5 Destinasi Wisata di Ciwidey dan Rancabali, Bernuansa Alam!

5 Destinasi Wisata di Ciwidey dan Rancabali, Bernuansa Alam!
info gambar utama

Ciwidey dan Rancabali, yang terletak di Kabupaten Bandung, menawarkan sejumlah destinasi wisata alam yang menarik minat para pengunjung. Keindahan alam dan udara yang sejuk di Ciwidey menjadikannya destinasi liburan favorit bagi banyak orang.

Jika Kawan tengah merencanakan liburan yang menyegarkan, menjelajahi berbagai tempat wisata populer di Ciwidey dan Rancabali bisa menjadi pilihan yang seru menghabiskan akhir pekan.

Berikut ini rekomendasi destinasi wisata alam Ciwidey dan Rancabali, lengkap dengan lokasi, harga tiket masuk, dan daya tarik objek wisatanya.

1. Ranca Upas

dok. Bobobox/Ranca Upas

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas merupakan salah satu area perkemahan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Wilayah ini berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Ranca Upas menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Ciwidey, tempat ini menyuguhkan sebagai area perkemahan yang dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi umum dan tempat ibadah berupa masjid. Selain itu, tersedia fasilitas outbound dan penyewaan kendaraan ATV.

Objek wisata Ranca Upas yang sering kali menarik perhatian adalah tempat penangkaran rusa. Di sini, Kawan dapat berinteraksi langsung dengan para rusa dengan memberikan makan atau berfoto bersama.

Tempat ini juga dilengkapi kolam renang air hangat, permainan perang, penginapan Bobocabin, ATV, waterboom, dan tempat pemandian air hangat. Selain itu, ada juga fasilitas camping ground, area untuk pertemuan di luar ruangan (Outdoor Gathering), dan berbagai permainan seru (Fun Games).

Untuk dapat masuk ke Ranca Upas, setiap pengunjung diwajibkan membayar tiket sebesar Rp10.000. Tarif ini berlaku baik untuk anak-anak maupun orang dewasa dan dapat dibeli di Pos Penjualan yang berdekatan dengan gerbang utama.

Sementara itu, biaya yang dikenakan adalah Rp35.000 untuk dua orang per malam. Untuk parkir, Kawan dapat membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus pariwisata.

2. Situ Patenggang

dok. Bobobox/Situ Patenggang

Selanjutnya, Kawan bisa mengunjungi danau Situ Patenggang. Tempat ini menawarkan keindahan danau dan kebun teh yang membentang luas. Istilah "Situ Patenggang" berasal dari bahasa Sunda, yaitu "Situ" berarti danau dan "Patenggang" berasal dari kata "pateang-teangan" yang mengartikan saling mencari.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan sekitar dengan menggunakan speed boat, perahu dayung yang berwarna-warni, sepeda air, dan perahu bebek. Area sekitar danau juga dilengkapi dengan kios pedagang yang menyajikan makanan khas Ciwidey, termasuk stroberi.

Terdapat juga Glamping Lakeside Rancabali yang menawarkan berbagai jenis akomodasi kemah mewah di tepi danau dengan fasilitas yang beragam, mulai dari tempat glamping untuk berkemah dan restoran.

Tarif tiket masuk ke Situ Patenggang berbeda untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing. Wisatawan lokal akan dikenai biaya sekitar Rp18.000 pada hari kerja dan Rp20.500 pada hari libur. Sementara itu, wisatawan asing akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp135.000 pada hari kerja dan Rp 85.000 pada hari libur.

3. Ecopark Curug Tilu

dok. Pinhome/Ecopark

Ecopark Curug Tilu, terletak di daerah Ciwidey, Bandung, merupakan destinasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam dan kebun teh yang menyegarkan. Tempat ini berlokasi di Patengan, Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Ecopark Curug Tilu Ciwidey mengadopsi konsep "Tourism Eco Friendly," yang dirancang untuk ramah terhadap anak-anak dan lingkungan. Tempat ini menyuguhkan berbagai aktivitas seru, mulai dari spot foto selfie yang indah, air terjun.

Selain itu, ada toko makanan, tempat dengan berbagai harga yang affordable dengan pemandangan indah kebun teh Rancabali, restoran, kafe, dan pemandangan kebun teh.

Untuk masuk ke Ecopark Curug Tilu, tiket masuknya memiliki harga Rp20.000. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.

4. Kebun Teh Rancabali

dok. Atourin/Kebun Teh

Salah satu tempat wisata alam yang menjadi ciri khas di wilayah Ciwidey adalah Kebun Teh Rancabali. Tempat ini menyuguhkan pemandangan kebun teh dengan berbagai aktivitas yang seru. Kebun Teh Rancabali ini buka setiap hari (Senin hingga Minggu) selama 24 jam.

Di sini, terdapat banyak fasilitas, berjalan di kebun teh, spot foto, tempat makan, penginapan, area parkir, Glamping Lakeside Rancabali, Flying fox, wahana permainan anak, ATV, camping ground, dan wisata kuliner.

Tidak ada biaya masuk untuk berkunjung ke Kebun Teh Rancabali, tetapi untuk melakukan aktivitas di sana, pengunjung tetap perlu membeli tiket, yakni sebagai berikut.

  • Tiket Danau Situ Patenggang Reguler: Rp25.000
  • Tiket Danau Situ Patenggang Terusan: Rp75.000
  • Tiket Masuk Pabrik Teh: Rp5.000
  • Tiket Wisata Air Panas: Rp5.000
  • Tiket Teras Bintang: Rp25.000
  • Tiket Jembatan Pinisi: Rp15.000
  • Tiket Golesat Sirkuit: Rp50.000

5. Kawah Putih

dok. Dirgantara Car Rental/Kawah Putih

Terakhir, ada Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, adalah destinasi wisata yang terdiri dari sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha.

Danau Kawah Putih memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi, dengan tingkat PH sekitar 0,5 - 1,3. Karena tingkat keasaman ini, air danau dapat bervariasi warna antara kebiruan, keputihan, hijau, atau coklat. Perubahan warna air danau dipengaruhi oleh kandungan sulfur, suhu, dan konsentrasi oksigen. Sementara tanah di sekitar Kawah Putih memiliki warna yang khas, yaitu putih.

Kawan ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang, Ciwidey, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat. Untuk masuk ke kawasan Kawah Putih, pengunjung diwajibkan naik kendaraan bernama ontang-anting yang disediakan oleh pengelola untuk mencapai destinasi ini.

Tiket masuk untuk wisatawan lokal untuk ke Situ Patenggang seharga Rp27 ribu, sedangkan untuk wisatawan mancanegara seharga Rp88 ribu.

Nah, itu dia lima destinasi di Ciwidey dan Rancabali yang bisa jadi pilihan Kawan jika ingin mengunjungi tempat wisata bernuansa alam. Yuk, ke Ciwidey sekarang juga!

Referensi:

https://travel.kompas.com/read/2022/03/16/104054027/15-wisata-hits-di-ciwidey-bandung-incaran-wisatawan?page=all#google_vignette

https://www.pegipegi.com/travel/11-tempat-wisata-di-ciwidey-yang-lagi-hits-dan-harganya-murah/
https://www.liputan6.com/hot/read/5282185/10-wisata-ciwidey-bandung-yang-paling-hits-alamnya-sejuk-dan-indah

https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-wisata-di-ciwidey-acc/107176

https://www.klook.com/id/blog/ranca-upas-ciwidey-bandung/

https://www.klook.com/id/blog/ranca-upas-ciwidey-bandung/

https://www.rumah123.com/explore/kota-bandung/ecopark-curug-tilu/

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/11/164047678/info-kawah-putih-ciwidey-harga-tiket-jam-buka-lokasi-dan-penemu?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini