Dampak Globalisasi terhadap Masyarakat Minang dalam Penggunaan Kato Nan Ampek

Dampak Globalisasi terhadap Masyarakat Minang dalam Penggunaan Kato Nan Ampek
info gambar utama

Tahun 2023, merupakan tahun yang penuh dengan banyak tragedi. Berbagai masalah dan peristiwa terjadi di dunia saat ini. Peristiwa yang terjadi di dunia dengan sangat mudah kita mendapatkan informasi tentangnya. Hal ini kerap disebut dengan globalisasi.

Menurut KBBI sendiri, globalisasi adalah proses masuknya keruang lingkup dunia. Menurut salah satu ahli, yaitu Laurence E.Rothenberg, mendefinisikan globalisasi sebagai percepatan interaksi dan integrasi antarorang, antarperusahaan, dan antara pemerintah dari negara yang berbeda.

Proses globalisasi di dukung dengan cara memperoleh informasi dengan cepat dan mudah. Perkembangan informasi dan kecepatannya didukung dengan adanya kemajuan teknologi. Teknologi yang hadir pada saat ini tidak hanya mendukung percepatan informasi, tetapi juga mempermudah hidup manusia.

Mengenal Super Grid, Andalan Indonesia untuk Genjot Penggunaan Energi Baru Terbarukan

Suatu hal yang ada tentunya memiliki dampak bagi masyarakat atau lingkungannya. Efek ini bisa menjadi positif jika dimanfaatkan dengan baik dan benar, sedangkan bisa menjadi jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Begitu pula globalisasi bisa berdampak positif dan negatif. Dampak globalisasi juga menyasar ke sepuluh aspek di dalam kehidupan masyarakat seperti ekonomi, politik, kesehatan, lingkungan, sosial, dan budaya.

Dampak positif dari globalisasi tentu sangat beragam dan hal ini tidak dapat dihitung dengan jari. Globalisasi memiliki dampak terhadap perubahan tata nilai dan sikap, di mana sikap dan nilai-nilai yang dapat kita lihat seperti sekarang. Orang lebih menerima perbedaan dan saling menghargai terhadap setiap perbedaan itu.

Dampak positif globalisasi lainnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu dan teknologi ini sangat berdampak terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Di mana teknologi telah mempermudah segala bentuk aktifitas yang dilakukan oleh manusia.

Adanya kemajuan teknologi pun juga mendukung kecepatan informasi dan komunikasi yang di mana suatu informasi antar negara bisa di dapatkan hanya dalam persediaan detik, tidak hanya informasi, komunikasi juga mengalami perkembangan dengan adanya teknologi.

kita tidak membutuhkan waktu yang berjam-jam bahkan sampai perbulan-bulan. Kini, komunikasi tidak lagi pakai media fisik seperti kertas dan pulpen untuk menulis suatu pesan. Sekarang kita bisa menggunakan gadget kita bisa membalas pesan hanya dengan satu alat.

Kemajuan teknologi juga menimbulkan dampak positif lainnya, yaitu tingkat kehidupan lebih baik. Dengan adanya kemajuan teknologi mendukung adanya kemajuan dalam bidang kesehatan, munculnya berbagai alat kesehatan yang canggih ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Alat canggih ini dapat mempermudah tenaga medis dalam menanggani dan memecahkan masalah medis yang di alami.

Tidak hanya dapat positif yang ada pada globalisasi, tetapi juga memiliki dampak negatif. Efek negatif dari globalisasi ini sendiri merupakan kebaikan ataupun dampak dari hal positif. Eksploitasi sumsumberdaya alam yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.

Ini dapat terjadi karena adanya upaya untuk pemerolehan kebutuhan akan memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Serta hal ini juga dapat terjadi, karena kesadaran masyrakat tidak sadar dengan kebersihan lingkungan di sekitar mereka. Pengolahan sampah yang kurang juga dapat menyebabkan masalah kerusakan lingkungan.

Bukan Cuma Enak Disayur, Daun Kelor Bisa Jadi Obat Alzheimer

Dampak negatif berikutnya adalah peruperubahan gaya hidup dimasyarakat. Dimana seperti yang kita dapat dilihat sekarang, masyarakat cenderung bebersikap individualis dan bebersifat hedonisme. Sifat individual ini masyarakat ini lebih mementingkan tidak peduli dan tidak acuh akan masalah yang terjadi di dalam masyarakat.

Sifat hedon ini timbul karena adanya kemudahan masyarakat dalam melakukan jual beli yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu, sifat itu juga dipicu dengan adanya rasa ingin bebersaing antara satu sama lain dan rasa ingin tampil lebih sempura ddari pada yang lain atau daya saing yang dimiliki.

Dampak globalisasi lainnya adalah lunturnya nilai budaya asli. Hal ini seperti dengan adanya perubahan tata nilai dan sikap. Di mana sikap masyarakat yang mulai terbuka akan suatu permasalahan atau perbedaan yang dimiliki. Hal ini yang membuat nilai dan kebiasaan yang lama mulai ditinggalkan, karena masyarakat berfikir kuno akan pemikiran atau aturan yang lama.

Masyarakat yang mulai meniggalkan kebiasaan atau aturan yang lama memmembuat nialai ataupun identitas dardari masyarakat ini mulai hilang.

Globalisasi jelas memiliki dampak besar kepada suatu budaya. Tentunya Minangkabau sebagai suatu budaya yang ada di Indonesia memiliki sebuah aturan. Di Minangkabau sendiri memiliki aturan yang mengatur tata cara atau tutur kata yang diterapkan oleh orang minang dalam kehidupan sehari-hari. Aturan ini kerap di sebut dengan kato nan ampek.

Kato nan ampek memiliki empat poin yang mengatur bagaimana masyarakat menang saling bertutur kata di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Poin pertama dari kato nan ampek adalah kato mendaki. Aturan ini mengatur cara kita bersikap dan bertutur kata terhadap orang yang lebih tua atau yang dituakan dari kita. Di mana dalam aturan ini menjelaskan bagaimana kita harus menghargai, menghormati, dan mendengarkan apa yang mereka katakan.

Kedua adalah katomenurun yang aturan ini menjelaskan kita bersikap kepada yang lebih muda. Regulasi itu menjelaskan kita harus bersikap lemah lembut dan tegas kepada mereka. Ketiga adalah kato mandata di mana aturan ini menjelaskan bagaimana kita bersikap kepada teman sebagai atau seumur. Keempat kakatomelarang yang di mana aturan ini mengatur kita bersikap dan bertutur kata kepada ipar dan mertua.

Namun, nilai-nilai ini mulai pudar yang hal ini disebabkan oleh globalisasi. Di mana masyarakat tidak mementingkan lagi nilai-nilai yang ada. Itu dapat dilihat dari perilaku masyarakat sekarang, bagaimana anak bersikap kepada orang tua. Mereka berbicara dengan nada yang lebih keras dan membentuk setiap perkataan orang tua mereka.

Pertama di Indonesia, BinguoEV Berikan Garansi Baterai Seumur Hidup

Sumber :

  • https:///read/2021/10/26/183000326/globalisasi-adalah-pengertian-ciri-ciri-dan-dampak-dampaknya
  • https://sumsel.idntimes.com/news/sumsel/yuliani-10/viral-murid-sd-di-lima-puluh-kota-sumbar-ngamuk-ke-guru-kelas
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6655870/globalisasi-adalah-pengertian-menurut-para-ahli-penyebab-dan-dampak

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini