Lestarikan Aset Budaya Indonesia

Lestarikan Aset Budaya Indonesia
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Sebagai rakyat Indonesia, tentu kita sudah diajarkan tentang keberagaman di Indonesia sejak dini. Bukan hal aneh lagi ketika kita beranjak dewasa dan menemukan berbagai variasi kebudayaan, bahkan di satu daerah saja.

Indonesia dikenal di mancanegara sebagai negara yang punya banyak kebudayaan unik. Berdasarkan data yang bersumber dari indonesiabaik.id, Indonesia.go.id, dan peta bahasa Kemdikbud; Indonesia memiliki 17.001 pulau, 1.340 suku bangsa, dan 718 bahasa. Setiap dari suku tersebut memiliki berbagai budaya dan adat istiadat.

Seluruh kebudayaan Indonesia ini tentunya harus dijaga hingga generasi-generasi di masa depan nanti tidak hanya mendengar tentang kisah kebudayaan, tetapi juga dapat merasakan langsung pengalaman dengan kebudayaan tersebut.

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia kita tercinta.

UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA

Stage photography of Indonesian culture and performance arts

  1. Mempelajari Kebudayaan Indonesia

Sebelum mulai mencoba hal lain, dalam upaya melestarikan kebudayaan, mempelajari kebudayaan Indonesia adalah harus. Seni, tari, musik, permainan, adat istiadat, makanan tradisional, hingga kepercayaan dan nilai-nilai yang melekat pada masyarakat Indonesia. Sejarah hingga kondisi budaya daerah saat ini. Ada tak hingga hal yang bisa kita pelajari tentang kebudayaan Indonesia.

Mempelajari Kebudayaan juga bisa dilakukan dengan mudah sekarang ini. Informasi tentang asal usul, tujuan, cara, hingga tingkat popularitas dapat dengan mudah dicari di internet. Apabila dirasa belum cukup, ada banyak buku yang ditulis oleh ahli budaya yang dapat kita baca. Kita juga dapat mengikuti kuliah atau seminar tentang pelestarian kebudayaan bahkan berinteraksi langsung dengan tokong budaya lokal.

  1. Menghidupkan Bahasa Daerah

Penggunaan bahasa daerah di Indonesia mulai sedikit demi sedikit memudar. Padahal bahasa daerah merupakan identitas asli dan ciri khas dari daerah tersebut. Mempelajari, menggunakan, dan mengajarkan bahasa daerah adalah satu cara untuk menjaga keberagaman linguistik Indonesia.

Menghidupkan kembali bahasa daerah dimulai dari daerah tempat tinggal. Memperbanyak penggunaan bahasa daerah adalah bentuk nyata bahwa kita belum melupakan asal-usul dan identitas daerah kita.

  1. Gabung dan Apresiasi Kelompok Seni dan Kebudayaan

Bergabung dengan sebuah kelompok seni atau kelompok yang memiliki visi untuk menjaga kebudayaan Indonesia memungkinkan kita untuk lebih dekat dengan proses pelestarian kebudayaan Indonesia. Sekarang ini, banyak kelompok yang bergerak di bidang budaya. Tari, musik tradisional, dan teater; atau kelompok yang mengadakan kegiatan-kegiatan seperti memasak makanan tradisional, memainkan permainan tradisional, atau mendongengkan kisah-kisah sejarah Indonesia.

Kelompok-kelompok ini dapat dengan mudah ditemui. Contohnya jika berkunjung ke Taman Ismaill Marzuki, kita akan menemui banyak seniman-seniman budaya yang mempertontonkan aksi dan karyanya di muka umum. Beberapa juga membuka komunitas demi terus melanjutkan kebudayaan tersebut.

  1. Suarakan Perlindungan dan Pelestarian Warisan Budaya

Walaupun perubahan datang dari Langkah-langkah kecil, tentu akan lebih efektif Ketika dilakukan dengan massa yang besar. Akan sulit jika hanya beberapa orang yang bergerak dalam pelestarian kebudayaan Indonesia ini. Oleh karena itu, kita harus terus menyuarakan dan menggaungkan ajakan-ajakan supaya semakin banyak orang yang sadar pentingnya kebudayaan Indonesia bagi masa depan bangsa dan negara.

  1. Menyebarkan Budaya Indonesia

Penyebaran berita sudah menjadi hal yang sangat mudah dilakukan sekarang ini. Tidak perlu lagi mengirim informasi ke surat kabar dan menunggu. Hanya dengan membuka aplikasi dan mengetikkan informasi. Setelah dikirim, informasi tersebut akan terus ada hingga menjangkau seluruh orang di berbagai belahan dunia.

Belum lagi dengan maraknya generasi muda yang senang berteman secara online, akan lebih mudah lagi untuk mengenalkan orang-orang di dalam dan luar negeri dengan keberagaman budaya di Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini