Proses Luar Biasa, Prasturi Hadir dengan Cinta dan Dedikasi Menghadirkan Prestasi Gemilang

Proses Luar Biasa, Prasturi Hadir dengan Cinta dan Dedikasi Menghadirkan Prestasi Gemilang
info gambar utama

SMP N 1 Wonosari merupakan salah satu sekolah di Kecamatan Wonosari, Klaten, Jawa Tengah. Dimana sekolah ini terus mengembangkan sebuah prestasi akademik dan non akademik. Salah satunya yang paling terkenal adalah prestasi kepramukaan yang sering dikenal dengan nama "Pasukan Elit Prasturi". Kepramukaan di SMP N 1 Wonosari tergolong Pramuka terbaik didaerahnya.

Dalam pembinaan kepramukaan di SMP N 1 Wonosari sangat produktif dalam latihannya yang rutin dijadwalkan setiap hari sabtu. Di sini ekstrakulikuler pramuka wajib diikuti para siswa sejak kelas 7, dimana nantinya akan dibagi menjadi peserta reguler dan peserta calon inti. Peserta reguler mengikuti ekstrakulikuler disaat duduk di bangku kelas 7 saja, sedangkan untuk peserta calon inti nantinya akan disaring menjadi anggota inti dari "Pasukan Elit Prasturi" yang akan berlanjut menerima materi pramuka sampai mereka duduk di bangku kelas 9. Anggota inti ini yang nantinya akan mengikuti berbagai perlombaan kepramukaan.

Kedisiplinan, tanggung jawab serta pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur sangat dijunjung tinggi dalam kepramukaan SMP N 1 Wonosari. Selain itu juga dalam etika dan berbudaya serta dalam mengembangkan sebuah prestasi. Dalam latihannya para siswa akan diberikan materi pelajaran yang dikemas melalui teknik kepramukaan seperti pioneering (konstruksi dan tali temali), orienteering (penjelajahan), komunikasi (sandi, semboyan, isyarat, dan tanda jejak) dan teknik kepramukaan lainnya. Sebelum ke materi para siswa akan dikenalkan dengan sejarah kepramukaan dunia dan Indonesia. Pramuka SMP N 1 Wonosari juga selalu mengadakan perkemahan akhir tahun dan perkemahan untuk menjalin keakraban antara anggota inti satu maupun yang lainnya bahkan anggota inti yang sudah lulus atau sudah menjadi alumni. Aktivitas ini tentu bermanfaat dan dapat menumbuhkan rasa pemimpin, nilai kepramukaan, keterampilan umum, serta kecakapan khusus dan kebersamaan.

Prasturi sering kali memboyong piala kejuaraan dalam berbagai tingkat. Salah satunya ketika mengikuti perlombaan Jambore Cabang Klaten 2019 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Karangkadempel, Kepurun. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19-21 Desember 2019. Pramuka SMP N 1 Wonosari sangat mempersiapkan untuk bertarung dalam Jambore Cabang Klaten 2019. Para Kakak pembina sangat berkerja keras untuk melatih Adik-adiknya agar bisa berjuang dalam perlombaan. Untuk mempersiapkan itu semua para pembina membuat jadwal latihan setiap pulang sekolah. Dimana ketika waktu mendekati perlombaan latihan akan ditambah menjadi setiap hari. Latihan harus berjalan dengan disiplin dan penuh semangat serta dibutuhkan komitmen para anggota inti yang mengikuti perlombaan. Dalam sesi latihan akan diajarkan materi apa saja yang akan dilombakan, para anggota inti dituntut untuk bisa menguasai karena ini adalah bahan dari perlombaan. Para anggota inti yang mengikuti lomba dibagi menjadi 2 regu yaitu regu rajawali dan regu matahari. 2 regu ini harus mempunyai target setiap latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan peningkatan penguasaan materi dalam latihan.

Di hari pertama pelaksanaan Jambore Cabang Klaten 2019 dimulai pada tanggal 19 Desember 2019. Para kontingen berangkat pagi-pagi menuju lokasi perlombaan dengan tranportasi mobil truk. Sesampainya di Bumi Perkemahan Karangkadempel, Kepurun. Para peserta diminta untuk menurunkan barang-barangnya dan langsung membuat tenda setiap kontingen. Setelah selesai para peserta mengikuti lomba pioneering dimulai dari pukul 10.00-12.00 WIB. Dilanjutkan isoma setelah itu diadakan upacara pembukaan.

Proses upacara pembukaan dilakukan dengan hitman dan terlihat banyak kontingen dari SMPN lain yang mengikuti perlombaan ini dan menandakan bahwa persaingan akan ketat. Kegiatan ini berlanjut pada malam harinya yaitu perlombaan pentas seni yang akan ditampilkan masing-masing kontingen. Untuk kontingen SMP N 1 Wonosari mendapatkan urutan awal untuk mempersembahkan pentas seni dimana kontingen SMP N 1 Wonosari mempersembahkan kisah Pangeran Diponegoro. Persembahan ini dibawakan dengan lancar dan penuh percaya diri.

Cuplikan pentas seni kontingen SMP N 1 Wonosari
info gambar

Selanjutnya setelah selesai semua peserta diperbolehkan istirahat dan berlanjut kegiatan di esok harinya. Kegiatan esok hari pada tanggal 20 Desember 2019 dimulai pukul 07.00 WIB untuk apel pagi dan persiapan penjelajahan. Disamping itu ada perwakilan 1 orang/regu untuk mengikuti rally sepeda. Penjelajahan inilah, para peserta diuji dan mengeluarkan apa yang sudah dilatih selama ini. Kegiatan ini usai pukul 11.30 WIB dan dilanjutkan untuk ishoma. Pada pukul 13.30 WIB dilanjutkan perlombaan penggalang trengginas, disini para peserta diuji wawasannya tentang kepramukaan maupun materi umum. Setelah usai kurang lebih pukul 14.30 WIB peserta diperkenankan untuk ishoma. Setelah itu untuk diminta perwakilan 2 orang/regu untuk mengikuti camp craf dan anggota regu lain mengikuti outdoor games. Pada malam harinya dilanjutkan untuk kontingen yang belum mempersembahkan pentas seninya. Kegiatan di hari pertama dan kedua bisa dilewati anggota kontingen SMP N 1 WONOSARI dengan lancar dan tidak ada keluhan apapun.

Pada tanggal 21 Desember 2019 adalah hari terakhir kegiatan Jambore Cabang Klaten 2019 berakhir. Sebelum berakhir, para kontingen mengikuti olahraga bersama di lapangan utama. Dilanjutkan urus diri dan bakti masyarakat. Setelah semua kegiatan selesai, dilakukan upacara penutupan yang nantinya juga menjadi pengumuman kejuaraan masing-masing perlombaan.

Dan akhirnya, usaha tidak mengkhianati hasil. Kepramukaan siswa dan siswi SMP 1 Wonosari dengan latihan yang tidak lama membuahkan hasil, yaitu bisa membawa pulang :

  1. Lomba Pioneering : Juara 1 Putri dan Juara 2 Putra.
  2. Lomba Vlog : Juara 1 Putri dan Juara 1 Putra.
  3. Lomba Penggalang Trengginas : Juara 2 putri.
  4. Lomba Penjelajahan : Juara 1 Putri dan Juara 1 Putra.
  5. LKBB dan Yel-yel : Juara 1 Putri dan Juara 2 Putra.
  6. Lomba Isyarat dan Sandi : Juara 2 Putri dan Juara 1 Putra.
  7. Lomba Peta Lapangan : Juara 2 Putri.
  8. Lomba Menaksir : Juara 2 Putri.

Banyaknya prestasi yang diukir oleh Kontingen SMPN 1 WONOSARI dalam kegiatan Jambore Cabang Klaten 2019. Membuktikan bahwa prasturi telah berhasil mencetak generasi yang bermutu dan berpedoman sesuai dengan nilai kepramukaan serta tidak kekurangan talenta-talenta berbakat dan berprestasi.

Dari hasil jerih payah tersebut tak luput juga atas kerja keras kepala sekolah serta guru pembimbing antaranya Edi Santoso S.Pd dan Niken S.Pd serta guru yang lainnya.

Salutnya semua ini juga ada campur tangan Kakak pembina yang sudah menjadi alumni. Walaupun mereka sudah ada kesibukan lain, tetapi tetap meluangkan waktunya untuk membantu kepramukaan SMP N 1 Wonosari tetap maju dan berprestasi.

#kabarbaiksatuindonesia

Referensi :

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini