Bertandang ke Indonesia, Jurnalis Asing Apresiasi Kerja Media dan Budaya Nusantara

Bertandang ke Indonesia, Jurnalis Asing Apresiasi Kerja Media dan Budaya Nusantara
info gambar utama

Sejumlah jurnalis asing yang berasal dari Chile, Panama, Brasil, dan Singapura, bertandang ke Indonesia untuk menghadiri program Journalists’ Visit Program (JVP) 2023: Post Event in Indonesia pada 28–31 Oktober 2023 lalu. Mereka mengapresiasi kerja media dan budaya Indonesia.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, acara tersebut merupakan kelanjutan dari Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC) JVP 2023 di Singapura. Melalui kesempatan itu, Indonesia menjadi jembatan kerja sama Asia tenggara dengan Amerika Latin dan Karibia.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Umar Hadi, menyampaikan pentingnya acara itu untuk penguatan jaringan jurnalis dari Indonesia dan Amerika Latin. Selain promosi budaya, JVP 2023 di Indonesia kali ini juga mendalami kerja sama antar-anggota FEALAC.

“kegiatan ini merupakan inisiatif Indonesia untuk terus mendorong second track diplomacy dari kedua kawasan, agar Indonesia dapat menjadi top-of-mind negara Asia bagi publik di negara-negara Amerika Latin dan Karibia,” kata Umar.

Kunjungi ikon Jakarta

JVP 2023 Indonesia
info gambar

Selama empat hari di Indonesia, para jurnalis asing itu mengunjungi berbagai ikon Jakarta. Mulai dari Kota Tua, Museum Fatahillah, M Bloc, Monumen Nasional, Sarinah, hingga melakukan tur ke halte bus Transjakarta Bundaran HI. Mereka juga diajak menikmati beragam kuliner khas Nusantara.

Peserta JVP ini mengunjungi beberapa kantor media di Jakarta untuk memperluas kerja sama antar-jurnalis di dua kawasan. Selain mengadakan diskusi terkait pentingnya menjaga independensi media, mereka juga menjadi narasumber untuk mengisi acara di TV nasional.

Jurnalis, Kenanglah Keindahan Liputan G20 di Bali

Mempelajari Indonesia

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar sesi khusus lewat Focus Group Discussion (FGD) bertemakan “Reshaping News and Role of Journalism in Response to Digital Transformation”.

Diskusi tersebut membahas pentingnya inovasi industri media dalam era transformasi digital termasuk Artificial Intelligence (AI). Para jurnalis juga diboyong ke Karawang, Jawa Barat, untuk melihat proses pembuatan baterai kendaraan listrik PT Hyundai KG Industry Green Power sebagai bagian dari upaya transisi energi hijau di Indonesia.

Salah satu peserta, Eduardo Alberto Olivares Concha dari media El Mercurio Chile mengapresiasi penyelenggaraan JVP 2023 di Indonesia. Menurutnya, acara ini memberikan wawasan yang sangat singkat namun luas tentang Indonesia. Ia juga mengapresiasi kerja media dan warisan budaya Indonesia yang dinamis.

Dinamika Jurnalis dan Surat Kabar Tionghoa Berbahasa Melayu di Makassar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini