Satu Desa Satu Lapangan, Upaya RI Cetak Atlet Masa Depan

Satu Desa Satu Lapangan, Upaya RI Cetak Atlet Masa Depan
info gambar utama

Dalam rangka mendukung prestasi olahraga Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggandeng Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) untuk membangun lapangan sepak bola hingga pelatih berkualitas di setiap desa.

Dilansir dari Antara, Selasa (21/11), Deputi Pembinaan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono mengatakan kerja sama dalam program Satu Desa Satu Lapangan itu bertujuan untuk menyediakan lapangan olahraga yang layak dan memadai di tiap desa se-Indonesia.

Keberadaan lapangan ini diharapkan dapat mencetak atlet masa depan Indonesia yang sudah menguasai kemampuan dasar sejak dini. Ketika masuk ke jenjang selanjutnya, menurut Surono, mereka akan lebih terukur dan mudah mengikuti pembinaan.

Deretan Fakta Menarik Piala Dunia U-17 2023, Hajatan Sepak Bola Besar Indonesia

Fasilitas pendukung prestasi

Surono menilai keberadaan lapangan sepak bola yang berkualitas penting untuk mencetak pemain sepak bola yang memiliki teknik dasar yang baik. Hal ini dapat dicapai dengan syarat adanya fasilitas pendukung yang sudah memadai.

“Ada anekdot sekarang ini atlet-atlet kalau bermain itu merunduk, bukan menatap lawan maupun kawan. Ini karena terbiasa mereka latihan di lapangan yang tidak rata, takut kalau ditendang malah jatuh,” ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB9).

Tak hanya membangun lapangan sepak bola di tiap desa, Kemenpora bersama PSSI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan merenovasi 22 stadion terbesar di Indonesia, yang nantinya digunakan oleh Liga 1 dan Liga 2.

Pihaknya mendorong setiap elemen dari pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat untuk membangun lapangan sepak bola yang memenuhi standar nasional. Karena selain untuk kemegahan dan kompetisi, lapangan ini penting untuk jutaan anak-anak meraih prestasi.

Lewat Penerapan VAR, Sepak Bola Indonesia Berusaha Jadi Lebih Bersih dan Profesional

Referensi:

Antara. Kemenpora Gandeng Kemendes Bangun Lapangan Sepak Bola Berkualitas. https://www.antaranews.com/berita/3832566/kemenpora-gandeng-kemendes-bangun-lapangan-sepak-bola-berkualitas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini