Inilah 10 Bank Terbesar di Asia Tenggara 2021, 3 dari Indonesia

Inilah 10 Bank Terbesar di Asia Tenggara 2021, 3 dari Indonesia
info gambar utama

Forbes Global 2000 kembali merilis daftar perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar (market capitalization) pada Mei 2021. Ada empat metrik penilaian, yaitu aset, nilai pasar, penjualan (penyaluran kredit untuk perusahaan perbankan), dan keuntungan. Dari empat metrik tersebut kemudian menghasilkan daftar perusahaan publik yang terbesar, terkuat, dan paling berharga di dunia.

Dari sederet perusahaan terkemuka di dunia, tercatat ada 10 perusahaan perbankan terbesar di Asia Tenggara yang mampu merengkuh nilai kapitalisasi yang cukup besar. Tiga di antaranya merupakan bank asal Indonesia, sementara bank asal Singapura, Development Bank of Singapore (DBS), mampu mencatat kapitalisasi terbesar dengan nilai 55,4 miliar dolar AS.

10 bank terbesar di Asia Tenggara berdasarkan kapitaliasi pasar
info gambar

Untuk diketahui kapitalisasi pasar merupakan nilai agregat pasar sebuah perusahaan. Penghitungan kapitalisasi dengan mengalikan jumlah total saham beredar atau outstanding share perusahaan dengan harga pasar saat ini dari satu lembar saham.

Nilai ini bisa menjadi informasi seberapa banyak dana yang harus dikeluarkan untuk membeli seluruh saham perusahaan yang diinginkan. Semakin besar nilainya, maka semakin besar pula perusahaan tersebut.

Berikut daftar 10 bank terbesar di Asia Tenggara berdasarkan nilai kapitaliasi pasar pada 2021.

5 Bank Terbesar di Indonesia Berdasarkan Nilai Aset 2021

1. Development bank of Singapore (DBS)

DBS Bank | Wang Z/Shutterstock
info gambar

Peringkat teratas diisi oleh Development Bank of Singapore (DBS) dengan nilai kapitalisasi sebesar 55,4 miliar dolar AS. Dari segi penjualan (penyaluran kredit), DBS mampu mencatat angka 13,2 miliar dollar AS, dengan profit 3,4 miliar dollar AS, dan memiliki aset sebesar 491,9 miliar dollar AS.

2. Bank Central Asia (BCA)

Bank BCA
info gambar

Tahun ini, Bank Central Asia (BCA) mampu mencatat kapitalisasi pasar senilai 53,1 miliar dollar AS. Angka tersebut menempatkan BCA di posisi dua sebagai bank terbesar se-Asia Tenggara, sekaligus menempati peringkat 320 global.

Penyaluran kredit BCA tercatat senilai 6 miliar dollar, profit 1,9 miliar dollar AS, dan aset sebesar 76,5 miliar dollar AS. Sementara berdasarkan data yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia (BEI), untuk perkembangan Emiten Biig Cap pada 11 Mei 2021, kapitalisasi pasar BCA berada di peringkat satu dengan nilai Rp791 triliun.

3. OCBC Bank

OCBC Bank | Kj/Shutterstock
info gambar

Perusahaan perbankan asal Singapura lainnya, OCBC Bank, menempati peringkat ketiga dengan kapitalisasi pasar senilai 40,1 miliar dollar AS. Penyaluran kredit tercatat sebesar 24,5 miliar dollar AS. Sedangkan untuk profitnya mencapai 2,6 miliar dollar AS dan memiliki aset sebesar 394.5 miliar dollar AS. Total penjualan OCBC lebih besar dari DBS, tetapi mendapatkan profit yang lebih kecil.

4. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank BRI
info gambar

Di posisi keempat ada Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan kapitalisasi pasar senilai 36,5 miliar dolar AS. Dari segi penyaluran kredit, BRI menjadi yang terbesar di Indonesia dengan nilai 10 miliar dolar AS dengan profit 1,3 miliar dolar AS. Sementara untuk total aset, bank pelat merah ini memiliki 107,6 miliar dolar AS.

5. United Overseas Bank (UOB)

UOB | Wang G/Shutterstock
info gambar

Peringkat selanjutnya kembali diisi bank asal Singapura, United Overseas Bank atau UOB. Kapitalisasi pasar yang dicatat UOB mencapai 32.8 miliar dollar AS sekaligus menempati urutan 578 global. Bank yang memiliki 63 cabang di Singapura ini meraih penyaluran kredit 9,5 miliar dolar AS dengan profit 2 miliar AS. Terakhiir, aset yang dimiliki UOB tercatat senilai 326,7 miliar dolar AS.

Deretan Bank Digital dengan Aset Terbesar, Wujud Bank Masa Kini

6. Maybank

Maybank | Izmir K/Shutterstock
info gambar

Peringkat keenam ditempati bank asal Malaysia, Maybank, dengan kapitalisasi pasar sebesar 22,9 miliar dolar AS. Penyaluran kredit Maybank tercatat 10,5 miliar dolar AS dengan profit 1,5 miliar AS. Berdiri tahun 1960, kini Maybank menjadi bank pemilik cabang terbanyak di Malaysia dengan aset 213 miliar dolar AS.

7. Bank Mandiri

Bank Mandiri
info gambar

Perusahaan perbankan pelat merah Indonesia lainnya, Bank Mandiri, mampu menempati peringkat ketujuh dengan kapitalisasi pasar senilai 20,2 miliar dolar AS. Untuk penyaluran kredit sendiri, Bank Mandiri mencatat 8,6 miliar dolar AS dengan profit 1,2 miliar dolar AS, dan membukukan aset senilai 202,7 miliar dolar AS.

8. Public Bank

Public Bank | Reynald G/Shutterstock
info gambar

Peringkat kedelapan kambali diisi bank negeri jiran, Malaysia, dengan kapitalisasi pasar senilai 19,8 miliar dolar AS. Perusahaan perbankan yang kini memiliki 18. 721 karyawan ini mencatat penyaluran kredit sebesar 4,5 miliar dolar AS dengan profit 1,2 miliar dolar AS. Sejauh ini, aset yang mampu dicatat Public Bank senilai 112,2 miliar dolar AS.

9. Vietcombank

Vietcombank | Nguyen J/Shutterstock
info gambar

Kali ini giliran Vietnam yang mencatatkan perwakilannya di 10 besar. Menempati peringkat kesembilan, kapitalisasi pasar Vietcombank tercatat senilai 15,5 miliar dolar AS. Penyaluran kredit 3,7 miliar dolar AS, profit 793,9 juta dolar AS, serta memiliki total aset senilai 57,5 miliar dolar AS.

10. Siam Commercial Bank (SCB)

SCB Bank | thg/Shutterstock
info gambar

Terakhir, peringkat kesepuluh diisi oleh SIam Commercial Bank atau SCB. Bank asal negeri gajah putih, Thailand, ini mencatat kapitalisasi pasar senilai 11,4 miliar dolar AS. Untuk penyaluran kredit, SCB mampu merengkuh 5,6 miliar dolar AS, profik 869,7 juta dolar AS, dan mampu membukukan aset senilai 109,4 miliar dolar AS.

BCA dan Mandiri Masuk Daftar Bank Paling Kuat di Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini