Kebudayaan Lokal Yang Mulai Terlupakan Oleh Masyarakat

Kebudayaan Lokal Yang Mulai Terlupakan Oleh Masyarakat
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbunguntukMelambung

Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai macam jenis kebudayaannya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia mempunyai kebudayaan yang unik dan khas berdasarkan asal daerahnya. Kebudayaan Indonesia menyatukan seluruh budaya nasional, budaya lokal, dan budaya asal luar negeri yang ada di Indonesia sebelum kemerdekaan Indonesia.

Kebudayaan nasional Indonesia berdasarkan Pancasila dan merupakan hasil cipta, karya, dan prakarsa bangsa Indonesia yang membawa makna bagi pembangunan nasional dalam segala bidang kehidupan nasional. Kebudayaan di Indonesia antara lain rumah adat, pakaian adat, upacara adat, seni musik tradisional, senjata tradisional, makanan daerah dan bahasa daerah.

Meskipun berbeda-beda di setiap daerahnya, kebudayaan yang berbeda ini menjadi satu kesatuan di Indonesia sebagaimana yang tertulis pada semboyan Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Dilihat dari perkembangan zaman yang sudah modern, anak-anak dan para generasi muda sekarang sudah mulai lupa dan tidak peduli dengan kebudayaan Indonesia. Akibat perkembangan teknologi yang semakin canggih dan maraknya kebudayaan luar yang masuk, mereka lebih suka dengan kebudayaan luar dibandingkan dengan kebudayaan lokal.

Misalnya masakan tradisional Indonesia mulai tergantikan dengan makanan siap saji atau masakan luar negeri, tari-tarian tradisional Indonesia mulai dilupakan, pakaian adat Indonesia yang mulai dilupakan seperti kebaya, baju kurung, dan baju bodo. Mereka gemar memakai pakaian yang ketat dan terbuka layaknya budaya asing, dan bahasa Indonesia di daerah pun mulai dilupakan oleh masyarakatnya. Banyak anak muda yang lebih memilih menggunakan bahasa asing atau bahasa Indonesia baku dibandingkan bahasa daerahnya.

Menurut Edi Sedyawati (2006) saat ini kesadaran masyarakat dalam menjaga budaya lokal masih sangat terbatas. Masyarakat lebih menyukai budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu, pembelajaran tentang budaya harus ditanamkan sejak dini. Namun, saat ini banyak orang yang tidak lagi menganggap penting mempelajari budaya lokal. Hal ini dibuktikan dengan dalam setiap rencana pembangunan pemerintah, sektor sosial budaya masih mendapat kontribusi yang sangat minim.

Padahal melalui pemahaman budaya kita dapat belajar tentang pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya suatu negara dan bagaimana mengadaptasi budaya lokal dalam konteks pembangunan khususnya era globalisasi.

Melihat kebudayaan yang mulai dilupakan oleh para generasi muda, ini upayaku dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

1. Memiliki rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia.

2. Memperhatikan dan mempelajari kebudayaan di berbagai daerah di Indonesia.

3. Adanya perasaan bangga saat menceritakan kebudayaan Indonesia terlebih lagi kebudayaan dari daerah sendiri.

4.Mengadakan atau mengikuti acara tentang kebudayaan Indonesia.

5. Mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Indonesia khususnya anak-anak dan para remaja supaya mereka lebih mengenal kebudayaan Indonesia.

6. Memanfaatkan teknologi dan sosial media untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia ke ranah Internasional.

7. Tidak malu saat memakai pakaian adat dari daerah sendiri.

8. Tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan luar.

Itu adalah beberapa upayaku untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Sebenarnya kita sebagai generasi muda tidak ada salahnya mengenal kebudayaan luar untuk menambah wawasan, namun sebaiknya kita lebih mengenal dan mencintai kebudayaan kita sendiri agar kebudayaan lokal tidak terlupakan atau bahkan hilang.

Budaya lokal merupakan aset bangsa Indonesia yang perlu mendapat perhatian khususnya di era globalisasi saat ini. Kebudayaan nasional merupakan bagian penting dari negara Indonesia dan dapat dikembangkan serta dikelola dengan sebaik-baiknya.

Hal ini penting agar dapat berfungsi lebih luas, tidak hanya sekedar warisan atau adat istiadat masyarakat Indonesia yang hanya dirayakan atau diwujudkan pada saat perayaan Hari Sumpah Pemuda atau Hari Pahlawan.

Kebudayaan nasional harus menjadi salah satu aset bangsa Indonesia yang dapat menghasilkan pendapatan bagi masyarakat dan negara. Tentunya seluruh rakyat Indonesia harus mempunyai kesadaran dan pengamalan kebangsaan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini