5 Minuman Khas yang Jadi Primadona Warga Medan, Kawan Semua Wajib Coba!

5 Minuman Khas yang Jadi Primadona Warga Medan, Kawan Semua Wajib Coba!
info gambar utama

Saking kayanya khazanah kuliner Indonesia, menurut laman Bisnis tercatat lebih dari 5.300 jumlah kuliner di Indonesia pada tahun 2013. Bayangkan sekarang total jumlahnya, mungkin menyentuh angka 10.000 jenis. Selain makanan, tentunya kawan tak boleh lupa dengan sahabat pendamping menu makanan yaitu minuman.

Minuman seringkali menjadi penyelamat kawan semua dari rasa dahaga terutama saat siang hari yang panas. Minuman juga mampu meminimalisasi kondisi perut yang keroncongan.

Medan dikenal sebagai kota dengan wisata kuliner yang paling menjanjikan termasuk berbagai jenis minuman.

Entah itu minuman yang sifatnya panas atau pun dingin. Penulis kali ini akan memberikan 5 jenis toprecommended minuman khas Medan yang jadi primadona.

1. TST (teh susu telur)

Tak lengkap rasanya mengunjungi Medan tanpa meneguk segelas minuman berenergi yang satu ini. Teh susu telur atau yang disingkat TST ini sebenarnya bukan merupakan minuman tradisional asli dari Medan, melainkan dari Sumatera Barat. Sejarawan kota Medan Aziz Rizky Lubis seperti dilansir dari Tribun menjelaskan para perantau dari tanah minang datang ke Medan untuk bekerja dan membuka usaha. Minuman yang dinamakan ‘teh talua’ ini kemudian dicicipi oleh sultan Deli hingga menjadi salah satu minuman favorit para bangsawan kesultanan.

Hingga kini TST sudah menjadi minuman wajib harian bagi para pencari rupiah yang ingin me-recharge tenaganya setelah seharian bekerja. Biasanya minuman ini banyak dijumpai di warkop-warkop (warung kopi) atau tempat nongkrongnya para anak muda warga Medan. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp10.000 – Rp15.000.

Cara membuatnya kocok terlebih dahulu telur ayam kampung atau telur bebek bersama dengan campuran gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan menghasilkan busa berwarna putih. Kemudian seduh teh bubuk yang sudah tersedia di atas saringan dengan air panas yang mendidih. Terakhir tambahkan susu kental manis putih sesuai selera.

Setiap tegukan manis susu berpadu dengan telur ayam kampung/telur bebek berkhasiat mengembalikan stamina dan menghangatkan tubuh para kawan semua.

2. Teh tarik

Disebut teh tarik karena cara pembuatannya seperti sedang ditarik-tarik. Teh tarik merupakan minuman yang serupa dengan teh susu hanya cara penyajiannya yang sedikit berbeda. Dilansir dari Detik mengutip dari National Librarty Board of Singapore menyebut warga India muslim yang melakukan imigrasi ke Malaysia pada masa perang dunia ke II adalah yang pertama kali memperkenalkannya.

Bartender saling memindahkan teh susu tadi dari satu wadah ke wadah lain dengan cara menuangkannya dari wadah yang lebih tinggi ke wadah yang lebih rendah. Gerakannya seperti menuangkan air dari atas ke bawah layaknya membentuk aliran air terjun yang tinggi.

Cara penyajian ini menjadikan teh tarik terlihat berbusa layaknya TST, dari segi rasa teh tarik ini lebih ringan dan cocok bagi yang kurang menyukai aroma telur.

3. Puding telur ayam kampung/bebek

Puding yang penulis maksud bukanlah puding agar-agar yang manis dan kenyal itu, melainkan hidangan khas yang biasanya terbuat dari telur ayam kampung atau telur bebek.

Cara membuat puding ini sangat sederhana dengan merendam telur ayam atau telur bebek selama +- 5 hingga 7 menit dalam air mendidih hingga telurnya mempunyai tekstur yang creamy. Setelah itu rendaman telur tadi diletakkan di dalam gelas lalu dicampur dengan sedikit garam dan sedikit merica. Khasiat dari puding ini yaitu mengembalikan stamina dan menambah daya tahun tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Bagi yang kurang suka telur setengah matang atau yang baru pertama kali mencoba mungkin rasanya agak sedikit aneh.

4. Sirup Kurnia

Brand berlogo patung liberty ini sudah menjadi minuman wajib yang paling ditunggu saat berbuka puasa dan lebaran tiba. Sungguh terlalu sekali bila ada warga Medan yang tak kenal dengan sirup berwarna merah cerah ini.

PT. Kurnia Aneka Gemilang selaku produsen sampai saat ini hanya menyediakan varian tunggal yaitu rasberi. Berasal dari 100% gula asli yang kaya akan aroma, rasa dan kualitas. Rasa manisnya yang begitu cocok di lidah menjadikan sirup Kurnia memiliki brand awareness yang paling kuat bagi penduduk Sumut mengalahkan kompetitor lainnya. Sirup Kurnia memang rajanya sirup di Sumatera Utara.Sirup ini lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin.

5. Jus Martabe (markisa & terong belanda)

Markisa dan terong belanda merupakan 2 buah khas kota Medan selain dari jeruk tentunya. Jus yang memiliki campuran cita rasa manis dan asam yang menyegarkan ini merupakan favorit warga Medan terutama saat siang menjelang. Cara pembuatannya simpel dengan cara mencampur markisa, terong belanda dan gula secukupnya di dalam mixer. Boleh juga dicampur dengan sirup vanila sesuai selera.

Itulah 5 minuman khas Medan yang wajib kawan semua coba. Selamat mencoba!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini