Referensi Wisata Budaya di Yogyakarta

Referensi Wisata Budaya di Yogyakarta
info gambar utama

Jogja merupakan kota sejuta makna, bukan hanya terkenal sebagai kota pelajar tetapi juga terkenal akan budaya kentalnya. Ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari museum, candi, ataupun pertunjukan seni. Inilah beberapa referensi wisata budaya di Yogyakarta yang wajib dikunjungi ketika rekreasi ke kota pelajar ini. Ada apa aja nih, yuk simak bareng-bareng!

1. Candi Sambisari

Candi Sambisari_Yogyakarta
info gambar

Candi Sambisari merupakan candi Hindu di Yogyakarta yang memiliki arsitektur dan letak yang unik. Keunikan dari letak candi ini yaitu, Candi Sambisari terletak di bawah permukaan tanah, berbeda dengan candi candi pada umumnya. Candi ini terletak sekitar 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Kondisi candi yang berada di bawah tanah ini diduga akibat tanah pasir dan bebatuan yang terbawa oleh letusan Gunung Merapi. Hal ini mengakibatkan Candi Sambisari ikut terbenam dalam timbunan, sehingga posisinya lebih rendah dari permukaan tanah.

Lokasi dari candi ini berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif liburan, refreshing atau hanya sekedar berfoto ria ketika di Yogyakarta.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja Ikon Yogyakarta
info gambar

Saat berkunjung ke Yogyakarta, rasanya belum afdol jika belum mengunjungi salah satu ikon kota Yogyakarta ini. Tugu Jogja merupakan bangunan yang berada di tengah tengah simpang empat jalan yaitu, Jalan Soedirman, Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan AM Sangaji dan Jalan Diponegoro.

Tugu ini memiliki simbolis tertentu dan merupakan garis imajiner lurus yang menghubungkan Gunung Merapi, Pantai Parangtritis, dan Keraton Yogyakarta. Di area Tugu Jogja ini banyak sekali kulineran yang wajib banget untuk dicoba.

3. Alun Alun Kidul

Odong-Odong Alun Alun Kidul
info gambar

Alun alun kidul cocok sekali sebagai salah satu pilihan wisata yang menarik, terutama ketika sore dan malam hari. Ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan yakni permainan pasangin. Permainan ini cukup sederhana dilakukan dengan cara menutup mata dengan kain penutup lalu berjalan lurus sehingga dapat menuju ke bagian tengah tengah ringin kurung/ sepasang pohon beringin di alun-alun kidul ini.

Selain itu, aktivitas yang dapat dicoba adalah menaiki odong odong ataupun bersantai sambil mencicipi kulineran khas alun alun kidul ini.

4. Candi Prambanan dan Sendratari Ramayana

Candi Prambanan
info gambar

Sebagai peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memang memiliki pesona dan daya tarik wisatawan tersendiri. Selain memperlihatkan bangunan kokoh, menjulang tinggi candi ini juga mengemas berbagai cerita menarik yang terpahat dalam relief candi. Ada berbagai candi mulai dari candi utama ataupun candi candi lain yang dapat dikunjungi ketika rekreasi ke candi ini.

Apabila mengunjungi candi prambanan, janganlah melewati kesempatan melihat pertunjukan tari sendratari Ramayana.

Dalam pertunjukannya, seluruh kisah Ramayana dikemas dengan apik dan menarik, dengan ratusan penari yang rupawan, gerakan yang luwes, serta perpaduan musik gamelan. Belum lagi dengan tata panggung dan tata cahaya yang menambah keindahan pertunjukan ini.

Dalam pertunjukan ini tidak ada dialog yang dilakukan oleh para penari. Hanya ada narator yang menceritakan jalan cerita dengan bahasa jawa. Namun, jangan khawatir, bagi yang tidak bisa bahasa Jawa, akan ada narasi berbahasa Indonesia dan Inggris.

Nah, itu tadi beberapa referensi wisata budaya di Yogyakarta yang bisa digunakan sebagai alternatif tujuan ketika wisata ke kota pelajar ini. jangan lupa untuk mampir, ya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

HB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini