Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia, Berikut Dinamika yang Terjadi Sejauh Ini

Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia, Berikut Dinamika yang Terjadi Sejauh Ini
info gambar utama

Indonesia punya mimpi untuk jadi tuan rumah Piala Dunia. Simak sederet dinamika yang sejauh ini telah terjadi terkait hal tersebut.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara di mana sepak bola sangat digemari. Kendati demikian, Indonesia masih berupaya untuk menaikkan pamornya di kancah sepak bola global.

Selain memperbaiki prestasi dan menaikkan peringkat FIFA, cara lain yang ditempuh Indonesia adalah dengan menjadi tuan rumah ajang internasional. Terkini, Indonesia menunjukkan hasratnya untuk bisa jadi tuan rumah Piala Dunia. Berbagai dinamika pun menyertai upaya Indonesia menuju status tuan rumah Piala Dunia sebagaimana berikut ini:

1. Lebih dulu jadi tuan rumah Piala Dunia kelompok usia

Sebagai permulaan, Indonesia terlebih dahulu maju di pencalonan Piala Dunia kelompok umur. Hasilnya, pada 2019 FIFA mengesahkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Apesnya, Piala Dunia U-20 diundur ke 2023 karena pandemi Covid-19. Beberapa bulan sebelum ajang berlangsung pada 2023, status tuan rumah itu dicabut menyusul adanya penolakan atas kedatangsn tim Israel yang merupakan salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023.

Status tuan rumah dialihkan ke Argentina. Namun, Indonesia diberi mandat sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Chile.

2. Mengklaim diajak maju bersama

Australia disebut bakal maju dalam bursa pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034 dengan menggandeng Malaysia dan Singapura. Beredar kabar dari jurnalis Australia bahwa Indonesia tidak diajak karena dianggap terlalu riskan, terutama berkaca pada apa yang terjadi pada Piala Dunia U-20 2023.

Menyusul isu tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir merespons dengan menjelaskan bahwa peluang Indonesia untuk maju di pencalonan tuan rumah FIFA World Cup 2023 masih terbuka lebar. Ini dikarenakan PSSI dan federasi sepakbola Australia telah saling berkomunikasi sejak 2017 untuk berkolaborasi menjadi tuan rumah.

3. Bakal maju di Piala Dunia setelah 2034

Kendati mengklaim Indonesia masih berpeluang maju bersama Australia di pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034, PSSI kemudian justru menyatakan dukungannya kepada Arab Saudi untuk jadi tuan rumah pada tahun tersebut.

"Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Di sisi lain Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bidding World Cup berikutnya untuk zona Asia setelah 2034 dan kompetisi FIFA lainnya," ujar Erick lewat keterangan tertulis.

Langkah Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Berlanjut: Brunei Terlewati, 3 Tim Lain Menanti

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini