Asal Usul Danau Maninjau, Keindahan di Balik Kesucian Cinta Seorang Gadis

Asal Usul Danau Maninjau, Keindahan di Balik Kesucian Cinta Seorang Gadis
info gambar utama

Danau Maninjau menjadi contoh dari keindahan panorama alam yang terdapat di Sumatra Barat. Danau vulkanik yang indah tersebut tepat berada di jantung Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Terletak di ketinggian kurang lebih 460 meter di atas permukaan laut, danau ini membentang seluas 100 km persegi dengan kedalaman rata-rata 105 meter. Dengan luasnya tersebut Maninjau menjadi danau terluas kesebelas di Indonesia.

Mengungkap Peradaban Pandai Besi Tertua yang Tenggelam di Danau Matano

Dimuat dari Indonesia Kaya, danau ini terbentuk akibat erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau yang terjadi kurang lebih 52.000 tahun lalu. Kaldera yang terbentuk sedemikian luas kemudian berkembang menjadi sebuah danau.

Di luar kacamata keilmuan, ada juga legenda yang berkembang secara turun temurun mengenai asal usul Danau Maninjau. Hal tentang seorang gadis yang difitnah oleh sembilan saudaranya.

Gadis yang difitnah

Dikalangan masyarakat, asal mula Danau Maninjau berasal dari legenda Bujang Sembilan yang menceritakan kisah 10 bersaudara kakak beradik yang terdiri dari 9 orang bujang dan seorang gadis.

Ketika itu sang gadis menjalin kisah dengan pemuda bernama Sigiran, tetapi kisah cinta berujung dengan munculnya fitnah dari kesembilan bujang. Para bujang ini menuduh hubungan yang terjadi antara keduanya telah melampaui batas norma masyarakat.

Menjelajahi Situs Danau Matano Melalui Tur Virtual Bawah Air Pertama di Indonesia

Sang gadis beserta kekasihnya kemudian bersumpah. Keduanya akan melompat ke kawah Gunung Tinjau (Sitinjau) untuk membuktikan kesucian mereka. Tetapi sebelum melompat, mereka mengatakan jika mereka tak bersalah gunung itu akan meletus.

“Kisah ini pun berakhir dengan meletusnya Gunung Sitinjau sehingga membuktikan keduanya tidak bersalah,” jelasnya.

Daya tarik

Karena dikelilingi pegunungan dan perbukitan, Danau Maninjau memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Danau ini memiliki air yang sangat jernih dan tenang, dengan warna kebiruan yang dipantulkan dari langit

Daya tarik Danau Maninjau terletak pada keindahan panorama alamnya yang bisa dilihat dari kejauhan. Terutama bagi para pecinta fotografi pastinya tidak ingin melewatkan keindahan tersebut tanpa mengabadikannya.

Pesona Danau, Teluk, dan Sungai di Indonesia dengan Perairan Jernih Sebening Cermin

Spot terbaik untuk mengamati Danau Maninjau adalah dari tengah kawasan yang disebut kelok 44, yaitu dari sekitar kelok 23 hingga kelok 30. Di sekitar area inilah pemandangan bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah.

Di tempat ini juga ada Puncak Lawang yang kerap dijadikan spot foto Instagramable karena menyediakan pemandangan aesthetic berupa Danau Maninjau sejauh mata memandang. Karena itu tempat ini selalu jadi spot foto bagi pecinta fotografi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini