Griselda Sastrawinata, Animator Indonesia Sosok di Balik film Frozen 2 dan Moana

Griselda Sastrawinata, Animator Indonesia Sosok di Balik film Frozen 2 dan Moana
info gambar utama

Apakah Kawan sudah tahu film Frozen II? Atau Kawan pernah menonton Moana? Di balik animasinya yang keren dari setiap karakternya, rupanya ada orang Indonesia yang berkontribusi langsung dalam pembuatan animasinya, lho!

Tidak hanya itu saja, bahkan beliau sudah bergabung dengan perusahaan terkenal Walt Disney sejak tahun 2014. Sudah banyak karya dari beliau yang sudah terkenal. Sebut saja Moana, Frozen II, Raya and the Last Dragon, dan Wreck It Ralph 2. Kawan penasaran bukan? kira-kira siapa yang ada di balik kerennya animasi dari film-film tersebut, Yuk, kita berkenalan dengan Griselda Sastrawinata!

Baca juga: Sosok Prof. Yohanes Surya, Dikenal Sebagai Bapak Fisika Indonesia

Mengawali Kariernya di DreamWorks Animation

Griselda Sastrawinata, perempuan kelahiran 1982 yang sempat tinggal di Jakarta selama 15 tahun, sebelum memulai kariernya di Amerika. Griselda merupakan lulusan dari Art Center College of Design, Pasdena, Amerika Serikat. Setelah menyelesaikan studinya di universitas ternama tersebut, dia berusaha mengajukan lamaran pekerjaan di kantor Disney. Namun, lamarannya tidak langsung diterima.

Yang menarik, ketika Griselda sedang terlibat dalam proyek lain, perusahaan penghasil banyak animasi terkenal tersebut memanggilnya kembali untuk melanjutkan proses rekrutmen. Sayangnya, Griselda tidak dapat memenuhi panggilan tersebut lantaran pekerjaan yang sedang dijalaninya.

Baru setelah tahun 2014, ia dihubungi oleh Ron Clements dan Jhon Musker. Griselda menjadi animator film Moana dan bekerja sama dengan ratusan orang dari berbagai negara. Ini menjadi perjalanan karier pertama Griselda bersama Walt Disney menjadi Visual Development Artist.

Satu hal yang menarik, sebelumnya memulai kariernya di Walt Disney, Griselda juga pernah mengawali kariernya di Dreamworks Animation! Kawan mungkin sudah tidak asing lagi bukan? Studio yang mempunyai ciri khas logo anak laki-laki yang sedang memancing diatas bulan. Ia memiliki posisi sebagai Visual Development Artist & Character Designer.

Selama bekerja di sana, Griselda juga ikut serta dalam pembuatan berbagai film animasi besar. Sebut saja Puss in Boots, Shrek Forever After, How to Train Your Dragon 2, Penguin of Madagascar, dan masih banyak lagi. Keren kan?

Baca juga: Pengertian dan Ciri-Ciri Speech Delay pada Anak

Berkeinginan Untuk Bekerja Selamanya di Walt Disney

Menjadi bagian dari Disney merupakan impian Griselda sejak masa kecil, bahkan saat ini, dia masih tidak percaya bisa menjadi bagian dari tim Walt Disney. Menurutnya, hal ini menjadi kebanggaan dapat menjadi bagian dari studio animasi itu.

Griselda berharap bisa terus memberikan kontribusi di Wlat Disney hingga usi tua. Terlebih lagi, ia telah melihat sendiri seorang rekan kerjanya di perusahaan tersebut masih aktif bahkan di usia 80-an. Dan ada satu fakta unik juga, lho! Ternyata suami dari Griselda, Normand Lemay, merupakan Head of Story Frozen 2.

Cerita Menarik Bekerja di Walt Disney

Ketika terlibat dalam produksi film Frozen 2, Griselda memiliki peran penting sebagai percanang kostum karakter Anna. Sementara itu, dalam proyek Moana, kontribusinya terfokus pada aksen kain tapa yang merepresentasikan budaya Polinesia. Di luar itu, saat bergabung pada projek Raya and The Last Dragon, Don Hall selaku sutradara dari animasi tersebut, berencana menggunakan wayang sebagai latar belakang film ini.

Griselda menjadi orang pertama yang Hall hubungi dalam projek ini, karena penggambarannya sesuai dengan visual tersebut, dan tentu saja, kecintaannya pada wayang. Ia mengungkapkan siapa pun bisa bekerja di Disney. Tidak melihat gender, usia atai ras, tapi portofolio yang menjadi pertimbangan utama.

Nah, itulah tadi Profil Griselda Sastrawinata, sang animator hebat di balik pembuatan film animasi disney. Dari cerita Griselda, kita bisa mengambil pelajarannya, bahwa perjuangan seseorang untuk mencapai impiannya tidak sesuai yang kita harapkan dan secara instan didapatkan. Perlu pengorbanan, dan ketekunan untuk bisa berkembang.

Sumber referensi:

  • https://sohib.indonesiabaik.id/article/griselda-sastrawinata-animator-disney-indonesia-XExZE

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini