Situ Cileunca, Danau Buatan yang Cocok untuk Camping dan Rafting di Pangalengan

Situ Cileunca, Danau Buatan yang Cocok untuk Camping dan Rafting di Pangalengan
info gambar utama

Dalam bahasa Sunda, situ memiliki arti danau, tasik, atau telaga. DI Jawa Barat, terdapat banyak sekali tempat wisata yang melibatkan danau. Salah satunya adalah Situ Cileunca. Situ Cileunca adalah surga bagi para wisatawan yang ingin berwisata alam.

Situ Cileunca memiliki berbagai daya tarik seperti camping dan rafting. Terlebih lokasinya yang sangat asri dan memiliki sejarah panjang. Artikel ini membahas tentang Situ Cileunca, bagaimana asal muasalnya, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sana, dan harga tiket masuknya.

Situ Cileunca dan Asal Muasalnya

Situ Cileunca adalah salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Bandung Selatan. Tempat wisata danau buatan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan hawa yang sejuk serta udara yang asri. Bahkan, di musim tertentu, suhu di Situ Cileunca bisa mencapai 10°C.

Asal muasal danau ini berasal dari peninggalan pada zaman penjajahan Belanda tepatnya pada sekitar tahun 1919-1926. Sebelum dibangun menjadi danau buatan, wilayah tersebut awalnya milik seorang Belanda bernama Willem Hermanus Hoogland.

Dibangunnya danau ini bertujuan untuk memenuhi pasokan air bersih di wilayah perkotaan Bandung. Selain Itu, danau ini juga bisa menjadi sumber listrik. Suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat Situ Cileunca kemudian menjadi tempat favorit warga Belanda pada waktu itu.

Saat Belanda pergi, Situ Cileunca juga dipakai warga Indonesia untuk berwisata. Adapun lokasi Situ Cileunca berada di Jalan Situ Cileunca, Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Aktivitas Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Situ Cileunca?

Secara umum, wisatawan yang berkunjung ke Situ Cileunca bisa melakukan dua aktivitas yang sangat menarik yaitu camping dan rafting:

1. Camping

situ cileunca
info gambar

Aktivitas yang bisa dilakukan di Situ Cileunca pertama adalah camping. Camping atau berkemah bisa dilakukan dengan mudah di sini. Pasalnya, Situ Cileunca menyediakan fasilitas camping yang bisa digunakan siapa saja. Sementara itu, hal yang menarik bagi wisatawan adalah lokasi perkemahan.

Lokasi camping di Situ Cileunca terletak tidak jauh dari danau yang mempunyai pemandangan indah. Jadi, baik siang maupun malam hari, area camping Anda akan bisa menyuguhkan pemandangan yang indah yang selalu bisa Anda nikmati.

2. Rafting

situ ciluenca
info gambar

Selain camping, Situ Cileunca juga memiliki sungai yang bisa dipakai untuk rafting. Permainan outbond ini tentu sangat menyenangkan sekaligus dapat memacu adrenalin. Rafting di Situ Cileunca bisa dilakukan di aliran Sungai Palayangan.

Aktivitas rafting di Situ Cileunca aliran sungainya bisa disesuaikan dengan keinginan, sehingga bagi wisatawan yang pemula tetap bisa merasakan keseruan tanpa harus merasakan ketakutan yang berlebihan. Selain itu, rafting di sini juga terbilang cukup mudah dibandingkan dengan tempat lain.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca

Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp6.000 untuk masuk ke Situ Cileunca. Sedangkan tarif parkir yang perlu Anda bayar adalah sebesar Rp4.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor. Sedangkan jam operasional Situ Cileunca adalah 07.00 sampai 17.00 WIB.

Adapun rincian harga tiket di masing-masing destinasi adalah sebagai berikut:

  • Objek Wisata Situ Cileunca: Rp. 6.000,-/orang (belum termasuk parkir)
  • Teras Danau: Rp. 15,000,-/orang (belum termasuk parkir)
  • Shifa Camp: Rp. 10,000,-/orang (belum termasuk parkir)
  • Cileunca Lakeside: Rp. 10,000,-/orang (belum termasuk parkir & perahu danau)
  • Hutan Pinus Rahong: Rp. 10,000,-/orang (belum termasuk parkir)
  • Kampung Singkur: Rp. 10,000,-/orang (belum termasuk parkir)
  • Wisata kebun Situ Cileunca: Rp. 10,000,-/orang (belum termasuk parkir)
  • Jembatan Cinta: Rp. 5,000,-/orang (belum termasuk parkir)

Rute Menuju ke Situ Cileunca

Jika Anda ingin berwisata ke Situ Cileunca, maka dari Kota Bandung Anda perlu mengambil arah ke Soreang. Jika membawa mobil pribadi, Anda bisa memilih untuk mengambil rute tol Pasir Koja-Soreang, karena bisa memangkas waktu perjalanan menjadi lebih efektif.

Setelah sampai Soreang, lanjutkan ke arah Banjaran. Dari Banjaran lanjutkan ke arah Cimaung, dan dari Cimaung Anda bisa menuju ke rute selatan menuju ke Cileunca. Sebaiknya, Anda berjalan lebih hati-hati karena banyak jalan yang berkelok.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini