Mengenalkan Makanan yang Menenangkan Kepada Masyarakat

Mengenalkan Makanan yang Menenangkan Kepada Masyarakat
info gambar utama

Sebanyak 65 penulis lintas profesi mengajak pembaca menjelajahi tapestri kuliner yang kaya rasa dan memori, melalui buku “Comfort Food Memoirs: Kisah Makanan yang Menenangkan Beserta Resepnya”.

Comfort food atau makanan yang menenangkan ketika disantap, didefinisikan sebagai "makanan yang disiapkan secara tradisional dan biasanya menimbulkan sensasi keakraban, serasa di rumah, dengan daya tarik nostalgia." Selain kenangan masa lalu, sensasi rasa ketika melahap comfort food meningkat dengan memori kebersamaan, kehangatan, dan kenikmatan. Comfort food memoir menggali pengalaman emosional para penulisnya.

Keseluruhan isi dalam buku ini adalah perjalanan gastronomi yang memikat dan menyentuh hati melalui resep-resep yang menjadi saksi bisu momen indah dan mengharukan dari Kepulauan Nusantara. Buku ini terbit berkat kerja sama antara Omar Niode Foundation yangmerupakan sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, citra budaya, dan kuliner nusantara dan Penerbit Diomedia. Buku ini diluncurkan dalam sebuah acara talk show, demo masak, dan food tasting terkait dengan comfort food, Senin, (16/10/2023) di restoran Nusa Indonesian Gastronomy, Jakarta.

Bubur ayam Gorontalo, salah satu makanan yang disajikan dalam acara peluncuran buku

Buku yang menggali tentang masakan ini masuk dalam 4 peringkat teratas pada Gourmand World Cookbook Awards 2023 untuk dua kategori, yaitu Foreword dan juga Food Writing, yang pemenangnya akan diumumkan di Riyadh, Arab Saudi pada akhir November mendatang.

Beberapa judul yang menarik, antara lain: Gulai Lezat Berkat Daun Taya dan Tempoyak yang ditulis oleh DR. Alue Dohong, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Kentang Gepuk Penuh-Kasih Tante Cotje dari penulis, dan praktisi media Debra H. Yatim; Bretang Kenari Penawar Rindu Banda Neira oleh pelaku usaha wisata bahari, Rani Hernanda; dan Tiga Menu Favorit Dalam Hidupku, kisah dari budayawan Erros Djarot.

Ketua Omar Niode Foundation, Amanda Katili Niode, yang juga editor buku mengatakan sangat menghargai usaha para penulis untuk menggali memori tentang comfort food mereka, berbagi resep keluarga, serta dimensi emosional dari makanan itu, seperti proses ketika memasaknya, dan juga saat mengonsumsinya. Semua merupakan ilustrasi keanekaragaman pangan dan kuliner Kepulauan Nusantara, termasuk bumbu dan rempahnya.

Hadir pada acara peluncuran buku, talk show, demo masak, dan food tasting, yang dipandu oleh penulis Pangesti Boedhiman adalah para kontributor artikel, serta pemerhati dan pegiat pertanian, pangan, dan kuliner.

Buku “Comfort Food Memoir. Kisah Makanan Yang Menenangkan Beserta Resepnya” yang dapat di unduh dari link bit.ly/comfortfoodbook . Buku ini memperoleh sambutan khusus dari Utusan Khusus Presiden RI Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan; Founder & Executive Director, World Food Travel Association; serta Founder & President, Gourmand World Cookbook Awards.

Sumber : Siaran Pers Omar Niode Foundation

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

A
AH
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini