Inilah 10 Kota Dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia, Singapura di Posisi 1

Inilah 10 Kota Dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia, Singapura di Posisi 1
info gambar utama

Singapura telah mempertahankan posisinya sebagai kota termahal di dunia, berbagi tempat di posisi teratas dengan Zurich di tahun 2023 ini. Hal ini menandai kesembilan kalinya dalam sebelas tahun Singapura menduduki puncak survei Worldwide Cost of Living Economist Intelligence Unit (EIU). Sementara itu, Zurich (Swiss) naik dari peringkat keenam tahun lalu untuk merangsek di posisi teratas bersama Singapura.

New York, yang berbagi posisi teratas dengan Singapura tahun lalu, turun ke posisi ketiga tahun ini, berbagi posisi dengan Jenewa. Survei dua tahunan EIU, yang dilakukan dari 14 Agustus hingga 11 September 2023, membandingkan lebih dari 400 harga individual di lebih dari 200 produk dan layanan di 173 kota.

Tingginya biaya hidup di Singapura disebabkan oleh mahalnya bahan makanan, alkohol, pakaian, dan kepemilikan mobil. Kenaikan Zurich ke posisi teratas disebabkan oleh mata uang yang kuat dan harga yang tinggi untuk barang-barang rumah tangga dan kegiatan rekreasi.

Analis EIU Syetarn Hansakul menjelaskan bahwa Singapura, seperti juga Hong Kong, adalah kota-negara kecil dengan pusat keuangan yang sukses, yang mendorong permintaan akan barang-barang, yang kemudian mendorong naiknya harga-harga.

Survei ini juga menyoroti bahwa banyak kota mengalami kenaikan harga karena inflasi yang tinggi. Tingkat inflasi telah meningkat sebesar 7,4% year-on-year, masih lebih tinggi dari tren dari tahun 2017 hingga 2021.

Hansakul mencatat bahwa inflasi di Asia relatif lebih rendah daripada di bagian lain dunia, menjelaskan mengapa hanya dua kota Asia yang berada di antara sepuluh kota termahal.

EIU memperkirakan inflasi akan terus melambat pada tahun 2024, tetapi memperingatkan bahwa eskalasi lebih lanjut dalam perang Israel-Hamas dapat mendorong naik harga energi, dan kondisi El Niño yang lebih kuat dari yang diperkirakan dapat mendorong harga pangan bahkan lebih tinggi.

Daftar EIU juga termasuk penurunan terbesar, dengan kota-kota Cina dan Jepang turun karena melemahnya yuan Cina dan yen Jepang.

Sepuluh kota termahal dalam daftar EIU termasuk dua kota Asia, empat kota Eropa, dan tiga kota AS:

  1. Singapura (seri)
  2. Zurich (seri)
  3. Jenewa
  4. New York
  5. Hong Kong
  6. Los Angeles
  7. Paris
  8. Kopenhagen
  9. Tel Aviv
  10. San Francisco

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini