Apa Itu Vaksin HPV Gardasil 9? Kegunaan, Dosis Pemberian dan Harganya

Apa Itu Vaksin HPV Gardasil 9? Kegunaan, Dosis Pemberian dan Harganya
info gambar utama

Human Papillomavirus (HPV) telah lama menjadi perhatian utama di bidang kesehatan karena dapat menyebabkan kanker serviks atau penyebab kondisi medis serius lainnya. Kini, Vaksin HPV Gardasil 9 telah membawa terobosan baru dalam upaya pencegahan berbagai penyakit yang disebabkannya.

Penting bagi Kawan untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan vaksin HPV Gardasil 9 yang dapat melindungi tubuh dari HPV. Artikel ini akan membahas pengertian, kegunaan, dosis, dan informasi lengkap tentang vaksin HPV Gardasil 9. Yuk, simak di bawah ini.

Apa itu Vaksin HPV Gardasil 9?

Injeksi vaksin gardasil 9
info gambar

Gardasil 9 adalah vaksin HPV yang dirancang untuk melindungi Kawan dari infeksi human papillomavirus (HPV) yang dapat menyebabkan penyakit serius, mulai dari kanker serviks, kanker anus, kanker tenggorokan, dan kondisi pra kanker.

Vaksin HPV Gardasil 9 ini dirancang khusus untuk memberikan perlindungan lebih luas daripada vaksin HPV sebelumnya dengan meliputi sembilan jenis virus HPV yang paling umum menyebabkan penyakit tersebut.

Vaksin ini membantu tubuh membangun kekebalan terhadap HPV, sehingga mengurangi risiko terkena infeksi HPV yang dapat menyebabkan penyakit yang serius. Gardasil 9 umumnya diberikan kepada remaja hingga orang dewasa untuk melindungi mereka dari penyakit yang terkait dengan HPV.

Mengapa Wanita Perlu melakukan Vaksin Gardasil 9?

Wanita perlu melakukan Vaksin Gardasil 9 karena virus human papillomavirus (HPV) menjadi penyebab utama kanker serviks.Gardasil 9 dapat membantu melindungi wanita dari infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Selain itu, HPV juga terkait dengan kanker lain pada organ reproduksi, seperti kanker vagina, vulva, anus, dan kanker orofaringeal (kerongkongan bagian belakang, tenggorokan, atau amandel) sehingga vaksin ini sangat penting untuk dilakukan.

Apa Kegunaan Vaksin Gardasil 9

vaksin gardasil 9
info gambar

Gardasil 9 adalah vaksin yang aman dan efektif karena telah melalui uji klinis yang ketat sebelum dapat digunakan oleh masyarakat. Vaksin Gardasil 9 memiliki beberapa kegunaan yang penting dalam melindungi tubuh dari Human Papillomavirus (HPV). Berikut ini cakupan perlindungan Vaksin HPV Gardasil 9.

  • 90% kanker serviks,
  • lebih dari 95% adenocarcinoma in situ (AIS),
  • 75-85% neoplasia intraepitel serviks tingkat tinggi (CIN 2/3),
  • 85-90% kanker vulva terkait HPV,
  • 90-95% kanker vulva intraepitel vulva terkait tinggi (VIN 2/3),
  • 80-85% kanker vagina terkait HPV,
  • 75-85% kanker terkait tingkat tinggi HPV neoplasia intraepitel vagina (VaIN 2/3),
  • 90-95% kanker dubur terkait HPV,
  • 85-90% neoplasia anal intraepitelial tingkat tinggi terkait HPV (AIN 2/3), dan
  • 90% kutil kelamin.

Berapa Dosis Pemberian Vaksin?

Vaksin HPV Gardasil 9 dapat digunakan dengan dosis berikut ini.

  • Laki-laki dan Perempuan berusia 9 – 14 tahun, diberikan sesuai jadwal 2-dosis
    • Dosis ke-1: dapat dimulai sesegera mungkin,
    • Dosis ke-2: dengan interval 6 – 12 months dari dosis ke-1
  • Laki-laki dan Perempuan berusia di atas 15 tahun, diberikan sesuai jadwal 3-dosis
    • Dosis ke-1: dapat dimulai sesegera mungkin,
    • Dosis ke-2: diberikan 2 bulan dari dosis ke-1
    • Dosis ke-3: diberikan 6 bulan dari dosis ke-1

Informasi Harga Vaksin di Rumah Sakit

Vaksin Gardasil HPV 9 memiliki harga yang bervariasi tergantung jumlah dosis yang diinginkan dan paket yang dipilih. Namun, umumnya harga vaksin ini berada di rentang harga Rp2.700.000 hingga Rp3.000.000.

Jika memilih paket lengkap dengan tiga kali suntik, harga yang ditawarkan mulai dari Rp7.500.000 hingga Rp8.000.000. Tertarik untuk mencobanya?

Dengan perlindungan yang luas terhadap berbagai jenis virus HPV, Gardasil 9 dapat mencegah berbagai penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh. Menggunakan vaksin ini menjadi langkah penting untuk mewujudkan generasi yang lebih sehat dan terbebas dari risiko penyakit.

Referensi:

https://www.rspondokindah.co.id/id/offers-detail/cegah-kanker-serviks-promo-spesial-vaksin-hpv-gardasil-9#:~:text=Dapatkan%20vaksin%20HPV%20dengan%20harga,.700.000%20(1x%20suntik).

https://clinic.vaxcorpindo.com/gardasil-9-vaksin-hpv-9-strain-nonavalent/#:~:text=Gardasil%209%20diindikasikan%20untuk%20pencegahan,perempuan%20berusia%209%20%E2%80%93%2055%20tahun.

https://prodiadigital.com/id/artikel/vaksin-gardasil-9-di-indonesia-harga-jadwal-dan-cara-mendapatkannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini