BAZNAS: Infak Palestina Terkumpul Rp91 Miliar, 30 Persen untuk Masa Darurat

BAZNAS: Infak Palestina Terkumpul Rp91 Miliar, 30 Persen untuk Masa Darurat
info gambar utama

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melaporkan bahwa infak kemanusiaan untuk Palestina telah terkumpul sebesar Rp91 miliar. Angka tersebut sudah jauh melebihi target.

Ketua BAZNAS RI Noor Achmad menyampaikan, penyaluran bantuan untuk Palestina akan dilakukan dalam tiga tahap. Sejauh ini, infak sudah didistribusikan sebanyak Rp21,2 miliar kepada 81.943 penerima manfaat di Gaza, Palestina.

Dia juga memastikan bahwa BAZNAS akan mengelola infak kemanusiaan untuk Palestina dengan transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab. Seratus persen Infak yang diterima BAZNAS RI akan disalurkan untuk masyarakat Palestina.

"Kami bersyukur kepada masyarakat Indonesia atas respon yang luar biasa. Ini adalah bukti solidaritas kita yang luar biasa," ucapnya dalam konferensi pers Laporan Penghimpunan dan Pendistribusian Infak Kemanusiaan Palestina BAZNAS di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

RI Kirim Bantuan Tahap Dua ke Palestina, Pemerintah Sumbang Rp32 Miliar

Noor kemudian menjelaskan bahwa BAZNAS berkomitmen untuk menyalurkan bantuan pada masa darurat, pemulihan, dan pembangunan. Selama masa darurat, kata dia, penyaluran bantuan ditargetkan sebanyak 30 persen dari dana yang terkumpul, lalu 20 persen untuk pemulihan, dan 50 persen untuk pembangunan.

"Penyaluran bantuan untuk Gaza, Palestina, memerlukan strategi yang matang dan napas panjang. BAZNAS tidak hanya ingin membantu pada masa darurat, tetapi juga memastikan kelangsungan bantuan setelah situasi di Palestina mereda,” kata Noor.

Selama masa darurat, BAZNAS telah bekerja sama dengan sejumlah lembaga besar di Mesir untuk mempermudah penyaluran bantuan kepada masyarakat Palestina. Lembaga tersebut antara lain: Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat, dan Egyptian Red Crescent Society atau Hilal Ahmar Mesir.

Noor menyebut, BAZNAS bersama KBRI Mesir dan pihak terkait akan terus berupaya untuk memastikan bantuan dapat sampai ke tangan masyarakat Palestina.

"Mudah-mudahan Allah Swt. memudahkan upaya kita bersama dalam membantu saudara-saudara kita di Gaza, Palestina," tutupnya.

RI Pimpin Forum Perdagangan dan Pembangunan PBB untuk Bantu Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini