Survey Optimisme Generasi Muda Indonesia 2023: Pendidikan dan Kebudayaan Jadi Top Satu

Survey Optimisme Generasi Muda Indonesia 2023: Pendidikan dan Kebudayaan Jadi Top Satu
info gambar utama

Generasi muda merupakan aset emas yang berharga sebagai penerus bangsa untuk masa depan nantinya. Semangat optimisme dari para kaum generasi muda saat ini sangat diperlukan untuk mengetahui dan menilai sejauh mana cara pandang para kaum milenial tersebut terhadap perspektif masa depan nasib bangsa kita tercinta kedepannya.

Dari semangat optimisme para generasi muda tersebut, akan menunjukan bagaimana perkembangan dan ketangguhan serta kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada pada generasi masa kini untuk menghadapi berbagai tantangan demi tantangan yang terjadi dan menghampiri setiap harinya.

Untuk mengetahui sejauh mana Optimisme Generasi Muda di tahun 2023 ini, Platform Media Online Good News From Indonesia (GNFI) berkerja sama dengan Lembaga Survei Populix mengadakan survei dengan tajuk optimisme generasi muda.

Good Movements GNFI Adakan Talkshow Seru tentang Pemilu 2024, Bahas Partisipasi anak Muda

Survey ini merupakan survey yang kelima kalinya dilakukan sejak pertama kali diadakan pada tahun 2008 lalu. Tujuan dilakukannya survey optimisme generasi muda ini adalah untuk mengukur dan menilai seberapa besar tingkat optimisme dari para generasi muda Indonesia terhadap masa depan bangsa yang dilihat dari berbagai aspek perspektif dimensi penilaian.

Selanjutnya, hasil survey tersebut dapat dijadikan acuan suatu referensi maupun rujukan dalam upaya pengembangan kebijakan dan regulasi pemerintahan jangka panjang terkait dengan nasib masa depan bangsa dan generasi muda selanjutnya untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang maju, makmur, sejahtera, dan berdaulat.

Pada tahun 2023 ini, survey yang diselenggarakan oleh Good News From Indonesia (GNFI) dan Lembaga Survey Populix ini terdiri dari lima instrumen dimensi survey, yang meliputi dimensi pendidikan dan kebudayaan, kebutuhan dasar, kebutuhan sosial, politik dan hukum, serta yang terakhir ada dimensi lingkungan dan pemilu. Penambahan instrumen dimensi lingkungan dan pemilu ini baru diiniasi dan dilakukan pada tahun ini karena mengingat bahwa tahun 2024 mendatang merupakan momen tahun politik yang krusial bagi negeri tanah air ini.

Pada tanggal 14 November 2023 lalu, GNFI Academy dan Populix melakukan peluncuran hasil survey optimisme generasi muda 2023 melalui platform konferensi virtual yaitu zoom meeting. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa indeks optimisme generasi muda tahun 2023 mencapai angka 7,77 dari skala maksimalnya, yaitu 10.

Satu Desa Satu Lapangan, Upaya RI Cetak Atlet Masa Depan

Dari hasil survei tersebut, instrument dimensi yang memperoleh indeks paling tinggi adalah dimensi Pendidikan & Kebudayaan dengan skala 8,55. Lalu pada dimensi Kebutuhan Dasar didapatkan hasil skala 8,38 dari total keseluruhan, hal tersebut menunjukkan arti bahwa generasi muda cenderung lebih optimis bahwa mereka dapat memenuhi kebutuhan sandang, papan, dan kebutuhan gizi pada pasangan serta anak mereka dibandingkan dengan pemenuhan gizi seimbang pada diri mereka sendiri. Lalu di posisi ketiga ada Ekonomi dan Kesehatan dengan skala 8,31.

Kehidupan sosial menempati posisi keempat, dimana didapatkan indeks hasil skala sebesar 7,87, hal itu karena generasi muda masa kini cenderung memiliki sikap pesimis berkenaan dengan masalah etika bermedia sosial yang akan semakin baik di masa depan.

Selanjutnya yang berada pada peringkat terendah adalah dimensi Politik dan Hukum yang merupakan dimensi baru di tahun ini dengan skala 5,72 dari total skala 10. Generasi muda lebih optimis untuk dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan pesta demokrasi tahun depan nanti, tetapi masih ada pula setitik keraguan terkait bagaimana keberjalanan kinerja penyelenggara pemilu, transparansi hasil pemungutan suara, dan perjalanan demokratis pemilu hingga titik akhir nanti.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini