Pertama di Indonesia, Transfer Uang antar 118 Negara Kini Bisa Gratis dan Anti Ribet

Pertama di Indonesia, Transfer Uang antar 118 Negara Kini Bisa Gratis dan Anti Ribet
info gambar utama

Layanan perbankan, terutama dalam bentuk sistem atau aplikasi yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi, menjadi salah satu aspek yang berpengaruh besar dalam lalu lintas pembayaran. Tentunya dalam skala besar lalu lintas pembayaran tersebut juga akan berpengaruh bagi perekonomian dalam negeri.

Namun yang perlu diketahui, lalu lintas pembayaran atau proses perbankan yang dilakukan oleh nasabah bank tertentu tidak selalu terjadi di dalam negeri. Cukup banyak proses transaksi yang juga berlangsung di berbagai negara lainnya, dan membutuhkan layanan dengan kemudahan serupa.

Hal tersebut yang dilihat sebagai suatu kebutuhan penting oleh Bank Mandiri, dan pada akhirnya membuat mereka meluncurkan super-app yang dimiliki yakni Livin’ by Mandiri, di berbagai belahan dunia lainnya agar dapat diakses dengan mudah oleh para nasabah.

Menelisik Perkembangan Bank Digital di Indonesia

Kehadiran Livin’ by Mandiri di 118 negara

Peluncuran Livin' by Mandiri di London. | Dok. Bank Mandiri
info gambar

Bank Mandiri terus menjadikan Livin’ by Mandiri sebagai ujung tombak layanan digital nasabah ritel. Super app milik Bank Mandiri tersebut dapat digunakan oleh nasabah dan calon nasabah yang berada di luar negeri menggunakan nomor sim card negara setempat.

Darmawan Junaidi selaku Direktur Utama Bank Mandiri menyebut, dengan fitur baru ini Livin’ by Mandiri bisa diakses Warga Negara Indonesia (WNI) di 118 negara mulai dari Belanda, Malaysia, Hongkong, Singapura, Arab Saudi, Australia, Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, United Kingdom, dan puluhan negara lainnya.

“Bank Mandiri menjadikan seluruh layanan terdigitalisasi secara total untuk hadir sebagai one stop financial solution bagi nasabah, termasuk Livin’ by Mandiri yang menyapa secara langsung masyarakat Indonesia di berbagai belahan dunia. Livin’ pun kini hadir All Around The World in the blink of an eye,” papar Darmawan, dalam perhelatan Indonesian Day 2022 yang digelar oleh Kedutaan Besar Indonesia di London, Inggris, Minggu (6/11) sore waktu London.

Lebih jauh, Darmawan menjelaskan jika pihaknya juga memberikan kenyamanan bagi WNI di luar negeri untuk mengakses inovasi terbaru ini. Caranya sangat mudah, setiap WNI dengan nomor sim card negara setempat hanya perlu menyiapkan eKTP untuk bisa membuka rekening baru melalui Livin’ by Mandiri.

“Untuk setor saldo awal pun lebih mudah, nasabah cukup transfer melalui bank atau tekfin jasa remitansi favorit nasabah. Dalam hitungan detik, saldo Livin’ by Mandiri akan terisi. Setelah registrasi selesai, nasabah bisa langsung mengontrol semua kebutuhan finansialnya melalui Livin’ by Mandiri tanpa batas, kapanpun dan dimanapun,” lanjutnya lagi

Bagaimana dengan nasabah yang sudah terdaftar sebagai pengguna super-app tersebut?

Tanpa rumit, mereka hanya perlu menggunakan Livin’ dengan nomor sim card ponsel luar negeri, dan melakukan aktivasi dengan menggunakan kartu debit.

“Nasabah yang sedang melakukan perjalanan luar negeri pun dapat tetap terhubung dengan Livin’, meskipun menggunakan operator telekomunikasi lokal. Dengan adanya Livin’ nasabah tetap bisa melakukan transaksi berbagai keperluan keluarga atau kerabat di Indonesia.” jelas Darmawan.

Adapun berbagai jenis kebutuhan transaksi perbankan yang dapat dilakukan di antaranya terdiri dari pembayaran tagihan pokok seperti listrik, isi token, hingga membayar tagihan atau transaksi di eCommerce, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, fitur global Livin' by Mandiri juga dapat memudahkan ragam kebutuhan transaksi bagi diaspora Indonesia di berbagai belahan dunia. Salah satunya, Singapura yang menjadi tujuan utama lebih dari 250 ribu diaspora Indonesia atau negara yang menjadi destinasi vakansi masyarakat Tanah Air.

"Melalui digitalisasi, Bank Mandiri hadir untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan maupun gaya hidup masyarakat Indonesia di luar negeri, maupun para diaspora yang mencari nafkah, menetap atau menuntut ilmu di seluruh belahan dunia," tambah Darmawan.

Membuktikan kontribusinya dalam perputaran ekonomi melalui transaksi atau lalu lintas pembayaran, Livin’ by Mandiri membuktikan peran besarnya lewat kemampuan dalam melayani 1,38 miliar transaksi dalam sembilan bulan pertama tahun ini, dengan nilai transaksi menembus Rp1.716 triliun, atau tumbuh dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ke depan, kami akan terus melengkapi dan mengembangkan Livin’ by Mandiri dengan fitur-fitur terkini seperti transfer valuta asing untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan nasabah. Selain itu, nantinya Livin’ bisa melayani pembelian Surat Berharga Negara sehingga nasabah yang berada di luar negeri bisa tetap berpartisipasi untuk membangun negeri. Tentu saja semua ini kami lakukan dengan tetap mengedepankan keandalan aplikasi,” tutup Darmawan.

Inilah 10 Bank Terbesar di Asia Tenggara 2021, 3 dari Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini