Timnas Indonesia vs Filipina: Saatnya Manfaatkan Kesempatan dan Beri Pembuktian!

Timnas Indonesia vs Filipina: Saatnya Manfaatkan Kesempatan dan Beri Pembuktian!
info gambar utama

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina. Bagi Garuda, ini adalah waktunya memanfaatkan kesempatan dan memberi pembuktian.

Pertarungan antara Timnas Indonesia dengan Filipina akan tersaji dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga itu dijadwalkan digelar di Stadion Rizal Memorial pada Selasa (21/11/2023).

Bagi Indonesia, ini adalah kesempatan emas untuk meraih poin pertama di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertarungan melawan Filipina nanti bakal jadi laga kedua anak-anak asuh Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, laga pertama Indonesia di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 telah dilalui dengan menghadapi Irak di Basra International Stadium pada Kamis (16/11/2023). Hasilnya, Indonesia kalah dengan skor 1-5.

Di atas kertas, Indonesia jelas lebih diunggulkan ketimbang Filipina. Dengan demikian, inilah yang membuat laga nanti jadi kesempatan untuk mendulang poin pertama.

Berdasarkan catatan pertemuan kedua tim, torehan Indonesia memang tidak istimewa-istimewa amat. Soccerway mencatat bahwa Indonesia menang dua kali dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, sementara dua laga lain berakhir imbang dan satu laga berujung kekalahan. Namun perlu ditekankan bahwa Timnas Indonesia senior era kepelatihan Shin Tae-yong baru sekali menghadapi Filipina, dan itu berakhir dengan kemenangan 2-1.

Tim Indonesia tampaknya juga benar-benar bersiap untuk memyambut laga kontra Filipina. Shin Tae-yong selaku pelatih kepala pun telah berjanji dirinya mempersiapkan tim lebih baik ketimbang saat melawan Irak.

"Kita kemasukan gol, jadi pemain pun paham, dan mengerti apa yang harus mereka lakukan sebelum melawan Filipina, jadi saya pun juga akan mempersiapkan pertandingan lebih baik, pastinya. Tentunya masyarakat bola Indonesia menantikan pertandingan berikutnya,” ujar Shin Tae-yong dalam keterangan tertulis PSSI.

16 November 2023, Malam Panjang bagi Pendukung Timnas Indonesia

Pembuktian di Lapangan

Selain kesempatan untuk meraup poin perdana, laga kontra Filipina juga jadi ajang pembuktian bahwa pemain Indonesia mampu bermain dengan baik di atas lapangan sintetis.

Stadion Rizal Memorial memang menggunakan rumput sintetis yang mana jarang digunakan di sepak bola level profesional Indonesia. Sementara itu, Pelatih Filipina Michael Weiss yakin rumput sintetis tersebut bakal membuat Indonesia kesulitan di lapangan.

"Indonesia harus berpergian dari Irak ke sini (Filipina). Ini jadi lebih sulit bagi mereka karena perjalanannya melelahkan. Mereka juga akan kesulitan bermain di lapangan sintetis sementara kami sudah terbiasa," kata Weiss yang dilaporkan media Vietnam, The Thao van Hoa.

Kubu Indonesia sendiri bukannya tidak memperhatikan perkara lapangan ini. Shin Tae-yong menggelar latihan khusus agar pemain lekas beradaptasi dengan lapangannya.

“Seperti apa yang dilihat, rumputnya (Stadion Rizal Memorial) bukan asli, tetapi sintetis. Jadi kita fokus latihan pemulihan dan sekaligus latihan biar pemain cepat adaptasi dengan rumput sintetis," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Deretan Fakta Menarik Piala Dunia U-17 2023, Hajatan Sepak Bola Besar Indonesia

Referensi:

  • https://id.soccerway.com/teams/comparison/?team_ids%5B%5D=1163&team_ids%5B%5D=1646
  • https://thethaovanhoa.vn/hlv-philippines-chung-toi-nhuong-khoang-trong-cho-doi-tuyen-viet-nam-choi-va-phai-tra-gia-20231116215724739.htm
  • https://www.pssi.org/news/latihan-perdana-skuad-garuda-di-filipina



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini