Shuttle Bus Surabaya bantu Transportasi Jelang U-17

Shuttle Bus Surabaya bantu Transportasi Jelang U-17
info gambar utama

FIFA World Cup menjadi acara yang banyak dinanti oleh berbagai kalangan. Khususnya para penonton sepakbola dari seluruh dunia yang turut menyiapkan diri untuk membantu menyukseskan pertandingan bola. Tentu saja banyak pula persiapan yang harus dilakukan jelang U-17. Tidak lepas dari persiapan pemerintah Surabaya memfasilitasi acara termasuk transportasi guna membantu memudahkan perjalanan.

Shuttle Bus, atau yang biasa disebut bus antar-jemput merupakan Bus yang bergerak dengan arah tetap. Bus ini biasanya dipakai untuk perjalanan jarak dekat. Sesuai dengan kebutuhan penonton dari U-17 yang akan berangkat ke Gelora Bung Tomo. Bus ini memfasilitasi transportasi umum berupa Bus Merah milik Pemerintah Kota Surabaya yang biasa digunakan sebagai transportasi antar-wilayah Surabaya.

Timnas Indonesia vs Filipina: Saatnya Manfaatkan Kesempatan dan Beri Pembuktian!

Titik Shuttle Bus

Pemerintah Kota sendiri memberikan fasilitas Shuttle Bus secara gratis bagi penonton selama pertandingan Piala Dunia U-17 berlangsung. Tentu keadaan ini dipengaruhi atas larangan bagi para penonton membawa transportasi pribadi. Sehingga total lebih dari 100 bus dipersiapkan dan disebar ke enam titik pemberhentian.

Di antaranya Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Tambak Osowilangun, Mall Ciputra World, Balai Kota Surabaya, Pengujian Kendaraan Tandes dan Terminal Benowo.

Berikut Rute Shuttle Bus dilansir dari surabaya.go.id:

  1. Rute TIJ: Melalui Jalan Gunungsari, Tol Gunungsari Gate 2, exit Tol Romokalisari, dan akhirnya Stadion GBT.
  2. Rute TOW - Stadion GBT: Melalui Jalan Tambak Osowilangun, Flyover Teluk Lamong, hingga mencapai Stadion GBT.
  3. Rute TIJ - Ciputra World - Tol Satelit - Stadion GBT: Melewati Jalan Diponegoro, Kutai, Adityawarman, Mayjend Sungkono, Tol Satelit, exit Tol Romokalisari, dan sampai di Stadion GBT.
  4. Rute Balai Kota - Tol Dupak - GBT: Melalui Jalan Wijaya Kusuma, Ambengan, Undaan Kulon, Jagalan, Tembaan, Dupak, Tol Dupak, exit Tol Romokalisari, dan menuju Stadion GBT.
  5. Rute Terminal Benowo - Stadion GBT: Melewati Jalan Singgapur, Kauman Baru, Jawar, hingga mencapai Stadion GBT.
  6. Rute Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes - StadionGBT: Melalui Jalan Margomulyo, Tol Tandes, exit Tol Romokalisari 2, dan akhirnya Stadion GBT.

Kawan GNFI yang menonton Piala Dunia U-17 dapat menaiki Shuttle Bus sebagai alternatif transportasi umum untuk memudahkan perjalanan menuju Gelora Bung Tomo. Sebagai himbauan, Tundjung Iswandaru, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyarankan para penonton untuk datang lebih awal pada titik penjemputan.

Hal ini dikarenakan Shuttle Bus sudah mulai bergerak di jam 12 siang untuk mengantar Kawan menuju Gelora Bung Tomo melalui titik pemberhentian di atas. Shuttle Bus juga datang silih berganti dengan estimasi 30 menit sekali per- satu unit bus.

Selain Shuttle Bus, tentunya penonton juga difasilitasi tempat parkir khusus untuk kendaraan roda dua. Wilayah parkir ini berasal dari kerja sama antarwarga sekitar dalam penyiapan lahan parkir yang mumpuni.

Wilayah parkir juga sudah diresmikan dengan rambu khusus yang diberikan oleh Dinas Perhubungan. Sehingga wilayah ini dapat diatur sesuai dengan tarif parkir yang berlaku guna menghindari tarif dari juru parkir liar.

Shuttle Bus juga ditambahkan hingga 160 unit saat kepulangan para penonton. Hal ini guna mengantisipasi dan meminimalisir antrian akibat kepulangan penonton yang bersamaan.

Dinas perhubungan juga kerap mengadakan evaluasi terkait kekurangan dan kebutuhan akan transportasi Shuttle Bus agar penonton tetap nyaman saat berangkat maupun pulang.

Sumber: https://www.surabaya.go.id/id/berita/77018/pemkot-surabaya-sediakan-110-unit-shuttle-bus-untuk-piala-dunia-u-17-catat-rute-dan-titik-jemputnya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini