RI-Lithuania Kerja Sama Bangun Infrastruktur Digital dan Produk Susu

RI-Lithuania Kerja Sama Bangun Infrastruktur Digital dan Produk Susu
info gambar utama

Pemerintah Republik Lithuania yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Gabrielius Landsbergis menyatakan siap bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun sistem eletronic government. Menanggapi penawaran itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pihak Indonesia terbuka untuk menjajaki kerja sama di bidang data dan keamanan siber.

Airlangga secara spesifik menyebut bahwa Indonesia tertarik untuk berkolaborasi dalam pengembangan proteksi data dan copyright atau hak cipta. Dia menyebut, pemerintah saat ini tengah fokus menciptakan zero blank spot. Artinya, seluruh pulau di Tanah Air harus memiliki sinyal komunikasi.

“Untuk itu, kami ingin mengundang pihak Lithuania guna bekerja sama membangun infrastruktur, khususnya di sektor digital,” ujar Airlangga dalam pertemuan di kantornya, Senin (30/10/2023).

Di samping itu, dia turut menyampaikan harapan agar pihak Lithuania dapat mendukung proses aksesi Indonesia ke dalam Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Salah satu caranya, membagi pengalaman yang mereka miliki kepada Indonesia.

Indonesia dan PEA Kerja Sama Bangun Rumah Sakit Kardiologi di Solo

Sementara itu, Landsbergis menyambut baik permintaan itu dan mengatakan bahwa pemerintah Lithuania siap mendukung Indonesia untuk memenuhi semua persyaratan aksesi sebagai anggota OECD.

“Kami siap untuk membantu pelaksanaan pelatihan, mengirim para ahli, serta membentuk kelompok konsultasi dengan Indonesia,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan tersebut, Landsbergis juga mengajak Indonesia untuk bekerja sama dalam sektor produk susu (dairy product). Mengenai hal ini, perusahaan asal Lithuania disebutnya siap memenuhi persyaratan yang berlaku di Indonesia.

Selain membahas peluang kerja sama, kedua menteri ini juga mendiskusikan upaya percepatan penyelesaian perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU CEPA). Pihak Indonesia dan Lithuania meyakini bahwa IEU CEPA dapat mendorong peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa.

Landsbergis juga sempat menyinggung rencana asosiasi industrialis Lithuania untuk bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

“Nantinya, penandatanganan kesepakatan akan menjadi awal yang baik bagi kedua pihak untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di masa mendatang,” tukas Airlangga.

BUMN RI dan China Teken 31 Kerja Sama Senilai Rp214 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini