya berkontribusi besar untuk dunia perbankan namun juga aktif mewujudkan kemajuan yang relevan di waktu yang akan datang, momen istimewa 25 tahun Bank Mandiri kali ini diperingati dengan mengusung tema “Menuju Masa Depan.”

Mengutamakan aspek Enviromental, Social, and Governance (ESG) guna merealisasikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, Bank Mandiri telah lebih dulu menyelaraskan prinsip yang dimiliki perusahaan dengan menjadi pionir di Bursa Karbon Indonesia (IDX Carbon) dengan membeli 3.000 ton karbon pada perdagangan perdana, Selasa, (26/9).

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan, pembelian kredit karbon merupakan bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap perdagangan Karbon Indonesia dan upaya pihaknya untuk berkontribusi nyata dalam merealisasikan target penurunan emisi karbon, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi isu iklim yang menjadi permasalahan dunia.

“Keberadaan bursa karbon penting bagi Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK), demi tercapainya Net Zero Emissions pada tahun 2060 atau lebih cepat,” ujar Alexandra, dalam keterangan resmi, Senin, (2/10).

Di saat bersamaan, Bank Mandiri juga telah menetapkan komitmen untuk mencapai NZE Operations pada tahun 2030 dan NZE Financed Emissions (scope 3) di tahun 2060, sejalan dengan dukungan tercapainya target Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baru Buka, Bursa Karbon RI Langsung Raup Rp32 Miliar

Ragam inisiasi mengatasi isu karbon

Selain menunjukkan komitmen dalam bentuk bursa karbon, Bank Mandiri juga mewujudkan secara nyata wujud kepedulian terhadap dampak karbon dan efek rumah kaca yang diminimalisir dalam operasional dan progran perusahaan sebagai penyedia layanan jasa perbankan.

Di antaranya, Bank Mandiri telah menjadi bank pertama di Indonesia yang meluncurkan kartu ramah lingkungan, yakni kartu prepaid (e-money) dan kartu debit dari plastik daur ulang (R-PVC), serta cardless credit card, yang berpotensi dapat menurunkan emisi sebesar 2.250 ton CO2 eq per tahun.

Bukan hanya itu, Mandiri juga telah menerapkan green operation yang melalui proses digitalisasi proses bisnis, menggunakan electric vehicle sebagai kendaraan operasional, pemasangan panel surya, serta optimalisasi air daur ulang di kantor operasional. Komitmen yang sama juga diwujudkan sebagai ESG Market Leader, yang berkomitmen mengembangkan green financing di tanah air.

Tercatat jika penyaluran pembiayaan hijau Bank Mandiri terus bertumbuh secara konsisten. Seperti per Juni 2023, Bank Mandiri mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit hijau naik 9,5 persen year on year (yoy) menjadi Rp 115 triliun.

“Realisasi ini merupakan bukti nyata penerapan keuangan berkelanjutan oleh Bank Mandiri sekaligus wujud komitmen kami mendukung transisi Indonesia menuju net zero emission (NZE) tahun 2060 dan tercapainya United Nations Sustainable Development Goals (UN SDGs),” tegas Alexandra.

3 Museum yang Dapat Dikunjungi untuk Mempelajari Sejarah Perbankan Indonesia

Menuju Masa Depan

Di lain sisi dalam menandai 25 tahun usia Bank Mandiri, perusahaan belum lama ini berhasil melakukan seremonial futuristik dengan menerbangkan dua aplikasi andalannya yakni Livin by Mandiri dan Kopra by Mandiri ke lapisan Stratosphere.

Sedikit informasi, Super Platform Kopra by Mandiri merupakan layanan wholesale digital super platform yang memungkinkan nasabah untuk memanfaatkan layanan perbankan dalam cakupan yang lebih luas, seperti Hubungan Kelembagaan, Komersial, Mikro & UKM, Perbankan Internasional, dan lain sebagainya yang dapat dikelola dalam satu akses.

Sedangkan Livin’ by Mandiri, sebagai super-app super lengkap yang dapat diakses secara langsung oleh nasabah di lebih dari 118 negara, juga memainkan andil besar sebagai ujung tombak layanan digital nasabah ritel.

Dengan penerbangan aplikasi Kopra dan Livin ke angkasa dengan menggunakan teknologi dan teknik satelit, seremonial yang dilakukan juga telah menandai Bank Mandiri sebagai aplikasi bank pertama di dunia yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Pastinya, seremonial tersebut juga menandai puncak 25 tahun Bank Mandiri sebagai entitas penting di dunia perbankan tanah air, yang berkomitmen untuk terus maju menuju masa depan.

Pertama di Indonesia, Transfer Uang antar 118 Negara Kini Bisa Gratis dan Anti Ribet

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini