Bandara VVIP IKN Mulai Dibangun 1 November, Tonjolkan Budaya Kalimantan

Bandara VVIP IKN Mulai Dibangun 1 November, Tonjolkan Budaya Kalimantan
info gambar utama

Pemerintah Indonesia akan segera memulai pembangunan Bandara VVIP (Very Very Important Person) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Peletakan batu pertama atau groundbreaking bakal digelar pada Rabu, 1 November 2023.

Kabar tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke lokasi proyek. Dia menggambarkan, desain terminal Bandara VVIP IKN memadukan unsur kearifan lokal, modern, serta ramah lingkungan.

Pernyataan itu diamini oleh Yori Antar—salah satu arsitek Bandara VVIP IKN—yang mengatakan bahwa budaya Kalimantan akan ditonjolkan pada arsitektur terminal, tapi dengan sentuhan modern.

“Jadi, tradisi dan budaya yang ada di sini sejak masa lalu, akan kita bawa ke masa kini dan masa depan,” tutur dia.

Budi kemudian mengatakan bahwa pembangunan Bandara VVIP IKN harus sesuai dengan konsep besar ibu kota baru yang berorientasi pada alam serta ramah lingkungan.

“Jadi, meski kita bangun bandara di IKN, tetapi tetap menjaga alam sekitar terkonservasi dengan baik. Kita pertahankan hutan yang ada dan tidak banyak pohon yang ditebang,” ucap Budi di IKN, Selasa (3/10/2023).

Kawasan Pangan Nusantara Diresmikan Jadi Lumbung bagi IKN

Sumber: BKIP Kemenhub RI

Pada saat yang sama, arsitek Adi Purnomo mengutarakan bahwa bangunan terminal akan dibuat senatural mungkin mengadaptasi alam sekitar. Hal itu selaras dengan visi misi IKN yang berorientasi alam.

Dia menuturkan, prinsip green building akan diterapkan pada proyek ini. Contohnya, terminal bandara didesain menyerupai rumah panjang khas Kalimantan dengan atap terbuka, sehingga angin dan cahaya bisa masuk ke dalam gedung.

“Ini akan lebih hemat energi dibandingkan terminal pada umumnya,” ujar Adi.

Selain Bandara VVIP, Budi dan ketiga arsitek itu turut berkunjung ke Pelabuhan Pendukung yang juga akan segera dibangun. Sama seperti bandara tadi, konsep desain pembangunan pelabuhan akan berorientasi pula pada alam dan ramah lingkungan.

Lokasi bakal pelabuhan memiliki pemandangan indah dan alami yang dikelilingi tanaman mangrove. Pembangunan pelabuhan IKN ditargetkan dimulai pada November 2023.

Budi berharap, pelabuhan ini dapat menunjang sektor pariwisata di sekitar IKN.

“Dengan pariwisata yang baik, maka akan ada kesempatan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan keamanan juga lebih terjaga,” pungkasnya.

Proyek Istana Negara-Lapangan Upacara di IKN Telan Dana Rp1,34 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini