Produksi Mamin hingga Perlengkapan Rumah Buatan RI Laris Manis di Chile

Produksi Mamin hingga Perlengkapan Rumah Buatan RI Laris Manis di Chile
info gambar utama

Indonesia kembali mempromosikan produk-produk unggulannya di pentas dunia melalui pameran produk makanan dan minuman (mamin) serta produk terkait dalam Espacio Food and Services di Santiago, Chile.

Dilansir dari Kumparan.com, Rabu (11/10), Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Santiago Indah Fajarwati Bachter mengungkapkan bahwa pameran Espacio Food and Services merupakan pameran tahunan bergengsi di Amerika Selatan.

Setidaknya ada 31.000 orang dengan total 1.000 peserta yang mengunjungi pameran tersebut di tahun ini. Mereka terdiri dari berbagai bidang industri makanan, meliputi produk, jasa, dan inovasi, mengunjungi pameran tersebut.

“Partisipasi ITPC Santiago dalam pameran produk mamin terbesar di Chile ini merupakan ajang yang tepat untuk memperkenalkan ragam mamin beserta perlengkapan rumah tangga dari Indonesia kepada pelaku usaha dan masyarakat Chile,” kata Indah.

Industri Mamin RI Jadi Primadona Investor Asing, Ini Penyebabnya!

Peluang tingkatkan ekspor

Selain mempromosikan produk, Indonesia juga melakukan sejumlah pertemuan bisnis antara pelaku usaha dalam negeri dengan para pelaku usaha dari Chile. Dari 15 pertemuan bisnis, peluang potensi transaksi yang bisa diraih mencapai 1,1 juta atau sekitar Rp17 miliar.

ITPC selaku fasilitator dalam pertemuan bisnis tersebut optimistis Indonesia akan memiliki peluang yang sangat baik untuk meningkatkan ekspor produk mamin. hal ini utamanya untuk perlengkapan rumah tangga ramah lingkungan yang juga sangat cocok dengan gaya hidup masyarakat Chile.

Dikutip dari kaman kemendag.go.id, Chile sejak lama menjadi hub bagi produk Indonesia karena negara ini memiliki konektivitas dan tingkat liberasi perdagangan yang tinggi di kawasan Amerika Latin san Pasifik. Melalui berbagai perjanjian seperti IC-CEPA, akses pasar produk ekspor Indonesia diharapkan akan terus meningkat.

Pada periode Januari–Juli 2023, perdagangan Indonesia-Chile berhasil mencetak nilai sebesar 255 juta dolar AS. Angka ini mewakili ekspor Indonesia ke Chile sebesar 151,3 juta dolar AS dan impor Indonesia dari Chile sebesar 103,7 juta dolar AS.

Produk Mamin dan Kerajinan Tangan Indonesia Cetak Transaksi Rp17,6 Miliar di Taipei

Referensi:

Kumparan. Produk Mamin dan Perlengkapan Rumah Tangga Indonesia Semakin Diminati di Chile. https://kumparan.com/kumparanbisnis/produk-mamin-dan-perlengkapan-rumah-tangga-indonesia-semakin-diminati-di-chile-21LwgCEigwr/full

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini