Menilik Keindahan “Tamansari” Tempat Pemandian para Raja

Menilik Keindahan “Tamansari” Tempat Pemandian para Raja
info gambar utama

Berlibur tentunya menjadi hal terasik dan dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan penat. Diantara banyaknya tempat liburan yang pernah saya datangi, ada satu tempat yang menarik dan membekas di ingatan saya.

Awal tahun 2023 lalu, saya dan teman-teman sedang melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) di daerah Yogyakarta. Tentunya, untuk menghilangkan penat, kami rutin setiap weekend menikmati wisata yang ada di Yogyakarta. Daerah Yogyakarta tentunya sudah sering kita dengar memiliki berbagai macam tempat unik dan bersejarah, mulai dari candi Borobudur sampai keindahan alam nya.

Namun, taukah kalian, bahwa saya menemukan tempat unik yang tersembunyi di kota tersebut. Yup betul sekali, nama tempat ini adalah Tamansari yang terletak di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Menurut informasi yang saya dapat, Tamansari adalah Taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Yogya dan keluarganya. TamanSari dikenal sebagai bekas istana keraton yang dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I.

Tempat ini memiliki keindahan tersendiri yang mencakup arsitektur yang indah, air mancur, dan kolam-kolam yang menawan. Tiket masuk tempat ini terjangkau, hanya Rp. 5000/orang, sedangkan bagi wisatawan asing atau turis mancanegara dikenakan tarif Rp. 15000/orang. Adapun biaya tambahan jika kami membawa kamera dan kendaraan.

Kolam Pemandian Raja
info gambar

Jarak tempuh dari kota Yogyakarta sendiri ke destinasi wisata Tamansari tidaklah sulit, saya dan teman-teman berangkat menggunakan motor, dan hanya perlu membayar parkir Rp.2000. Kebetulan, waktu itu kami datang di hari libur, dan pengunjung nya lumayan banyak, namun tidak mengurungkan niat kami untuk menelusuri keindahan Tamansari tersebut.

Ada beberapa spot menarik yang saya dan teman-teman datangi di Tamansari ini. Pertama adalah bagian kolam pemandian. Pada bagian ini, saya takjub melihat indahnya bangunan arsitektur yang terdapat di kolam pemandian ini, membayangkan bagaimana dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat pemandian untuk sultan dan keluarganya bersenang-senang.

Pada Bagian kolam sendiri, terdiri dari 2 buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam berasal dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.

Bangunan Tamansari : Dokumentasi Pribadi
info gambar

Kemudian, sedikit masuk ke dalam bangunannya, saya menaiki lantai paling atas. Disana terdapat sebuah ruangan dengan jendela yang terpasang besi-besi panjang. Dari tempat tersebut, kita bisa melihat dengan jelas dan cantiknya keindahan kolam pemandian dari atas.

Selain itu, terdapat pula sebuah Lorong yang disebut Lorong Sumur Gumuling, konon katanya Lorong tersebut jika ditelusuri bisa sampai ke pantai selatan. Sepanjang Lorong yang saya lalui terdapat bagian atau tempat untuk bertapa, yang salah satunya khusus untuk pertapaan raja, namun khusus tempat tersebut ditutup jeruji besi dan tidak dibuka untuk umum.

Foto Bangunan Tamansari: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Menilik bagian lain dari Tamansari yang menjadi favorit saya adalah bagian yang dinamakan Pulo Cemeti yang merupakan nama lain dari Pulo Kenanga. Tempat tersebut merupakan sebuah bangunan tinggi yang berfungsi sebagai tempat beristirahat sekaliggus sebagai tempat pengintaian.

Bangunan inilah satu-satunya yang akan kelihatan apabila kanal air dibuka dan airmengenangi kawasan Pulau Kenanga ini. Dari atas sini, kita dapat melihat keindahan kota Yogyakarta dan sekitarnya. Sebenarnya masih banyak spot yang saya datangi seperti Gedhong Gapura Hageng, Gedong Kembar, Gedong Gande, dan Gedong Malang, dan tempat lainnya.

Foto Bangunan Tamansari. Sumber: Dokumentasi pribadi)
info gambar
Foto Di area Tamansari: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Selain keindahan-keindahan tersebut, saya mendapati bahwa warga sekitar sangatlah ramah kepada wisatawan. Disekitar Tamansari, saya mendapati dikelilingi oleh taman yang asri dan tumbuhan tropis yang hijau, yang menambah kesan tenang.

Menurut saya, berkunjung ke Tamansari menjadi pengalaman yang sangat berharga, karena dapat melihat bangunan-bangunan yang tidak hanya unik dari segi daya tarik, namun tentunya mengandung makna sejarah dan ceritanya sendiri. Saya sangat merekomendasikan Tamansari menjadi tempat yang wajib anda kunjungi Ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini