5 Teknologi pada Mobil Penunjang Kenyamanan dan Keamanan Pengendara

5 Teknologi pada Mobil Penunjang Kenyamanan dan Keamanan Pengendara
info gambar utama

Di era pesatnya teknologi saat ini, menjadikan manusia lebih melek dengan berbagai teknologi yang telah ada. Tak terkecuali pada dunia otomotif, mobil menjadi bukti nyata berkembangnya teknologi saat ini.

Berbagai fitur teknologi telah berkembang untuk menunjang pengendara mendapatkan pengalaman berkendara. Mulai dari keamanan, kenyamanan, dan kegembiraan saat berkendara.

Namun kebanyakan mobil yang memuat teknologi canggih hanya terdapat pada mobil flagship atau menengah keatas, tetapi tidak mengukir kemungkinan bisa disematkan pada mobil menengah ke bawah.

Teknologi yang ada pada mobil-mobil ini menyasar pada kebutuhan pelanggan. Para produsen terus berinovasi dengan Berkembangnya zaman agar tetap sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Jadi, teknologi mobil apa yang ada saat ini kawan? Berikut beberapa di antaranya.

Autopilot

Sistem yang terdapat pada mobil tesla. Saat ini banyak produsen mobil menyematkan teknologi ini untuk memudahkan para pengendara.

Fitur AutoPilot dilengkapi dengan serangkaian kamera, radar, sistem pengereman yang dikendalikan secara digital dan presisi tinggi.

Kemampuan untuk bisa menyesuaikan kecepatan mobil dengan kondisi lalu lintas di sekitar, sehingga mengupayakan pengendara saat menggunakan fitur ini tetap nyaman berkendara disegala kondisi lalu lintas.

Internet of Vehicle

Fitur modern selanjutnya yaitu IoV. Wuling Air EV, salah satu mobil yang menggunakan system ini.

Terobosan terbaru dari teknologi dunia otomotif. IoV adalah sebuah platform yang ada pada sistem dalam mobil.

Tugas dari system IoV untuk menyerap berbagai informasi yang berasal dari lingkungan, pengemudi dan kendaraan yang lain. Teknologi ini membuat sistem navigasi berkendara menjadi lebih aman, sehingga manajemen lalu lintas disekitar bisa semakin lancar.

Voice command

Berikutnya mobil modern dengan fitur Voice Commad. Saat ini teknologi ini terdapat pada mobil Wuling Almaz

Teknologi voice command yang disematkan memungkinkan pengemudi maupun penumpang mampu mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur di mobil hanya melalui ucapan.

Fitur yang memudahkan saat berkendara, karena hanya dengan ucapan saja berbagai hal bisa dilakukan secara mudah.

Parking Assist

Teknologi yang memudahkan pengendara selanutnya yaitu Parking Assist. Salah satu mobil yang menggunakan teknologi ini yaitu Mobil Toyota Alphard

Fungsi dari fitur Park Assist adalah alat bantu parkir otomatis yang membantu pengemudi parkir dengan lebih presisi, menggunakan teknologi sistem panduan yang menyaingi solusi berbasis ultrasonik dan kamera lainnya dengan teknologi unggul dan canggih.

Sistem panduan parkir (PGS) berpusat pada pelanggan dalam banyak hal. Adanya teknologi ini memudahkan pengemudi saat melakukan parker.

Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Terakhir teknologi yang kawan harus ketahui yaitu sistem ADAS. Fitur ini terdapat pada mobil Wuling Almaz RS Pro.

ADAS adalah sekumpulan teknologi pada mobil yang dirancang untuk membantu pengemudi dalam mengemudi, mengurangi stres, dan meningkatkan keselamatan di jalan.

Menggunakan system untuk mengetahui kesalahan pengendara menggunakan AI, sensor, kamera, dan automasi guna mengenali real time obyek saat berkendara.

Meskipun tidak menggantikan peran pengemudi, ADAS berfungsi sebagai asisten yang mengambil tindakan preventif atau intervensi saat terdeteksi adanya situasi berisiko.

Bertambahnya berbagai teknologi yang ada pada fitur-fitur mobil, menjadikan pengendara terbantu dalam keefisian penggunaan di jalan raya. Namun tak menuntut kemungkinan harga yang didapat bagi pengguna akan meningkat.

Berbagai inovasi teknologi canggih yang ada di dunia otomotif. Menuntut perusahaan khususnya produsen mobil mengupayakan menciptakan pengalaman berkendara secara nyaman, aman, dan bahagia. Sehingga produsen mobil harus menyesuaikan kebutuhan pengguna dengan teknologi yang mereka ciptakan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini