kemegahan dan keindahan masjid syeikh yang berada di kota solo bernuansa timur tengah

kemegahan dan keindahan masjid syeikh yang berada di kota solo bernuansa timur tengah
info gambar utama

Tahukah kawan kawan GNFI, indonesia memiliki masjid yang memiliki kesamaan dengan masjid yang berada di timur tengah, tepatnya masjid tersebut berada di kota solo tempat lahir dan besarnya presiden kita saat ini yaitu bapak jokowi dodo.masjid ini berdiri pada tanggal 14 november 2022 namun dibuka setelah beberapa minggu peresmian. Masjid syeikh zaid ini mengkombinasikan antara timur tengah dengan budaya local sehingga semakin indah untuk berfoto foto sekitar pelantaran masjid ini. Masjid ini terletak dekat dengan stasiun solo berjarak antara 1,3km. Masjid ini dibuka mulai dari jam 03.oo WIB hingga 21.00 WIB namun ketika bulan ramadhan dibuka 24jam sehingga kita bisa sahur bersama disana karena disediakan oleh pihak pengurus masjid.

dengan adanya masjid ini berarti kita sudah menjalin hubungan baik antar negara kita dengan negara lain dan seharusnyaa kita sebagai umat muslim bangga memiliki masjid yang semegah dah sebagus ini.uniknya! Sebelum kita masuk ke masjid tersebut di depannya terdapat beberapa orang yang menawari kita kantong plastik kresek untuk menyimpan sendal atau sepatu kita agar tidak hilang nantinya. Namun dengan adanya penjual kantong plastik ini membuat kebersihan kurang diperhatikan ketika saya pribadi pada tanggal 26 maret 2023 kesana ada beberapa kantong plastik di taman bunga, halaman masjid oleh karena itu bisa lebih tingkatkan kebersihannya agar lebih nyaman. Tetapi nyaman didalam karena menggunakan AC central yang ditaruh di dinding -dinding, sejadah yang lembut menambah kenyaman ketika kawan-kawan GNFI beribadah dan berdoa.

Sesampainya saya memasuki kedalam masjid atau bahkan masih berada di teras terasnya saya merasa takjub akan keindahan nuansa warna antara emas bercampur biru yang membuat masjid semakin indah atau remaja remaja sekarang bilangnya aesthetic.ditambah pada malam hari ini ada beberapa foto yang saya ambil dari depan dan halaman masjid dan depan masjid.

Tidak hanya bagus namun masjid ini memiliki parkiran yang biasa digunakan oleh staff dan pengurus masjid sehingga ketika kawan kawan GNFI ingin berkunjung bisa memarkir kendaraan kawan kawan GNFI di sekitaran altar masjid dengan dipungut biaya mulai dari motor 2000 rupiah mobil 4000 rupiah .Masjid ini memiliki tempat wudhu dan toilet yang berada di bawah tanah atau basement jadi cukup memiliki nuansa yang seru dan unik ketika kawan GNFI beribadah ataupun hanya sekedar ingin berkunjung untuk melihat lihat masjid syeikh zaid ini.

di depan masjid ini terdapat angkringan atau masyarakat solo menyebutnya hik. Masjid ini terinspirasi oleh masjid di abu dhabi GRAND MOSQUE dan di implementasikan ke masjid syeikh zaid yang di solo ini tetapi ini versi lebih kecil atau mini di bandingkan dari yang di abu dhabi tersebut. Kerjasama ini terjalin sudah lama sejak tahun 1976 sampai sekarang.

Masjid syeikh zaid ini mengkombinasikan antara timur tengah dengan budaya local sehingga semakin indah untuk berfoto foto sekitar pelantaran masjid ini, selain indah , masjid syeikh zaid ini memiliki keamanan yang lengkap mulai dari CCTV yang berada di setiap sudut masjid,mental detector sebelum memasuki masjid, penjagaan security yang sigap bila anda membutuhkan pertolongan atau bantuan pada saat bingung tentang masjid.

Bagaimana kawan kawan GNFI apakah diaantara kawan kawan ada yang tertarik ke masjid syeikh zaid? Kawan- kawan tidak perlu jauh jauh ke abu dhabi kita tinggal ke kota solo saja selain berkunjung untuk wisata religi karena memang banyak yang kemasjid tersebut memang sengaja ingin berkunjung karena penasaran atau memang tidak sengaja melewati masjid syeikh zaid tersebut. Semoga dengan pengalaman pribadi yang saya tulis ini bisa dijadikan gambaran ketika kawan-kawan GNFI berkunjung kesana. Dengan adanya masjid ini saya sangat berterimakasih karena diri pribadi menyukai masjid ditambah dengan nuansa timur tengah menjadikan nilai tambah untuk masjid syeikh zaid ini dengan mengambil referensi dari artikel milik zhafirah nurul syarafina https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/10/28/melihat-replika-masjid-megah-khas-timur-tengah-dari-uae-masjid-sheikh-zayed

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini