Dukung Sektor Kelautan, RI Serahkan Hibah Pembangunan ke Namibia

Dukung Sektor Kelautan, RI Serahkan Hibah Pembangunan ke Namibia
info gambar utama

Pemerintah Indonesia menyerahkan hibah pembangunan melalui fasilitas Perwakilan RI yang bekerja sama dengan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Indonesia (LDKPI) kepada Namibia pada 16 Oktober 2023. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pembangunan di negara berkembang.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, hibah tersebut diberikan dalam bentuk capacity building pelatihan Training of Trainers (ToT) International Maritime Organization (IMO) Model Course 6.09. Kegiatan ini nantinya akan diselenggarakan di Jakarta, pada November 2023 dengan diikuti oleh 20 warga negara Namibia.

Penandatanganan Perjanjian Hibah dari Indonesia itu dilakukan oleh Acting Director Namibian Maritime and Fisheries Institute (NAMFI) Julia Manuel-Ibwima. KBRI Windhoek meyakini program pelatihan ini akan memperkuat sumber daya manusia kelautan Namibia sekaligus membuka kesempatan kerja sama di sektor maritim.

ToT IMO Model Course 6.09 merupakan pelatihan yang ditujukan bagi instruktur di bidang kelautan. Melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas para infrastruktur di NAMFI sehingga dapat mencetak pekerja berkualitas di bidang maritim.

BMKG Bantu Timor Leste dan Maladewa Perkuat Sistem Peringatan Dini Cuaca

Kerja sama pendidikan vokasi

Indonesia sebelumnya juga telah mendukung pengembangan kapasitas SDM melalui kerja sama pendidikan vokasi dengan Namibia. Kerja sama ini dilakukan usai pertemuan antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI dan Kementerian Pendidikan Tinggi, Teknologi dan Inovasi (MHETI) Republik Namibia.

Executive Director MHETI Van Kent mengungkapkan bahwa pengembangan pendidikan vokasi merupakan prioritas Pemerintah Namibia lantaran berdampak positif pada penurunan tingkat pengangguran di kalangan pemuda serta mendorong penciptaan lapangan kerja.

Sementara itu, Dubes RI memberikan pesan agar kedua kementerian tersebut dapat saling berkunjung untuk mengetahui lebih lanjut dan melihat secara langsung kelengkapan sarana dalam pengembangan bidang vokasi. Dengan ini, kedua negara dapat mengidentifikasi lingkup kerja sama yang akan dilaksanakan selanjutnya.

RI Promosikan Wisata Bali hingga Sarden Kaleng di Namibia, Afrika Selatan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini