Squid Game Ala Indonesia Berhadiah Rp256 Juta Siap Digelar di GBK

Squid Game Ala Indonesia Berhadiah Rp256 Juta Siap Digelar di GBK
info gambar utama

Berbagai jenis permainan tradisional nusantara dalam “Squad Game Indonesia 2023” akan hadir mengisi masa libur akhir tahun 2023. Kegiatan ini akan berlangsung di GBK Indoor, Jakarta, pada 9 Desember 2023.

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjelaskan kegiatan yang diinisiasi oleh Dealls Jobs ini terinspirasi dari series Netflix Korea yang sangat fenomenal berjudul Squid Game.

Menparekraf Sandiaga meyakini Squad Game Indonesia akan menjadi salah satu acara permainan tradisional terbesar di Tanah Air sekaligus salah satu event terbesar yang digelar secara luring sepanjang tahun 2023.

Gaungkan permainan tradisional

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu menilai “Squid Game” versi Indonesia ini sangat kreatif dan unik. Karena jarang sekali ada permainan tradisional yang dimainkan secara masif dan dipertunjukkan ke publik.

“Kami memang mendorong supaya permainan tradisional itu harus diangkat ke permukaan. Permainan yang betul-betul dilahirkan oleh local wisdom (kearifan lokal). Jadi, tentu saja Kemenparekraf sangat mendukung event ini,” kata Vinsen.

Pihaknya menggarisbawahi pentingnya penerapan protokol kesehatan CHSE dalam penyelenggaraan Squad Game Indonesia 2023. Sebab menurutnya, kegiatan ini akan dipadati sekitar tiga ribu orang dari Sabang sampai Merauke.

Bernostalgia Melalui Permainan Tradisional

Mengangkat ekonomi kreatif

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Squad Game Indonesia sekaligus CEO dan Founder Dealls: Jobs & Mentoring, Andhika Sudarman mengungkapkan bahwa tercetusnya acara ini berawal dari keinginannya untuk bisa mengangkat sisi ekonomi kreatif RI.

Squad Game akan diikuti oleh 256 pemain yang berasal dari berbagai wilayah dan sebelumnya telah mendaftarkan diri melalui laman website dealls.com. Adapun batas usia yang dapat mendaftar sebagai pemain adalah 16 hingga 40 tahun.

Tak kalah seperti Squid Game yang ada di Korea Selatan, Squad Game buatan Indonesia juga menawarkan total hadiah sebesar Rp256 juta. Sebanyak 48 public figure atau influencer juga turut memeriahkan kompetisi sebagai ketua tim.

5 Permainan Tradisional Zaman Dulu yang Bikin Nostalgia Masa Kecil

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini