Keragaman Budaya Indonesia Meriahkan Pembukaan Asian Para Games 2022

Keragaman Budaya Indonesia Meriahkan Pembukaan Asian Para Games 2022
info gambar utama

Upacara pembukaan Asian Para Games 2022 (AiPG) di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, China, Minggu (22/10), berlangsung meriah. Setiap negara peserta tampil memukau dalam sesi parade atlet atau defile atlet.

Dilansir dari Antara, Selasa (24/10), kontingen Indonesia berhasil mencuri perhatian setelah membawa dan memamerkan kekayaan budaya Nusantara saat defile pembukaan Asian Para Games 2022. Skuad Garuda berada di urutan kesembilan setelah India pada parade tersebut.

Atlet Para atletik Riadi Saputra mengenakan baju adat Kalimantan, sementara atlet Para angkat besi Dwiska Maharani memakai baju adat Sumatra. Keduanya menjadi pemimpin barisan dengan membawa bendera Merah Putih.

Asian Games 2022 Tuntas, Giliran Atlet Difabel Indonesia Beraksi di Asian Para Games 2022

Tampilkan keragaman budaya

Kontingen Indonesia yang berada pada bagian depan mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun busana adat yang dikenakan, di antaranya berasal dari Lampung, Palembang dan Bali untuk wanita, sedangkan untuk laki-laki berasal dari Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan Aceh.

Deputi Chef de Mission (CdM) Indonesia, Andi Herman yang turut hadir dalam defile kontingen mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja ingin membawa konsep Indonesia dengan menampilkan beragam pakaian adat yang mewakili etnis maupun wilayah.

Menariknya, seragam para atlet RI juga dihiasi dengan motif songket Sumatra dengan benang perak motif bintang berantai pada bagian lengan. Motif bintang berantai ini menyiratkan kesatuan dari bintang-bintang yang menyimbolkan kemenangan. Pesan ini diharapkan dapat mendorong para atlet untuk maju dan menang.

Sebagai informasi, Indonesia mengirimkan 130 atlet dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou yang berjuang di 12 cabang olahraga. Tim Indonesia berharap agar mereka mampu masuk dalam jajaran 10 besar klasemen medali dengan merebut 19 emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Prestasi Gemilang di Asian Games 2023, Para Atlet dapat Infrastruktur Latihan Lebih Baik

Referensi:

Antara. Tim Indonesia Bawa Keragaman Budaya Nusantara di Defile APG Hangzhou. https://www.antaranews.com/berita/3786783/tim-indonesia-bawa-keragaman-budaya-nusantara-di-defile-apg-hangzhou

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini