Danau Toba Dipuji Jadi Lokasi Balap Jetski Terbaik di Dunia

Danau Toba Dipuji Jadi Lokasi Balap Jetski Terbaik di Dunia
info gambar utama

Indonesia sukses menyelenggarakan Aquabike Jetski World Championship 2023 dengan kedatangan lebih dari 200.000 pengunjung. Pertandingan tersebut digelar di empat kabupaten sekitar Danau Toba, yakni Karo, Dairi, Samosir, dan Toba, pada 22—26 November 2023.

Keberhasilan itu turut diakui oleh Nicolo Di San Germano, Pendiri H20 Racing Management sekaligus promotor Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1. Dia menyebut Danau Toba sebagai venue atau lokasi balapan jetski terbaik di dunia.

“Ada banyak alasan mengapa Danau Toba menjadi venue di ajang ini, di antaranya karena kemegahan, kecantikan, serta keindahan Danau Toba, yang layak dikenal lebih banyak masyarakat dunia,” ungkapnya saat Konferensi Pers di Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/11/2023).

Nicolo yang sudah 42 tahun menggeluti industri olahraga air juga mengakui bahwa InJourney menjadi penyelenggara terbaik dalam kejuaraan Aquabike. Dia bahkan meminta perusahaan BUMN pariwisata itu untuk memberikan input kepada timnya dalam mengelola ajang tersebut.

Gelar Aquabike Jetski World Championship, Diharapkan Raup Rp391 Miliar untuk Danau Toba

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mengatakan bahwa Indonesia berhasil menorehkan sejarah. Danau Toba untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah ajang Jetski internasional yang melibatkan 118 pembalap. Keberhasilan ini, kata dia, tidak terlepas dari kolaborasi apik antar para stakeholder yang terlibat.

“Saya ucapkan selamat karena prestasi ini membuat Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan semakin dikenal oleh dunia,” ucapnya kepada wartawan.

Sandiaga lantas mengutarakan optimismenya terhadap perhelatan ini karena banyak hotel di sekitar Danau Toba terisi, produk-produk UMKM laris terjual, dan menghasilkan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat di empat kabupaten tersebut.

“Seluruh daerah yang terlibat dapat merasakan manfaatnya tak hanya dari pariwisata, tetapi juga ekonomi kreatif,” tandasnya.

UIM-ABP Aquabike World Championship 2023, Ajang Kelas Dunia yang Akan Hadir di Danau Toba

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini