UN1TY: Boygrup Indonesia yang Menginspirasi

UN1TY: Boygrup Indonesia yang Menginspirasi
info gambar utama

UN1TY merupakan boygrup asal Indonesia di bawah naungan 1ID Entertainment yang memiliki 6 member dari berbagai daerah di Indonesia sebagai anggotanya, yaitu Fajri, Fiki, Fenly, Gilang, Shandy dan Zweitson.

UN1TY berasal dari ajang pencarian bakat yang diselenggarakan oleh Famous All Star melalui 1ID Music Project yang dicetuskan oleh Patrick Effendy. Acara perncarian bakat ini dimulai dengan audisi online yang diikuti oleh 500 peserta.

Dari 500 peserta yang mendaftar, terpilih 30 orang untuk melakukan training. Namun, saat training berlangsung hanya ada 19 peserta yang bisa hadir, sementara yang lain berhalangan hadir atau juga mengundurkan diri. Training berlangsung selama kurang lebih dua bulan dengan penilaian dan eliminasi setiap minggunya.

Debut

Setelah melalui proses training, terdapat 8 peserta 1ID Music project yang terpilih untuk debut dengan nama UN1TY. Nama UN1TY diambil dari kalimat "Unity in deversity" yang berarti kesatuan dalam keberagaman atau Bhinneka Tunggal Ika.

Nama ini diberikan karena para member UN1TY berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Delapan orang tersebut adalah Fajri dari Bandung, Farhan dari Jakarta, Fenly dari Gorontalo, Fiki dari Palembang, Gilang dari Makasar,Ricky dan Shandy dari Bukittinggi dan Zweitson dari Salatiga.

UN1TY mulai debutnya dengan merilis dua single, yakni "Coba Cintaku" dan "Satu". "Coba cintaku" berhasil mencapai peringkat ke-43 di Billboard Indonesia Top 100 sebulan setelah tanggal rilis dan peringkat ke-19 di Langit Musik Top 50 edisi Januari 2020.

Video musik pada lagu ini berlatar di Korea yang mana perjalanan UN1TY ke Korea bukan hanya untuk shooting video musik "Coba Cintaku", tapi juga sebagai hadiah audisi yang sudah mereka jalani serta untuk tau lebih dekat industri musik di Korea.

UN1TY di Korea | Foto: instagram @un1ty_official
info gambar

Pada tanggal 5 Februari 2020 memalui siaran langsung di salah satu platform siaran langsung, UN1TY mengumumkan nama fandomnnya yaitu YouN1T. Nama YouN1T sendiri merupakan gabungan dari kata you yang berarti kamu, UN1TY dan 1. Without YouN1T there’s no UN1TY.

Pada tanggal 20 Maret 2020, UN1TY merilis single ketiga mereka yang berjugul "Pangeran TIdur". Di mana beberapa waktu setelahnya diberlakukan PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Adanya aturan PSBB ini menjadikan rencana-rencana UN1TY seperti promosi harus dibatalkan. UN1TY yang memang tinggal bersama di satu rumah juga harus tetap di rumah saja.

Hampir Bubar

Pandemi tidak menghalangi UN1TY dalam berkarya, UN1TY aktif membuat konten-konten di sosial media mereka, mulai dari membuat cover project, nge-vlog, sampai siaran langsung di salah satu aplikasi siaran langsung setiap Sabtu Malam. Namun ternyata itu tidak bisa membuat UN1TY bertahan sehingga hampir dibubarkan .

Akan tetapi, single kelima UN1TY yang berjudul "No Mellow" naik karena dukungan para YouN1T menjadi top request di MTV Amerika selama belasan minggu berturut-turut. Hal ini mejadi penyemangat UN1TY dan menambah rasa percaya diri mereka bahwa mereka bisa terus mewarnai industri musik Indonesia.

UN1TY sebagai top request di MTV Amerika | Foto: Instagram @un1ty_official

Setelah lagu-lagu mereka sebelumnya selalu dibuatkan oleh produser mereka yakni Patrick Efendi, UN1TY akhirnya mulai belajar mulai menulis lagu mereka sendiri pada lagu keempat dan pada tahun 2021 di single keenam mereka yang berjudul "Restu Waktu" dan single ketujuh "Baby", UN1TY murni menulis lagunya sendiri.

Seperti yang kita tau bahwa Korea Selatan telah menjadi kiblat boygroup atau girlgroup beberapa tahun terakhir, tetapi UN1TY tidak mengadopsi semua budaya boygroup yang ada di Korea Selatan.

Pada boygroup Korea Selatan sering kali ada istilah leader dan visual, tapi UN1TY tidak menggunakan itu. Masa awal UN1TY ini memberikan kesempatan bagi para member untuk menonjol dengan karakter mereka sendiri dengan menjadikan satu orang sebagai center di setiap satu lagu.

Pada awal tahun 2022 UN1TY merilis single kedelapan mereka yang berjudul "So Bad" dengan Fenly sebagai center. Ini berarti setiap dari mereka sudah menjadi center dari setiap single dengan berbagai genre sesuai dengan karakter suara mereka masing-masing.

"It's Alright" menjadi single kesembilan mereka yang rilis pada tanggal 28 Juli 2022 dan menjadi lagu penutup album pertama UN1TY: In Deversity. Album ini berisi sebelas lagu yang terdiri dari sembilan single dan dua original soundtrack yang sudah mereka rilis sebelumnya.

Setelah pererilisan album UN1TY: In Deversity, UN1TY juga mengadakan fansign dan fanmeet dengan para fans di sejumlah kota yang ada di Indonesia. Fanmeet dengan jumlah yang terbatas karena masih era new normal, tidak menjadi penghalang ataupun mengurangi antusiasme para YouN1T untuk hadir. Bahkan, Farhan UN1TY menyebutkan ada YouN1T yang ikut datang ke beberapa kota.

Kehilangan Dua Member

Pada tanggal 14 Desember 2022, Ricky UN1TY di postingan instagramnya mengungkapkan bahwa per tanggal 3 November 2022 Ricky sudah tidak lagi menjadi bagian dari UN1TY. Ini merupakan kabar menyedihkan bagi para YouN1T karena pada 17 Desember 2022 UN1TY mengadakan konser pertama mereka dalam rangka merayakan anniversary yang ketiga yang bertajuk UN1VERSARY: The Show.

Sejak keluarnya Ricky, UN1TY tetap aktif dengan tujuh member-nya. Namun, beberapa bulan kemudian, tepatnya di tanggal 30 Maret 2023, Farhan UN1TY menyusul keluar dari UN1TY, yang diumumkan melalui kanal UN1TY.

Farhan tidak lagi berkarir bersama UN1TY dan memilih jalan karir sendiri, tapi masih tetap dalam manajemen yang sama yakni 1ID Entertaiment.

Kehilangan dua member merupakan tantangan baru bagi UN1TY, karena jika sebelumnya mereka membagi kekuatan dan semangat kepada delapan member, kini hanya enam member. Hal ini menjadikan setiap member UN1TY harus meningkatkan energi mereka agar tetap solid.

9 Juni 2023, UN1TY merilis single terbaru mereka dengan formasi baru yakni enam member. Single terbaru mereka ini berjudul "Ya Udah" yang bercerita pengalaman pribadi mereka di mana akan ada suatu hal yang terjadi tidak sesuai dengan ekpektasi kita dan disitulah kita hanya bisa bilang 'ya udah'.

UN1TY dengan formasi baru | Foto: Instagram @un1ty_official
info gambar

Referensi:

  • https://www.brilio.net/creator/un1ty-boyband-asal-indonesia-yang-kekinian-banget-a3d011.html#:~:text=Coba%20Cintaku%20dikemas%20dengan%20sangat,cinta%20yang%20lebih%20pantas%20dirinya.
  • https://web.archive.org/web/20200215021603/https://billboardid.com/billboard-indonesia-top-100-un1ty-coba-membangkitkan-kejayaan-boyband-lokal-dengan-coba-cintaku/
  • https://youtu.be/fERe_4klyVU?si=ccgXxAn3qVr5kyuD

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini