Pos Bloc Surabaya: Gebrakan Industri Kreatif

Pos Bloc Surabaya: Gebrakan Industri Kreatif
info gambar utama

Pernahkah Kawan berpikir apa itu Pos Bloc? Banyak kota lain yang menerapkan Pos Bloc ini. Yaitu di Jakarta, Bandung dan Medan. Di dalamnya, Kawan banyak menemukan berbagai macam orang menjajakan kuliner atau hanya sekadar memamerkan sebuah acara kebudayaan.

Lalu, apa sih, gunanya Pos Bloc bagi kota-kota ini termasuk Kota Surabaya?

London Sumatra, Ikon Kota Medan Peninggalan Belanda

Pos Bloc merupakan salah satu wilayah yang diberikan oleh pemerintah kepada Kawan untuk menciptakan lapangan usaha sendiri, lho! Di antara Pos Bloc yang sudah ada dari Jakarta sampai Medan, semuanya menyediakan tempat bagi Kawan yang ingin membentuk UMKM kecil ataupun acara berkaitan dengan kebudayaan.

Pos Bloc merupakan bentuk kolaboratif antar PT Pos Indonesia dan PT Ruang Kreatif Pos, yang merupakan anak perusahaan dari salah satu grup usaha bernama Radar Ruang Riang. Hal ini ada sangkut pautnya atas pengelolaan M Bloc Space yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

Pos Bloc diciptakan sebagai perhatian pemerintah atas para pemuda yang suka berkreativitas ataupun sekadar jalan-jalan bertemu dengan teman sebaya.

Dalam prospek Pos Bloc yang digagas oleh Eri Cahyadi, Pos Bloc atau yang disebutnya sebagai tempat wisata sejarah ini termasuk bagian daripada impian Pemerintah Kota (Pemkot) menciptakan “Wisata Kota Tua” di Kota Surabaya.

Eri menegaskan, selain Jalan Tunjungan Pos Bloc juga dapat menjadi destinasi wisata lain yang dikunjungi oleh Kawan GNFI sekitar Jawa Timur. Hadirnya Pos Bloc di daerah Surabaya diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para UMKM ataupun pemuda yang ingin mengembangkan ide dan prospek konsumen dalam jual-beli.

Pos Bloc Surabaya sudah diresmikan tepat pada Kamis (16/11/2023) oleh Eri Cahyadi, bersama Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama PT Pos Indonesia Persero Faizal Rochmad Djoemadi.

Dalam paparan Faizal, Pos Bloc yang memanfaatkan Gedung Kantor Pos Kebonrojo merupakan inisiatif Erick Thohir untuk mengembangkan industri kreatif.

Erick dengan tegas memaparkan pula bahwa cagar budaya milik BUMN ini mampu dijadikan tempat wisata sejarah. Oleh karenanya, Faizal turut mendukung pemanfaatan aset BUMN sebagai Pos Bloc di Kota Pahlawan ini.

RI Luncurkan Dokumen Pendanaan Transisi Energi Senilai Rp333 Triliun

Hal unik yang melingkupi adanya Pos Bloc di keempat wilayah di Indonesia adalah pengadaan gedung atau bangunan lama yang digunakan kembali sebagai bentuk pelestarian lingkungan berbasis Adaptive Reuse.

Perlu Kawan ketahui bahwa cara ini digunakan dalam bangunan yang sudah usang untuk mengaplikasikannya kembali pada fungsi yang baru.

Pos Bloc di Surabaya sudah menjadi Pos Bloc keempat setelah Jakarta, Bandung dan Medan. Tujuan dari setiap kota tentu tidak berbeda jauh dari arti sebenarnya sebuah Pos Bloc. Namun, kebutuhan yang diadakan di dalam dapat terlihat berbeda-beda sesuai dengan prospek kuliner dan budaya di setiap daerah.

Seperti Pos Bloc di daerah Medan yang biasa digunakan sebagai wisata kuliner ataupun Pos Bloc Jakarta yang terbiasa dengan keramaian Kawan milenial untuk bertemu dan menyisihkan sisa waktunya bersama teman.

Dalam inisiasi Menteri dan Walikota Surabaya, Pos Bloc di Kota Pahlawan akan mengerucut pada wisata warisan budaya dan tempat milenial bertumbuh. Baik walikota maupun menteri juga turut membantu untuk menambahkan kemitraan agar Pos Bloc dapat menarik dan nyaman bagi Kawan menyalurkan kreativitas di Surabaya.

Sumber: https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/resmikan-pos-bloc-surabaya-wali-kota-surabaya-jadi-tempat kongkownya-anak-muda

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini