Habis Gelap Terbitlah Terang: Noer Chanief dan Peran Besarnya dalam Inovasi Listrik

Habis Gelap Terbitlah Terang: Noer Chanief dan Peran Besarnya dalam Inovasi Listrik
info gambar utama

Sejak lampu Edison pertama dinyalakan hingga teknologi canggih yang memberi kehidupan pada perangkat elektronik modern, listrik telah menjadi nadi yang menggerakan dunia. Tanggal 27 Oktober, diperingati sebagai hari listrik nasional, seolah mengingatkan kita akan peran vital energi listrik dalam kehidupan sehari-hari, merenungkan betapa berharganya inovasi dalam bidang energi ini, pentingnya konservasi, dan penggunaan yang bijak agar di masa depan energi yang lebih berkelanjutan akan membawa manfaat bagi seluruh umat manusia.

Dilansir dari laman Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), pada tahun 2022, Presidensi G20 Indonesia menjadikan Sustainable energy transition atau transisi energi berkelanjutan sebagai salah satu isu prioritas. Namun di sisi lain, Indonesia sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau dengan berbagai kondisi geografis dan demografis, menghadapi tantangan kompleks dalam menjalankan usaha menyebarkan akses listrik secara merata ke seluruh penduduknya. Meskipun telah terlihat perkembangan yang signifikan di bidang energi dalam beberapa tahun terakhir, masih ada banyak wilayah di pedesaan dan pedalaman yang belum terjangkau dengan jaringan listrik nasional.

Dalam menghadapi dilema ini, seorang guru SMK Negeri 1 Blora, Jawa tengah, berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat bergantung kepada listrik. Perkenalkan Drs. Noer Chanief, pria kelahiran Jogja yang tinggal di Blora, penemu teknologi sederhana penghasil listrik.

Dari Solusi Masalah Penerangan Jalan hingga Prestasi Nasional

Situasi gelap jalan pada malam hari menjadi keresahan masyarakat yang membangkitkan rasa prihatin Pak Noer untuk mengatasi permasalahan penerangan jalan desanya tersebut, ditambah banyaknya destinasi wisata Blora yang berada di daerah pegunungan tidak mendapat fasilitas listrik. Maka tercetus gagasan untuk menciptakan sebuah teknologi pembangkit energi terbarukan hibrid angin-surya yang diberi nama Oemah Setrum Pintar (Omset Pintar). Beliau percaya bahwa sebagai negara tropis Indonesia memiliki sumber energi surya yang dapat dimanfaatkan selain itu, Indonesia adalah negara kepulauan dengan garis pantai yang panjang, sehingga memiliki potensi angin yang cukup besar. Oleh karena itu, energi surya dapat dipadukan dengan energi angin untuk menghasilkan energi yang tidak hanya berasal dari sumber yang terjangkau, namun juga terbarukan dan ramah lingkungan karena bebas dari emisi karbon.

Tidak berhenti sampai di sana, hingga saat ini Pak Noer yang dikenal sebagai inovator masyarakat terus menciptakan berbagai teknologi sederhana penghasil listrik, di antaranya pengisi baterai sepeda listrik dari solar panel, sepeda statis untuk mengisi daya handphone dan laptop dari energi gowes, serta emergency lamp 12 Jam Berbasis AA.

Berkat karya-karya mandiri Pak Noer yang inovatif dan tentunya berdampak besar bagi masyarakat, belau telah meraih berbagai pencapaian. Ini dimulai dengan partisipasinya pada KRENOVA Kabupaten Blora dan KRENOVA Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2017. Omset Pintar keluar sebagai juara utama pada gelaran acara tersebut dan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Selanjutnya di tahun 2018, beliau juga berhasil mengikuti program Business Camp Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang kemudian berlanjut kepada program yang sama di tahun 2019.

Puncak pencapiannya terjadi pada tahun 2020, ketika Pak Noer diakui dan mendapatkan penghargaan sebagai Inovator Masyarakat Tingkat Nasional yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

"Sekecil apapun energi yang kita dapat, itu akan sangat bermanfaat," ujar Pak Noer Chanief. Dengan tekad untuk menciptakan solusi bagi tantangan akses listrik, beliau telah membuktikan bahwa bahkan energi kecil pun memiliki dampak besar.

Harapannya adalah agar generasi muda dapat terinspirasi dan termotivasi oleh inovasi dan dedikasi Pak Noer Chanief dalam bidang energi terbarukan, memecahkan masalah energi dan berkontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan sehingga dapat menciptakan perubahan positif dalam masyarakat dan lingkungan.

#kabarbaikdariindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini