Korea Selatan Bakal Sulap Bandara Hang Nadim Batam Jadi Makin Mantap

Korea Selatan Bakal Sulap Bandara Hang Nadim Batam Jadi Makin Mantap
info gambar utama

Perusahaan asal Korea Selatan, Incheon International Airport Corporation (IIAC) terlibat dalam percepatan pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim sebagai upaya mengembangkan Kota Batam menjadi destinasi wisata terbesar ketiga di Indonesia.

Dilansir dari The Korea Economic Daily, Minggu (25/11), kerja sama antara PT Bandara International Batam (BIB) dan IIAC tersebut akan meningkatkan laba operasional menjadi sekitar Rp71 miliar tahun ini dari Rp3,5 miliar tahun lalu.

PT BIB diketahui memperoleh dana investasi sebesar Rp7 triliun untuk memperluas, merenovasi, dan mengoperasikan bandara selama periode 2022–2047. Perusahaan ini dikembangkan bersama IIAC setelah memenangkan lelang pada Maret 2021.

Pertama kalinya bagi Korsel

Kerja sama tersebut merupakan pertama kalinya bagi operator bandara Korea Selatan untuk mengembangkan dan mengelola bisnis di luar negeri. Proyek ini dilakukan melalui kemitraan publik-swasta (PPP) yang juga melibatkan peran lembaga pemerintah.

IIAC berharap agar Kota Batam bisa menjadi salah satu destinasi wisata golf terkemuka di Asia Tenggara dan menarik pelancong dengan budget terbatas di kawasan tersebut. Selain itu, kota ini juga terbilang dekat dengan Singapura yang banyak dikunjungi wisatawan.

Proyek pengembangan bandara ini diyakini dapat meningkatkan jumlah penumpang hingga 15 persen secara tahunan menjadi 4 juta tahun ini. Kemudian pada 2047, IIAC berambisi meningkatkan jumlah penumpang menjadi 25 juta dengan pendapatan Rp76 triliun.

Selama ini, bandara di Batam hanya mengoperasikan dua rute, yaitu ke Malaysia dan ke Arab Saudi. IIAC berencana meningkatkan jumlah rute menjadi lima atau lebih pada tahun depan dengan membuka penerbangan ke Korea Selatan, China, Thailand, dan negara lainnya.

Bandara Mentawai Diresmikan, Bisa Dongkrak Pariwisata dan Memajukan Ekonomi

Pusat belanja khusus

PT BIB juga akan bekerja sama dengan perusahaan swasta lain asal Korea Selatan untuk membangun dan mengoperasikan pusat perbelanjaan khusus bertaraf internasional di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Dilansir dari Antara, Minggu (25/11), Vice President Corporate Secretary PT BIB Aidhil P Julian menyampaikan bahwa pihaknya akan memaksimalkan pengalaman penumpang dengan membangun kemitraan dan kolaborasi yang konstruktif dalam ekosistem bandara.

Selain itu, dengan masuknya perusahaan asal Korea Selatan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, diharapkan dapat berkontribusi pada revitalisasi ekonomi daerah dengan menciptakan lapangan kerja baru setelah beroperasi.

Jokowi Resmikan Proyek Bandara IKN Senilai Rp4,3 Triliun

Referensi:

  • The Korea Economic Daily. S.Korea to develop Batam airport as Indonesia’s air hub. https://www.kedglobal.com/infrastructure/newsView/ked202311230005
  • Antara. Bandara Batam Kerja Sama dengan Korea Bangun Pusat Perbelanjaan Khusus. https://www.antaranews.com/berita/3828633/bandara-batam-kerja-sama-dengan-korea-bangun-pusat-perbelanjaan-khusus

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini