Mengenal Majelis Hukama Muslimin, Organisasi yang Punya Kantor Baru di Indonesia

Mengenal Majelis Hukama Muslimin, Organisasi yang Punya Kantor Baru di Indonesia
info gambar utama

Kenali apa itu Majelis Hukama Muslimin, organisasi yang baru saja membuka kantor barunya di Indonesia.

Dalam laman resminya, Majelis Hukama Muslimin atau yang juga dikenal sebagai Muslim Council of Elders menyebut diri sebagai organisasi internasional independen yang bertujuan untuk menyebarkan perdamaian di kalangan komunitas Muslim. Organisasi ini berisi para cendekiawan, pakar, dan pejabat tinggi Muslim yang berjiwa bijaksana, adil, independen, dan moderat.

Majelis Hukama Muslimin didirikan pada 21 Ramadan 1435 H atau 18 Juli 2014 dan berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan kini dipimpin oleh Grand Syekh Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Al-Tayeb. Sejak berdiri, ada berbagai aktivitas yang telah dan terus dijalankan oleh organisasi ini, mulai dari menggelar dialog, konferensi internasional, serta aksi-aksi yang isinya menyerukan perdamaian antaragama dan antargolongan di seluruh dunia.

Majelis Hukama Muslimin mengusung misi penting demi mencapai tujuannya untuk menciptakan perdamaian. Adapun misi yang dimaksud adalah menguatkan persatuan di antara umat Muslim sekaligus menghilangkan hal-hal yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan Islam dan prinsip-prinsip toleransi, serta mengakhiri sektarianisme dan kekerasan yang telah melanda dunia Muslim selama beberapa dekade terakhir.

Majelis Hukama Muslimin telah eksis di berbagai belahan dunia mulai dari Asia, Eropa, Afrika, hingga Amerika. Pembukaan kantor di Indonesia pun menjadi langkah mereka untuk memperluas jangkauannya di kancah internasional.

Peran Jamiat Kheir sebagai Pelopor Pendidikan Umat Islam di Hindia Belanda

Pembukaan Kantor Baru di Indonesia

Di Indonesia, Majelis Hukama Muslimin telah membuka kantor cabang virtual bernama Muslim Elders Indonesia (MEI). Operasional MEI ini telah dimulai sejak 1 September 2021 untuk menyebarkan gagasan dan mempublikasikan program dan kegiatan Majelis Hukama Muslimin dalam konteks kehidupan keberagamaan di Indonesia.

Baru-baru ini, tepatnya pada 4 Oktober 2023, Majelis Hukama Muslimin juga baru meresmikan kantor perwakilannya untuk kawasan regional Asia Tenggara. Kantor tersebut terletak di Jakarta.

Majelis Hukama Muslimin pun menyampaikan laporan kantor baru itu kepada Presiden Joko Widodo. Kedua pihak bertemu di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 5 Oktober 2023. Dalam pertemuan, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Pada tanggal 4 Oktober kemarin baru saja itu telah diresmikan kantor perwakilan untuk organisasi ini untuk kawasan regional yaitu Asia Tenggara dan bermarkas di Jakarta. Tadi tujuan kehadiran beliau adalah sekaligus untuk melaporkan telah berdirinya markas atau kantor perwakilan tersebut,” ucap Muhadjir.

Muhadjir juga menjelaskan jika Presiden Jokowi menyambut baik keberadaan kantor baru Majelis Hukama Muslimi. Diharapkan Jokowi, kantor perwakilan di Indonesia dapat membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk terus membangun semangat kerukunan beragama.

“Bahkan Bapak Presiden tadi juga menyinggung berkaitan dengan hal yang lebih umum misalnya perubahan iklim, global warming, pemanasan global, dan seterusnya,” lanjut Muhadjir.

Sejarah Kerajaan Aceh yang Pernah Berdiri di Tanah Serambi Mekkah

Referensi:

  • https://www.muslim-elders.com/en/page/7/who-we-are
  • https://www.muslim-elders.or.id/profile
  • https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-jokowi-terima-majelis-hukama-muslimin-di-istana-merdeka/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini