RI Kirim Bantuan Tahap Dua ke Palestina, Pemerintah Sumbang Rp32 Miliar

RI Kirim Bantuan Tahap Dua ke Palestina, Pemerintah Sumbang Rp32 Miliar
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas pemberangkatan bantuan kemanusiaan tahap kedua ke Palestina. Bantuan kali ini bersumber dari pemerintah, masyarakat, serta sejumlah lembaga, termasuk BAZNAS dan Indonesian Humanitarian Alliance.

Jokowi menyampaikan, bantuan kemanusiaan tahap kedua ini berjumlah 21 ton dan diangkut menggunakan dua unit pesawat menuju El Arish, Mesir. Bantuan yang dikirim terdiri dari obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, dan barang lainnya, sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza, Palestina.

Pemerintah, kata dia, mengeluarkan anggaran Rp31,9 miliar untuk pengiriman kali ini. Sejumlah perusahaan swasta juga ikut memberikan bantuan di antaranya: Kitabisa, WeCare, dan PT Paragon Technology and Innovation.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan ke saudara-saudara kita di Palestina," ungkap Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

RI Bakal Kirim Kapal Rumah Sakit TNI ke Palestina

Jokowi menegaskan bahwa selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina. Saat ini Menlu RI Retno Marsudi tengah pergi ke beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan. Dia pun berharap, gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan bisa masuk dengan baik di Palestina.

“Sekali lagi saya tegaskan Indonesia mendukung perjuangan bangsa Palestina," pungkasnya.

Bantuan Pendidikan untuk Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini