Bromo Telah Memulihkan Lukanya Sendiri

Bromo Telah Memulihkan Lukanya Sendiri
info gambar utama

Dampak dari ketidaksengajaan yang membuat salah satu wisata alami di Indonesia wilayah Jawa Timur, tepatnya Gunung Bromo menelan kerugian yang sangat besar bagi berbagai pihak tampaknya mulai mereda.

Hal ini dibuktikan dengan mulai menghijaunya tanah kebakaran Bromo tepatnya ditumbuhi banyak vegetasi disana. Vegetasi tersebut seperti rumput dan pakis yang memenuhi tanah kering bekas kebakaran sebelumnya.

Dilansir dari laman liputan6.com, menurut Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar (TNBTS) bernama Hendra memaparkan bahwa sebagian besar wilayah yang terdampak kebakaran lahan dan hutan sudah mulai ditumbuhi oleh vegetasi melalui proses suksesi oleh alam itu sendiri.

Dalam wawancara yang dilakukan olehAntara pada Minggu, 15 Oktober 2023 Hendra mengatakan bahwa sebagian besar savana Bromo telah ditumbuhi dengan vegetasi pakis dan rumput yang dominan.

Selain itu beberapa titik kawasan yang terkena lahapan api masih mempunyai vegetasi campuran serta terlihat warna hitam sisa kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Hendra tindakan reboisasi di kawasan tersebut akan dilakukan dalam waktu yang dekat. Pihak Balai Besar TNBTS sedang menyiapkan sejumlah perlengkapan seperti bibit pohon yang menjadi vegetasi endemik wilayah tersebut.

Dari hasil wawancara tersebut juga dapat dinyatakan bahwa vegetasi dapat ditemukan di lokasi tertentu saja vegetasi campuran seperti akasia dan pohon cemara yang masih tampak sisa kayu hitam bekas kebakaran seperti di Blok Bantengan, sementara untuk penanaman kembali akan dilakukan dalam waktu dekat ini menurutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa setelah dibuka kembali kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kunjungan wisata sudah meningkat. Kurang lebih 80-90 persen dari total kuota 2.700 wisatawan yang ditentukan per harinya. Jumah tersebut cukup banyak.

Seperti yang kita tahu bahwasanya masyarakat sempat dibuat jengkel dengan ulah rombongan foto prewedding yang membuat savana Gunung Bromo terbakar karena menggunakan flare di kawasan rerumputan kering. Seluas 989 hektar lahan telah hangus dilalap si jago merah serta menyebabkan kerugian hingga miliaran rupiah.

Diperkirakan nilai kerugian akibat kelalaian ini sekitar 8,3 miliar rupiah yang meliputi biaya pemadaman kebakaran jalur darat menembus 216 juta rupiah, kerugian hilangnya habitat makhluk hidup di kawasan savana Bromo serta biaya pemulihan ekosistemnya hingga 3,26 miliar rupiah.

Terakhir kerugian yang meliputi hilangnya kawasan wisata menembus angka 4,87 miliar rupiah. Ditambah ternyata nilai kerugian ini belum termasuk biaya pemadaman api yang dibantu Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) melalui pengiriman helikopter untuk water bombing.

Dalam kasus ini polisi sudah menetapkan Andrie Wibowo Rka Wardhana sebagai tersangka. Ia merupakan seorang penanggung jawab Wedding Organizer yang disewa oleh calon pengantin asal Surabaya yang ikut dalam rombongan tersebut.

Untuk 5 orang lainnya masih berstatus saksi antara lain pasangan pengantin Hendra Purnama dan wanita bernama Pratiwi Mandala Putri. Kemudian MGG sebagai kru prewedding, ARDV sebagai juru rias calon pengantin, dan ET sebagai crew prewedding turut menjadi saksi.

Dukungan dari berbagai pihak sangat berarti dalam pemadaman kebakaran ini baik dari pemerintah, warga sekitar, dan lain sebagainya. Kawasan Bromo yang menjadi mata pencaharian sebagian besar penduduk sekitarnya tidak akan dapat mulai pulih seperti sekarang jika kebakaran tidak segera dipadamkan.

Meskipun seperti yang kawan tahu jika pemadaman ini berlangsung cukup lama. Bromo tidak akan bisa memulihkan dirinya sendiri jika tidak ada bantuan pemadaman api dari banyak pihak. Akankah Bromo dapat kembali seperti sedia kala dengan sempurna? atau bekas hitam itu akan terus ada sebagai saksi bisu dari peristiwa kebakaran tersebut?

#kabarbaikindonesia #bromo #gunung bromo #pulih #lahanmenghijau #indonesia

Sumber:

https://www.liputan6.com/news/read/5423914/kawasan-savana-bromo-kembali-menghijau-usai-kebakaran-akibat-flare-foto-prewedding?page=4

https://news.detik.com/berita/d-6983385/savana-bromo-menghijau-lagi-usai-terbakar-gegara-flare-prewedding

https://www.liputan6.com/news/read/5424543/3-fakta-kawasan-savana-gunung-bromo-yang-kembali-hijau-usai-kebakaran-akibat-flare?page=4

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NJ
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini