8 Tahun Bangun PSN, Pemerintah Sudah Habiskan Rp1.442 Triliun

8 Tahun Bangun PSN, Pemerintah Sudah Habiskan Rp1.442 Triliun
info gambar utama

Pemerintah Indonesia telah menyelesaikan 173 Proyek Strategis Nasional (PSN) sejak 2015. Total anggaran yang digelontorkan sejauh ini berjumlah Rp1.442 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan pembangunan PSN selama 8 tahun terakhir, terutama Kementerian PUPR RI yang menggarap 90 persen pekerjaan infrastruktur.

Dia menyebut, pemerintah masih membutuhkan kerja sama dari para pemangku kepentingan dan badan usaha agar masyarakat dapat merasakan manfaat PSN secara optimal.

“Capaian ini tentu masih perlu terus diperhatikan sebab ke depannya, infrastruktur yang sudah dibangun perlu dioptimalkan pemanfaatannya bagi masyarakat,” ucap Airlangga dalam Malam Apresiasi menuju Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Jumat (24/11/2023).

170 PSN Senilai Rp1.299 Triliun Sudah Beres hingga Awal Oktober 2023

Menurut data yang dipaparkan Airlangga, Kementerian PUPR menjalankan 201 PSN selama periode 2016—2023. Sebanyak 88 PSN dinyatakan telah selesai, 54 di antaranya keluar dari daftar Permenko Perekonomian Nomor 7 tahun 2023, sedangkan 34 lainnya masih berada dalam daftar tersebut.

Pemerintah, kata dia, menargetkan 16 PSN selesai pada akhir 2023. Kemudian, 9 PSN rampung pada semester I 2024 dan 15 PSN selesai pada semester II 2024. Sementara itu, sebanyak 42 PSN, ditargetkan selesai setelah 2024.

Seluruh PSN kategori sumber daya alam (SDA) yang ditargetkan rampung akhir tahun ini terdiri dari Bendungan Lolak (Sulawesi Utara), Bendungan Karian (Banten), Bendungan Margatiga (Lampung), dan Bendungan Cipanas (Jawa Barat). Lalu, Bendungan Pamukkulu (Sulawesi Selatan), Bendungan Temef (NTT), Bendungan Tiu Suntuk (NTB), Bendungan Sepaku Semoi (Kalimantan Timur), Bendungan Ameroro (Sulawesi Tenggara), serta D.I. Baliase (Sulawesi Selatan).

Selain itu, terdapat sederet PSN bidang Bina Marga yang bakal diselesaikan tahun ini, di antaranya: Jalan Tol Kisaran–Tebing Tinggi, Jalan Tol Serpong–Cinere, Jalan Tol Cinere–Jagorawi dan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.

Terakhir, PSN di bidang perumahan mencakup Rusun Lanud Halim Perdana Kusuma dan Program BSPS pendukung ASEAN Summit di Tana Mori serta Labuan Bajo.

Menilik Progres Pembanguan 3 Ruas Tol dalam PSN 2022 di Pulau Jawa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini