1 Pesawat Bantuan Kemanusiaan dari ParagonCorp untuk Palestina

1 Pesawat Bantuan Kemanusiaan dari ParagonCorp untuk Palestina
info gambar utama

Selain tempat berlindung, asupan makanan, pakaian, hingga peralatan dan perawatan medis, satu hal yang tak luput dari kebutuhan warga Palestina yang saat ini sedang mengalami situasi krisis adalah fasilitas akan alat dan penunjang kebersihan.

Berdasarkan data Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) atau Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, diketahui jika per tanggal 21 Oktober hingga 1 November, hanya ada sekitar 26 truk berisi pasokan air bersih dan perlengkapan sanitasi yang berhasil memasuki jalur Gaza.

Di mana jumlah di atas, nyatanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penting bahkan dalam situasi krisis yang terjadi, bagi sekitar 2,3 juta penduduk yang saat ini ada di sana.

“Kami tidak punya air bersih, tidak ada sistem sanitasi, dan tidak ada sistem pembuangan yang memadai,” ujar Imm Mahmoud, salah seorang pengungsi di salah satu tempat perlindungan yang berlokasi di tepi pantai dekat dengan laut Mediterania, dikutip dari Al Jazeera.

RI Kirim Bantuan Tahap Dua ke Palestina, Pemerintah Sumbang Rp32 Miliar

Bantuan dari Indonesia dan ParagonCorp

Pelepasan bantuan kemanusiaan ke Palestina oleh Presiden Jokowi dari ParagonCorp | ParagonCorp
info gambar

Akibat situasi kurangnya pasokan air bersih dan minimnya penunjang kebersihan yang ada, sejumlah keluarga dan anak-anak yang tampak berenang ke tepi laut dan membersihkan diri dan mencuci pakaian di sana nyatanya sudah menjadi pemandangan yang biasa.

Kondisi tersebut yang menggerakkan berbagai pihak di Indonesia baik pemerintah maupun pihak swasta salah satunya ParagonCorp, untuk mengupayakan bantuan kemanusiaan ke Palestina

Seperti pada tanggal 4 November kemarin, Indonesia sudah mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama yang terdiri dari makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya dengan total berat mencapai 51,5 ton.

Terbaru pada Senin (20/11), bantuan tahap dua kembali dikirimkan dengan muatan sekitar 21,7 ton yang terdiri dari obat-obatan, perlengkapan kesehatan, makanan kaleng, matras, selimut, makanan siap saji, dan perlengkapan lain.

Selain perlengkapan di atas, sekitar 2,3 ton bantuan kemanusiaan yang dikirimkan pada tahap dua ini merupakan kebutuhan hygiene kit dari ParagonCorp, yang terdiri dari sabun dan shampoo dari brand Wardah, Kahf, Biodef, dan Laboré yang diproduksinya.

RI Bakal Kirim Kapal Rumah Sakit TNI ke Palestina

ParagonCorp Kerahkan 1 Pesawat untuk Bantuan Palestina

Pelepasan bantuan kemanusiaan ke Palestina oleh Presiden Jokowi dari ParagonCorp | ParagonCorp
info gambar

Pada penyaluran bantuan tahap kedua ini ParagonCorp berinisiatif menyewa satu pesawat untuk membawa bantuan kemanusiaan yang terhimpun. Bukan tanpa alasan, penyewaan pesawat ini dilatarbelakangi dengan kondisi di lapangan yang menunjukkan tingginya rasa kepedulian, lewat banyaknya bantuan dari masyarakat Indonesia yang terkumpul untuk Palestina namun dihadapkan dengan kurangnya kapasitas pengiriman yang ada.

Hal tersebut yang menjadi alasan ParagonCorp mengambil inisiatif untuk menyewa armada pesawat sehingga dapat meningkatkan kapasitas bantuan kemanusiaan yang dikirim untuk warga Palestina.

Adapun bantuan yang terhimpun salah satunya merupakan hasil dari campaign fundraising #BersamaJagaPalestina pada platform Kitabisa.com yang digerakkan oleh para brand ambassador dan influencer yang bekerja sama dengan brand-brand ParagonCorp.

Miftahuddin Amin, EVP & Chief Administration Officer ParagonCorp yang turut hadir dalam pelepasan bantuan yang secara resmi dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma mengatakan, pihaknya berharap bantuan kemanusiaan yang telah terkumpul dan dikirim dapat terus dilanjutkan.

“Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan kesulitan warga Palestina yang terdampak konflik berkepanjangan. Terima kasih atas seluruh bantuan, doa, dan harapan dari masyarakat Indonesia yang terus dipanjatkan bagi warga Palestina. Semoga misi penyebaran kebermanfaatan untuk kemanusiaan ini tidak pernah putus,” ujar Miftahuddin Amin.

Lebih lanjut, Miftahuddin juga menyebut melalui pesan #KebermanfaatanUntukKemanusiaan yang pada saat pelepasan bantuan kemarin menjadi tema dari keberangkatan pesawat kemanusiaan untuk Palestina, ParagonCorp berharap semakin banyak pihak yang tergerak untuk menyebarluaskan kebermanfaatan agar bantuan yang diberikan tidak pernah putus.

“ParagonCorp mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengirimkan bantuan dan doa bagi warga Palestina. Bersama kita bergerak dalam menyebarkan kebermanfaatan untuk kemanusiaan,” pungkasnya.

Bantuan Pendidikan untuk Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini