Pelestarian Cerita Panji pada Kesenian Ketoprak Tobong Kediri Jawa Timur

Pelestarian Cerita Panji pada Kesenian Ketoprak Tobong Kediri Jawa Timur
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbunguntukMelambung

Cerita kebudayaan dari daerahku adalah tentang Cerita Panji. Berkisah tentang kerajaan Kediri dan Jenggala dengan dua tokoh utama yaitu Raden Panji Inu Kertapati atau Asmorobangun dan Galuh Candrakirana atau Dewi Sekartaji. Cerita ini juga bersanding dengan epos Ramayana dan Mahabarata yang penyebarannya beriringan dengan agama Hindu di Jawa.

Cerita Panji pada Relief Candi

Relief di desa Gambyok, Kediri. (Dok.Lydia C. Kieven)

Relief di desa Gambyok, Kediri. (Dok.Lydia C. Kieven)

Pada masa Majapahit cerita Panji baru populer, berawal dari sastra tutur atau sastra kidung, lalu dituliskan, dan muncullah beragam variasi yang kemudian ditransformasikan hingga diabadikan dalam sebuah relief. Beberapa candi di Kediri Jawa Timur yang menggambarkan cerita Panji atau terdapat arti simbolik diantaranya sebagai berikut.

  1. Candi Surowono

Terletak di Dusun Surowono Desa Canggu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Terdapat relief yang menggambarkan cerita Ramayana Arjunawiwaha, Gagang Aking, Bubuksah, dan Sidapaksa pada cerita Sri Tanjung.

  1. Canda Tegowangi

Terletak di Desa Tegawangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Jawa Timur. Terdapat relief cerita Sudhamala yang menggambarkan ruwatan Dewi Durga. Terdapat pula perwujudan Yoni sebagai lambang kewanitaan.

Selain candi di Kediri Jawa Timur, juga terdapat pula relief yang terdapat di Candi Panataran Blitar yang juga terdapat penggambaran cerita Panji.

Sekilas Tentang Cerita Panji

Cerita Panji Kediri

Dokumentasi Pribadi : Pementasan Cerita Panji melalui kesenian tradisional ketoprak Tobong

Cerita Panji bukan hanya beredar di Kediri bahkan sudah menyebar di berbagai wilayah di Nusantara seperti Sunda, Bali, Lombok, Melayu, hingga ke berbagai negara di daratan Asia Tenggara. Cerita Panji kemudian terakulturasi ke lingkungan lokal. Beberapa wujud kesenian tradisional yang menggunakan cerita Panji diantaranya wayang, reog, ketoprak dan beragam kesenian daerah lainnya. Tentu kesenian tersebut juga sudah hampir punah dan semakin tergerus oleh zaman.

Salah satu kesenian di Kediri Jawa Timur yang masih mewujudkan eksistensinya untuk melestarikan budaya adalah Ketoprak Tobong. Ketoprak Tobong adalah kesenian tradisional yang pementasannya diadakan secara berkeliling dan berpindah tempat, bukan hanya pemain saja melainkan juga perlengkapan pentas.

Kehidupan tobong juga hampir sama seperti kaum Gipsy Mancanegara yang tidak punya tempat tetap. Tobong memiliki misi untuk melestarikan kebudayaan yang menjadi identitas Nusantara salah satunya dengan kesenian rakyat.

Implementasi Cerita Panji melalui Ketoprak Tobong

Ketoprak Tobong Sekartaji Tundung

Dokumentasi Pribadi : Serial Sekartaji Tundung dengan Tema Antara Cinta, Lara, Setia

Cerita Panji kali ini mengusung tema antara cinta, luka dan setia. Mengisahkan kisah cinta klasik antara Panji Asmorobangun dengan Dewi Sekartaji.Panji digambarkan sebagai Arjuna nan tampan seperti Bhatara Kamajaya yang sakti dan unggul dalam pertarungan dan peperangan. Sedangkan Candrakirana seperti tokoh Sumbadra dalam tokoh pewayangan purwa yang memiliki kecantikan seperti Bhatari Ratih.

Dalam kisahnya, Panji tokoh kesatria yang mampu memikat hati wanita. Gejolak pun muncul, lara pun tak terbendung hingga akhirnya Panji mendua hingga berpetualang dengan putri-putri lain, termasuk Endang Lukitosari. Namun banyaknya wanita tetap tidak bisa mengalahkan kesetiaan Candrakirana. Kesetiaan inilah yang akhirnya mengantarkan Candrakirana pada 'kemenangan hati' dan berhasil mendapatkan hati Panji kembali.

Dramatis dan melankolis pada pertunjukan kali ini, cerita dikemas lebih menarik dan mudah dipahami oleh penonton. Bukan sekedar cerita sejarah dua kerajaan melainkan juga terdapat nilai positif yang pantas diwariskan untuk generasi melania, salah satunya tentang kerukunan dan kesetiaan.

Khasnya Musik Gamelan pada Pertunjukan Ketoprak Tobong

Sumber image : Indonesiakaya.com

Gamelan Mengiringi Pementasan Ketoprak Tobong. Sumber Foto : Indonesia Kaya

Selain menikmati adegan demi adegan, Saya pun sangat menikmati permainan musik tradisional yang mengiringi pementasan dan ini menjadi ciri khasnya. Ciri khas pertunjukan ketoprak Tobong adalah iringan musiknya. Setiap dialog maupun kisah yang dipentaskan seperti Cerita Panji disampaikan melalui kreatifitas seperti komposisi musik gamelan, macapat, bahkan syair-syair. Penonton akan dihibur dengan suara sinden dan iringan gamelan yang khas.

Itulah cerita kebudayaan daerahku, Cerita Panji dengan konsep pertunjukkan Ketoprak Tobong. Semoga bukan sekedar pertunjukan belaka melainkan dapat melestarikan budaya hingga mendukung pelaku seni nusantara. Salam budaya, Kediri Berbudaya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini